Potret 7 Bulanan Menawan yang Digelar Panji Trihatmodjo Dihadiri Bambang Tri dan Halimah

3 menit
Acara tujuh bulanan yang digelar Panji Trihatmodjo (Instagram/@varshaadhikumoro)

Panji Trihatmodjo bersama Varsha Strauss baru saja menggelar acara tujuh bulanan atau mitoni, suatu prosesi adat Jawa pada wanita yang telah memasuki masa tujuh bulan kehamilan. Namun, adat ini sering ditinggalkan anak-anak muda Jawa zaman sekarang.

Tidak begitu dengan Panji Trihatmodjo yang tidak meninggalkan adat daerah asalnya. Bahkan, sang istri yang merupakan bule asal Austria menjalani prosesi tersebut dengan adat Jawa. Keduanya menggelar mitoni pada Selasa 6 Agustus 2019.

Kebahagiaan tak hanya dirasakan pasangan yang menikah pada 3 Agustus 2018 lalu, tapi juga kedua orangtua Panji, Bambang Trihatmodjo dan Halimah.

Saat Pandji dan Varsha Strauss menggelar mitoni, tampak Bambang Trihatmodjo dan Halimah Agustina Kamil yang telah bercerai hadir di sana. Mereka pun memberikan doa pada Varsha sambil menyirami air ke tubuh sang menantu.

Namun saat melakukan siraman, Bambang Trihatmodjo, dan Halimah tak saling berdiri berdampingan. Seperti diketahui anak presiden Soeharto itu telah bercerai cukup lama dengan Halimah. 

Keberadaan Bambang Trihatmodjo dan Halimah diabadikan Titiek Soeharto, anak Presiden Soeharto yang lain, di akun Instagramnya, Rabu 7 Agustus 2019.

“Acara Mitoni atau Nujuh bulanan kehamilan Varsha istri Panji Bambang Trihatmodjo. Semoga kelahiran bayi lancar dan kelak menjadi anak yang pintar dan sholeh.. Alhamdulilah kami senantiasa mengikuti anjuran Ibu Tien untuk ikut serta melestarikan Budaya Jawa,” doa Titiek Soeharto di Instagramnya.

Selain kehadiran Bambang Trihatmodjo dan Halimah yang jadi sorotan, prosesi tujuh bulanan menawan yang digelar Panji dan Varsha juga menarik untuk diketahui.

Seperti apa adat tujuh bulanan yang baru saja digelar Panji Trihatmodjo untuk sang istri? Yuk, simak di sini:

Acara yang menawan 

Rangkaian upacara mitoni dihiasi dengan cantik dan dipenuhi bunga menawan yang segar di seluruh area acara tersebut.

Baca juga: Pernikahan Eks Istri Tommy Kurniawan, Sebar Undangan Mewah Sampai Prewedding di Turki!

Kental adat Jawa

panji trihatmodjo
Acara tujuh bulanan yang digelar Panji Trihatmodjo (Instagram/@titieksoeharto)

Varsha Strauss juga tampil cantik dengan rambut disanggul ala wanita Jawa. Bule blonde itu mengenakan kemben dan kebaya selama proses siraman yang menjadi salah satu prosesi wajib dalam acara mitoni.

Dilansir dari Instagram pribadi Titiek Soeharto, Bambang Trihatmodjo terlihat beberapa kali ikut andil dalam melaksanakan upacara mitoni. Suami Mayangsari itu tampak ikut dalam prosesi sungkeman, siraman, dan menjual dawet.

Hanya dihadiri keluarga dekat

panji trihatmodjo
Acara tujuh bulanan yang digelar Panji Trihatmodjo (Instagram/@titieksoeharto)

Acara mitoni ini tertutup untuk publik, bahkan keluarga tak banyak yang membocorkan momennya secara terang-terangan. 

Penampilan memesona

panji trihatmodjo
Acara tujuh bulanan yang digelar Panji Trihatmodjo (Instagram/@titieksoeharto)

Selain area mitoni yang menawan, penampilan memesona dari para keluarga yang hadir turut menjadi sorotan. Terutama, ayah dan ibunda Panji Trihatmodjo, Bambang Trihatmodjo dan Halimah.

Bambang yang mengenakan batik berwarna cokelat dan celana hitam terlihat menawan saat Panji sungkem di hadapannya. Mereka juga sempat berpose bersama dengan berfoto.

Sedangkan Halimah yang tampak cantik mengenakan kebaya warna oranye dan hiasan sanggul di rambutnya sempat ikut menyiram air ke tubuh menantunya sebagai bagian dari ritual tujuh bulanan.

Itulah prosesi tujuh bulanan menawan yang digelar Panji Trihatmodjo, cicit Soeharto untuk sang istri.

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.