Lebih Besar dari Ketua DPR, Segini Lho Gaji Panglima TNI Hadi Tjahjanto

3 menit
Panglima tni
Lebih Besar dari Ketua DPR, Segini Lho Gaji Panglima TNI Hadi Tjahjanto, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kemarin Sabtu, (5/10), Panglima TNI Hadi Tjahjanto menghadiri acara HUT TNI yang ke-74 tahun. Acara ini juga dihadiri dan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. Nah, kali ini kita gak bakal mengulas soal HUT TNI, melainkan besaran gaji pokok yang diterima oleh Panglima TNI Hadi Tjahjanto.  

Pada kesempatan yang bersamaan Hadi Tjahjanto juga mengingatkan kepada jajarannya untuk selalu siap dalam mewaspadai ancaman keamanan termasuk dunia cyber. 

“Sebagai contoh perang cyber yang disertai perang informasi, walaupun tidak menghancurkan. Namun sangat merusak bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara sehingga prajurit TNI perlu meningkatkan kewaspadaan,” ujar Panglima TNI Hadi Tjahjanto dalam amanat tertulis yang dibacakan Pangkoopsau III Marsekal Muda TNI Andyawan Martono P pada peringatan HUT TNI ke-74 di Biak, Papua pada tanggal 5 Oktober 2019, mengutip dari Antara.

Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya banyak hal yang bisa menjadi penghambat mulai dari faktor eksternal hingga internal tubuh TNI. Untuk masalah internal, pemerintah udah mencoba mengatasinya dengan menaikkan gaji serta tunjangan para prajurit.

Menurut PP nomor 31 tahun 2015 lalu terdapat kenaikan gaji pokok bagi seluruh jajaran TNI mulai dari golongan Tamtama dengan nilai terendah Rp 1.565.200 hingga pangkat tertinggi yang termasuk dalam Perwira Tinggi.

Lalu berapa gaji yang bakal didapatkan oleh Panglima TNI Hadi Tjahjanto hari ini? Yuk, kita lihat ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: Ada yang Rp 300 Miliar, Ini 10 Youtuber dengan Penghasilan Tertinggi

Panglima TNI mendapatkan gaji sekitar Rp 5,6 jutaan per bulan

Panglima TNI
Panglima TNI mendapatkan gaji sekitar Rp 5,6 jutaan per bulan, (Ilustrasi/Pixabay).

Setiap bulannya Panglima TNI Hadi Tjahjanto mendapatkan gaji pokok berkisar antara Rp 5.646.000 hingga Rp 5.930.800 setiap bulannya. Jumlah tersebut mungkin terlihat kecil karena belum ditambah dengan tunjangan yang jumlahnya lebih besar.

Namun jika dibandingkan dengan gaji pokok ketua DPR angka tersebut sedikit lebih banyak. Puan Maharani setidaknya hanya mendapatkan gaji pokok sekitar Rp 5.040.000 setiap bulannya, selisih sekitar Rp 600 ribuan antara kedua pejabat negara tersebut.

Baca juga: 5 Fakta Pesawat F-16 Milik TNI yang Harga Jualnya Tembus Ratusan Miliar Rupiah

Tunjangan yang bakal didapatkan oleh Panglima TNI mencapai belasan juta rupiah

Panglima TNI
Tunjangan yang bakal didapatkan oleh Panglima TNI mencapai belasan juta rupiah, (Ilustrasi/Shutterstock).

Seperti layaknya pejabat negara lainnya, jumlah tunjangan yang bakal didapatkan oleh Panglima TNI Hadi Tjahjanto lebih besar dari gaji pokoknya sendiri. Sedikitnya uang tunjangan yang bakal didapatkan mencapai Rp 13.608.000 per bulannya terdiri dari berbagai macam seperti tunjangan telekomunikasi, keluarga dan operasional.

Untuk soal tunjangan bahwa pimpinan tertinggi TNI ini masih kalah dengan ketua DPR Puan Maharani yang menyentuh Rp 24.395.683.

Baca juga: Presiden Jokowi Kesal, Ini 5 Alasan Vietnam Dipilih Investor Ketimbang Indonesia

Harta kekayaan Hadi Tjahjanto mencapai Rp 14 miliaran

panglima TNI
Harta kekayaan Hadi Tjahjanto mencapai Rp 14 miliaran, (Ilustrasi/Shutterstock).

Berdasarkan data LHKPN yang dilaporkan ke KPK tahun 2018 lalu, pria kelahiran 8 November 1963 ini memiliki harta kekayaan mencapai Rp 14.718.689.29.

Beberapa aset yang dimilikinya adalah tanah dan bangunan sebanyak 5 unit senilai Rp 5.094.108.500. Lalu ada unit kendaraan bermotor dengan total nilai Rp 486.450.000.

Selanjutnya ada harta bergerak sebanyak Rp 855 juta, surat berharga senilai Rp 3 miliar dan kas atau setara kas Rp 5.283.130.799.

Nah, itulah sedikit informasi tentang gaji dari Panglima TNI yang kini dijabat oleh Hadi Tjahjanto. Semoga di HUT ke-74 ini TNI bisa menjaga keamanan wilayah Indonesia dengan lebih baik ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1