Sebelum Beli Rumah Pertama, Persiapkan Dulu 6 Hal Ini

2 menit
Tempo/ M. Taufan Rengganis
Tempo/ M. Taufan Rengganis

Memiliki properti dalam bentuk rumah tentu menjadi keinginan setiap orang. Harga properti yang terus melonjak, dan kepadatan penduduk yang terus meningkat menjadi tantangan tersendiri.

Gaya hidup konsumtif, dan juga harga properti yang terus naik juga menjadi halangan dalam memiliki rumah impian.

Financial Planner dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andi Nugroho, mengungkapkan terdapat beberapa cara agar milenials dapat memiliki rumah.

  1. Perhatikan lokasi

“Bagi millenials, untuk bisa memiliki rumah perdananya yang perlu diperhatikan adalah lokasi tempat kerja. Lalu lokasi yang diincar, berapa lama perkiraan akan menabung, serta tentunya budget yang dimiliki,” ujar Andi kepada Moneysmart.id, Selasa (2/10/2018).

  1. Kerja Keras dan Cerdas

“Dengan harga properti yang sekarang terus naik, tentu para millenials harus bekerja ekstra keras dan cerdas agar dapat memiliki rumah,” kata Andi.

  1. Cari di Pinggiran Jakarta

Menurut Andi, umumnya milenial bekerja di tengah kota Jakarta. Sudah menjadi pilihan logis bila milenial mencari properti di wilayah penyangga Ibukota, seperti Tangerang, Bogor, Depok, dan Bekasi.

“Menjadi pilihan yang paling logis bila kita mencari properti di pinggiran Jakarta agar terbeli. Dengan konsekuensi mengorbankan tenaga dan waktu lebih banyak untuk perjalanan ke kantor,” ungkap Andi.

  1. Jangan Gengsi

Kesampingkan dahulu rasa gengsi, jika keinginan membeli rumah dengan ukuran yang besar harus dibuang jauh-jauh. Untuk properti pertama beli ukuran kecil terlebih dahulu.

  1. Persiapkan Dana

“Menabung terlebih dahulu. Umumnya pembayaran uang muka berkisar 20 persen sampai 30 persen, maka kita harus rajin menabung,” kata Andi.

Andi menjelaskan, jika harga rumah Rp 300 juta, berarti calon pembeli harus memiliki dana minimal Rp 60 juta.

Bila targetnya punya rumah tiga tahun lagi, maka per bulan harus menabung Rp 1,7 juta dengan perhitungan Rp 60 juta dibagi 36 bulan.

“Namun harus diingat, itu harga hari ini, dan harga properti akan terus naik. Bila hari ini kita inginnya di daerah A, karena tiga tahun lagi harga sudah lebih tinggi dan tidak terjangkau maka harus ikhlas cari di daerah lain,” ungkapnya.

  1. Menaikkan Penghasilan

Andi mengatakan, harga properti terus mengalami kenaikan. Maka itu calon pembeli harus memutar otak, dan cari cara untuk menaikkan penghasilan.

“Bila sayang dengan pekerjaan dan penghasilannya sekarang, cara paling sederhana adalah tetap bekerja sambil menjalankan bisnis sampingan,” kata Andi.

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.