Banner ImageBanner Image

Ini Lho yang Jadi Sumber Motivasi Banyak Pebisnis Sukses agar Moncer Bisnisnya

3 menit
Ini Lho yang Jadi Sumber Motivasi Banyak Pebisnis Sukses agar Moncer Bisnisnya, (Ilustrasi/Pexels.com).

Motivasi bisa datang dari mana aja. Kamu bisa mendapatkannya dari buku, film, ataupun dari orang-orang yang kamu kagumi. Begitu juga dengan para pebisnis sukses. Ada beberapa hal yang selama ini menjadi sumber motivasi mereka.

Apalagi menjalani profesi sebagai pebisnis itu emang membutuhkan banyak hal inspiratif yang bisa memberi kontribusi positif buat kemajuan perusahaan. Pertanyaannya, kira-kira dari mana para pebisnis sukses mendapat motivasi?

Baca juga: Pernikahannya dengan Bule Cantik Viral, Karna Radheya Ternyata Pebisnis Kuliner di Bali

Buat menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini adalah sumber-sumber yang selama ini pebisnis sukses memperoleh motivasi seperti yang dikutip dari Small Business Trends.

1. Baca kisah-kisah nyata yang memotivasi

Baca kisah-kisah nyata yang memotivasi, (Ilustrasi/Pixabay).

Rupanya kisah-kisah nyata yang memotivasi menjadi sumber motivasi buat para pebisnis sukses. Dari kisah-kisah tersebut, para pebisnis tersebut jadi tahu gimana tokoh dalam cerita menghadapi dan menyelesaikan persoalannya.

Terlebih kalau si tokoh punya kisah dan masalah yang mirip-mirip dengan yang kamu hadapi. Kamu bisa terbantu jadinya dalam menyelesaikan persoalan yang sedang dihadapi. Sebab kamu menemukan pemecahan dan jalan keluar dari kisah-kisah yang kamu baca.

Baca juga: Dari Blogger ke Pebisnis, Ini Kisah Sukses Diana Rikasari Jadi Ikon Asia di Swiss

Gak usah bingung di mana kamu bisa mendapatkan kisah-kisah nyata tersebut. Membaca buku-buku biografi udah lebih dari cukup. Apalagi kalau buku tersebut bercerita tentang kisah pebisnis sukses yang masuk Forbes, pas banget tuh buat kamu yang mau jadi pebisnis.

2. Membaca kutipan orang-orang sukses

Membaca kutipan orang-orang sukses itu penting bagi yang pengin jadi pebisnis sukses, (Ilustrasi/pexels.com).

Pebisnis sukses juga belajar banyak dari orang-orang sukses lainnya lho. Mereka membaca kutipan-kutipan inspiratif yang bisa mendorong mereka buat lebih baik lagi dari sebelumnya.

Sama seperti dengan membaca kisah-kisah sukses, kamu bisa mendapat kutipan-kutipan tersebut dari buku-buku yang menceritakan perjalanan hidup orang-orang sukses.

Baca juga: Dikabarkan Dekati Luna Maya, Ini Sosok Pebisnis Tampan asal Malaysia

Dari sekian banyak kutipan-kutipan tersebut, pasti salah satunya ada yang kena banget nih dengan yang lagi kamu hadapi. Kutipan itulah yang bisa jadi motivasi kamu buat menjalani hidup.

3. Ingatlah! Mengapa kamu memulai usaha

Ingatlah! Mengapa kamu memulai usaha itu salah satu ciri bakal menjadi pebisnis sukses, (Ilustrasi/pexels.com).

Mengingat-ingat kembali buat apa kamu memulai usaha menjadi cara yang bisa memotivasi kamu lho. Ini juga yang dilakukan pebisnis sukses dalam memperoleh motivasi.

Begitu berada di situasi yang memaksa mereka buat menyerah, mereka meluangkan waktu sejenak. Lalu mengingat-ingat apa tujuan sebenarnya mereka menjalankan usaha.

Dari ingatan itulah, mereka kemudian bersemangat lagi buat menjalankan usahanya. Dengan begitu, apa yang selama ini menjadi impian mereka bisa terwujud. Hal yang pebisnis sukses lakukan ini juga bisa kamu lakukan lho buat mendapat motivasi.

Jadi, begitu udah menunjukkan tanda-tanda menyerah, ingat lagi tujuan-tujuan kamu menjalankan usaha.

4. Meluangkan waktu sejenak

Sesekali luangkanlah waktu sejenak buat mengistirahatkan diri. Itulah yang dilakukan pebisnis sukses. Di sela-sela kesibukan, mereka masih luangkan waktu sejenak lho buat rileks.

Sekalipun bisnis lagi gak baik kondisinya ataupun banyak pekerjaan yang belum selesai, meluangkan waktu sejenak itu sama pentingnya dengan menjaga kesehatan mental. Asal tahu aja nih, mental yang terganggu itu gak baik lho buat kesehatan tubuh.

Makanya jaga baik-baik deh kesehatan mentalmu agar tubuh tetap sehat. Kalau perlu, ambil cuti beberapa hari agar waktu luang tersedia banyak. Lagi pula dengan meluangkan waktu, kamu bisa dengan mudah mendapat motivasi.

5. Bicaralah dengan seorang mentor

Bicara dengan mentor merupakan salah satu cara jadi pebisnis sukses, (Ilustrasi/Pexels.com).

Carilah seorang mentor yang kamu anggap sebagai sosok yang inspiratif. Dari sosok mentor itulah, kamu bisa belajar banyak hal dan menemukan hal-hal yang inspiratif.

Gak cuma itu. Adanya sosok mentor bisa membimbing kamu menjalankan usaha dan menyelesaikan persoalan-persoalan yang muncul.

Asal tahu aja nih, namanya mentor pastinya pengalamannya gak usah diragukan lagi. Sosok mentor bakal memberi saran-saran tepat guna agar kamu bisa selesaikan masalahmu.

Nah, itu tadi sumber-sumber motivasi para pebisnis sukses. Siapa tahu nih dengan mengikuti apa yang mereka lakukan bisa datangkan kesuksesan juga pada dirimu. Selamat mencoba dan semoga berhasil! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan