Pegadaian Digital Udah Ada, Bisa Gadai Barang Via Online Dong?

Dunia digital yang kian berkembang, membuat PT Pegadaian (Persero) terus berinovasi. Salah satunya adalah dengan meluncurkan pegadaian online.

PDS (Pegadaian Digital Service) bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat agar transaksi lebih cepat dan mudah.

[Baca: Gadai Barang di Pegadaian Gak Selamanya Aib Loh]

Lalu, apakah bisa gadai lewat online?

Pegadaian
(tribunnews)

Seperti yang dikutip dari beritasatu.com, PDS diluncurkan ke publik agar masyarakat bisa langsung melakukan gadai secara online atau bisa dilakukan lewat gadget.

Gak cuma itu, PDS juga dapat memudahkan nasabah untuk mencicil dan membeli emas. Namun, barang yang akan digadaikan tetap dilihat terlebih dahulu oleh pihak Pegadaian.

Karena itulah, peluncuran PDS yang dilakukan pada Januari 2018 ini juga akan dibarengi dengan dibukanya agen-agen pegadaian di seluruh Indonesia.

Agen-agen tersebut akan mendatangi pelanggan yang udah mengisi formulir lewat PDS untuk mengecek barang yang digadaikan.

[Baca: Serba-Serbi Menggadaikan Emas di Pegadaian dari Pengalaman Kepepet]

Apalagi fasilitas yang ditawarkan PDS?

Pegadaian
(sribu)

Selain dapat menggadaikan barang lewat gadget, PDS juga memiliki fungsi yang sama dengan mobile banking perbankan, yakni agar masyarakat tidak menghabiskan waktu untuk datang ke Pegadaian untuk transaksi.

Gak cuma itu, nasabah yang udah memiliki kredit dan mendekati jatuh tempo dapat melakukan pembayaran atau memperpanjang kredit melalui PDS.

Pihak Pegadaian akan melakukan sosialisasi ke masyarakat mengenai PDS melalui kegiatan seperti seminar dan juga menginformasikan lewat media sosial seperti Facebook.

[Baca: Beli Barang Lelang Pegadaian Bisa Menghemat Loh, Simak Caranya Nih!]

Bagaimana cara pemakaiannya?

Pegadaian
(panduanbpjs)

Nasabah diharuskan untuk mengunduh aplikasi Pegadaian Digital Service terlebih dahulu, kemudian melakukan registrasi dan baru bisa menikmati layanan PDS.

Aplikasi ini sebenarnya merupakan penyempurnaan dari Pegadaian Online yang udah ada sebelumnya. Untuk mengembangkan pegadaian online ini, Pegadaian telah menghabiskan biaya sebesar Rp 440 miliar.

Dengan biaya yang sangat besar itu, Pegadaian menargetkan penambahan 2 juta nasabah baru di tahun 2018 ini.

Nah, udah gak ribet lagi kan sekarang kalau mau melakukan transaksi di Pegadaian?

Puri
Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560