Banner ImageBanner Image

Tokopedia dan Pegadaian Luncurkan Investasi Emas Mulai Rp 500

2 menit
Investasi emas. (Shutterstock)
Shutterstock

Guna memudahkan masyarakat berinvestasi emas dalam bentuk tabungan, PT Pegadaian dan Tokopedia menjalin kolaborasi. Mereka meluncurkan fitur juaI-beli emas secara online melalui aplikasi Tokopedia.

Persoalan investasi yang selalu dihadapkan dengan alasan klasik seperti ribet prosesnya, harus modal gede, dan beresiko sekarang gak lagi nih.

Caranya gak ribet, kaya belanja online aja, tapi ini nabung emas, cukup buka aplikasi Tokopedia, pilih menu emas, silahkan isi deh jumlah gram emas yang ingin ditabung.

Selain mudah, dan aman, investasi emas juga bisa melindungi nilai aset kalian loh, supaya gak tergerus inflasi setiap tahunnya.

Bagi yang berminat, jangan khawatir, instrumen investsi ini resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian (Persero) Harianto Widodo mengatakan, kerja sama ini dilakukan untuk memperluas akses masyarakat. Khususnya kalangan milenial untuk mendapatkan produk dan layanan Pegadaian secara online.

“Kami senang berkolaborasi dengan Tokopedia. salah satu perusahaan teknologi berbasis marketplace terkemuka di Indonesia. Kolaborasi ini sangat mendukung program linklusi keuangan yang dicanangkan oleh Pemerintah lndonesia,” ujar Harianto saat acara peluncuran di Tokopedia Tower.

Menurutnya, keberadaan financial technology bukan menimbulkan disrupsi. Melainkan menciptakan peluang kolaborasi antara Pegadaian dan Tokopedia untuk mendukung pertumbuhan industri keuangan dan pembangunan ekonomi di Indonesia.

“Di sisi lain, kolaborasi ini diharapkan dapat memperluas segmen pasar Pegadaian serta meningkatkan kinerja bisnis kedua belah pihak,” ungkap Harianto.

Dimulai Dari Rp 500

Transaksi jual-beli emas melalui aplikasi Tokopedia dapat dilakukan dengan nilai minimal Rp 500. Sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat berinvestasi emas dengan mudah dan nyaman.

Ada beberapa level membership untuk para pengguna sesuai dengan transaksi emas yang dilakukan, yaitu Gold Club, Gold Prime dan Gold Prestige. Semakin tinggi level membership yang dimiliki, semakin banyak fitur layanan yang bisa didapatkan.

Sistem yang dipergunakan dalam produk ini berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa keuangan (OJK).

Adapun proses transaksi pun relatif mudah, nasabah cukup mengisi jumlah emas yang dibeli dalam bentuk satuan gram atau rupiah. Nasabah melakukan proses pembayaran yang sudah tersedia di aplikasi Tokopedia tersebut.

Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia Leontinus Alpha Edison menyatakan, inklusi keuangan menjadi salah satu fokus yang harus diperhatikan saat ini. Mengingat Indonesia sedang bergerak dengan Strategi Nasional Keuangan lnklusif (SNKI) demi meningkatkan kesejahteraan sosial dan pembangunan ekonomi.

“Kami berharap fitur Tokopedia Emas ini akan semakin mempermudah masyarakat berinvestasi emas dan mendorong masyarakat memiliki literasi dan manajemen keuangan yang baik,” ungkapnya.

Minat Masyarakat Tinggi

Leontinus menambahkan, sejak diluncurkan pada awal tahun ini, fitur tabungan emas pada aplikasi Tokopedia mendapat sambutan yang positif dari masyarakat.

Hal ini terlihat dari sistem database internal Tokopedia yang mencatat antusiasme masyarakat sangat tinggi akan produk tabungan emas online hasil kolaborasi antara Pegadaian dan Tokopedia.

“Antusiasnya tinggi sekali sejak diluncurkan naiknya tiga kali lipat. Ini belum satu bulan, dan tiap hari antusiasnya meningkat, dan saya optimis,” jelasnya.

Kedepan, pihaknya sebagai penyedia platform akan terus mengembangkan produk-produk investasi bagi masyarakat. Agar program inklusi keuangan yang dilakukan pemerintah bisa berhasil.

“Pengembangan pasti ada, kita selalu akan terobsesi mengembangkan terus, mungkin kali ini meluncur yang agak basic. Kedepan pengembangan bisa banyak, nantikan tanggal mainnya,” pungkasnya.

Nah gimana? Jangan lagi alesan buat investasi dong ya. Sekarang bisa nabung emas gak pake ribet. Dengan nominal hanya Rp 500, milenial bisa nabung emas.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan