Gak Usah Khawatir Lagi, Pakai 5 Tips Ini buat Jaga Keamanan Kartu Kredit

3 menit
Gak Usah Khawatir Lagi, Pakai 5 Tips Ini buat Jaga Keamanan Kartu Kredit, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pakai kartu kredit emang menguntungkan. Sebab melakukan transaksi apa pun jadi lebih mudah dan lebih hemat karena promo-promo yang ditawarkan.

Namun, di balik kemudahan tersebut, para pengguna kartu kredit harus selalu memastikan keamanannya. Emang benar kalau alat pembayaran nontunai ini telah dilindungi PIN. Namun, jangan lantas diartikan kartu sepenuhnya aman.

Baca juga: Ini Lho Alasannya Kenapa Kartu Kredit Bisa Cetak Banyak Untung

Kamu juga harus memastikan keamanannya benar-benar dengan melakukan beberapa tips berikut. Apa aja tips-tipsnya? Disimak yuk ulasannya.

1. Lakukan pengecekan transaksi kartu kredit secara berkala dan teratur

Lakukan pengecekan transaksi kartu kredit secara berkala dan teratur, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dengan melakukan pengecekan kartu kredit secara berkala dan teratur, kamu telah memastikan keamanannya tetap terjaga. Lakukan ini setiap seminggu sekali walaupun kamu jarang-jarang melakukan transaksi.

Baca juga: Bikin Natal Terasa Makin Spesial dengan Promo Kartu Kredit Ini

Andaikan aja kamu menemukan adanya transaksi atau aktivitas yang mencurigakan. Segera laporkan ke bank supaya langsung ditinjau. Kalau aktivitas mencurigakan itu sering terjadi, ini bisa jadi alasan kamu melakukan pemblokiran.

2. Install antivirus di laptop ataupun smartphone

Install antivirus di laptop ataupun smartphone buat keamanan kartu kredit kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak adanya yang menjamin transaksi kartu sakti mu secara online di laptop ataupun smartphone aman sepenuhnya. Karena itu, install atau pasang antivirus jadi solusi yang bisa diandalkan buat mengamankan transaksi nontunai dengan alat pembayaran ini.

Baca juga: Pengin Untung? Kamu Perlu Ketahui Hal Ini Sebelum Ambil Cicilan Kartu Kredit BCA

Setuju kalau install antivirus gak sepenuhnya juga mengamankan. Namun, seenggaknya kamu udah meminimalkan aksi-aksi kejahatan yang bisa mengancam keamanan kartu kredit milikmu.

3. Jangan langsung buka email yang sama sekali asing dan mencurigakan

Jangan langsung buka email yang sama sekali asing dan mencurigakan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sekarang kejahatan cyber kian gencar. Para penjahat kini memanfaatkan fasilitas email buat melakukan peretasan. Kalau sampai sukses, gak menutup kemungkinan mereka bisa mengetahui aktivitas yang dilakukan orang-orang di laptop atau smartphone mereka.

Gawatnya nih seandainya mereka sampai tahu nomor CVV. Pernah diulas Moneysmart sebelumnya, nomor Card Verification Value atau CVV adalah kode rahasia berupa tiga digit angka terakhir yang terletak di belakang kartu kredit.

Nomor CVV dibikin dengan tujuan agar setiap transaksi kartu kredit terkonfirmasi. Bahayanya, kalau nomor ini jatuh ke tangan orang yang berniat jahat. Sebab nomor kartu ini bisa disalahgunakan buat melakukan penipuan.

4. Selalu awasi kartu kredit saat transaksi

Selalu awasi kartu kredit saat transaksi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ketika transaksi dengan kartu sakti ini, jangan sesekali mengalihkan pandangan. Awasi terus kartu kamu yang dipegang kasir. Apakah si kasir melakukan transaksi sesuai prosedur atau gak?

Jangan biarkan juga si kasir membawa kartu milikmu menjauh dari pandanganmu apa pun alasannya. Sebab kamu gak bisa mencegah kalau sampai terjadi hal-hal yang gak diinginkan.

Gak cuma itu, kamu juga jangan pernah coba-coba buat mengaktifkan atau mencoba mengunduh sebuah aplikasi dari website tertentu. Biasanya aplikasi berbayar meminta nomor kartu mu dan hal ini usakan hindari karena mereka bakal melakukan debit dari kartu kredit kamu ini.

5. Bikin PIN yang mudah diingat, tapi susah ditebak

Bikin PIN yang mudah diingat, tapi susah ditebak, (Ilustrasi/Shutterstock).

Keberadaan PIN begitu berperan dalam mengamankan kartu milik mu. Sialnya gak sedikit yang kadang-kadang lupa dengan nomor pengaman ini. Mau gak mau mereka mesti bikin ulang PIN mereka.

Agar mudah diingat, cukup banyak dari pengguna kartu sakti ini yang bikin PIN sesuai dengan tanggal lahir. Setuju kalau dengan cara tersebut, PIN jadi lebih mudah diingat. Namun, risikonya PIN jadi lebih mudah ditebak. Aksi kejahatan pun gak terelakan kalau sampai terjadi.

Itulah kenapa kamu harus kreatif dalam bikin PIN. Poinnya, PIN itu harus mudah diingat dan susah ditebak. Kalau sulit ditebak, ganti PIN terus-terusan dong nantinya.

Itu tadi tips-tips agar kartu sakti ini selalu tetap aman dan jauh dari sasaran aksi kejahatan. Walaupun proteksi yang diberikan gak sampai 100 persen, minimal keamanan kartu kredit itu kamu gak rentan terhadap aksi kejahatan. Semoga tips-tips di atas membantu ya! (Editor: Mahardian Prawira)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan