Sejak Lahir Kaya, Pejabat Amerika Ini Punya Kekayaan Mencapai Rp 46 Triliun

3 menit
Jay Robert Pritzker (J.B. Pritzker) merupakan pejabat Amerika Serikat yang mempunyai kekayaan mencapai Rp 46 triliun, (Instagram/@jbpritzker).

Presiden Amerika Serikat Donald Trump memang seorang pengusaha tajir, tapi sebagai salah satu pejabat terkaya di Amerika Serikat, masih ada yang lebih tajir dari dia! Dan uniknya, dia bukan menteri di kabinet atau anggota DPR, melainkan gubernur.

Ngomong-ngomong siapa ya pejabat kaya di Negeri Paman Sam itu? Lalu jabatan beliau sendiri apa?

Pria itu bernama Jay Robert Pritzker (J.B. Pritzker) yang berasal dari Partai Demokrat.

Saat ini, Pritzker baru aja terpilih sebagai Gubernur Illinois menyingkirkan rivalnya yang merupakan calon incumben Bruce Rauner (Republik). Rauner juga termasuk orang yang memiliki banyak harta yang mencapai Rp 46 triliun.

Dalam proses kampanye, Rauner menggelontorkan uang sampai Rp 1,4 triliun. Tapi Pritzker ternyata lebih besar lagi, yaitu mencapai Rp 1,9 triliun!

Siapa sih sebenarnya si pejabat terkaya di AS ini? Yuk simak fakta-fakta beliau di bawah ini yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id berikut ini:

1. Tajir dari warisan

Jay Robert Pritzker (J.B. Pritzker) merupakan salah satu pejabat terkaya di Amerika serikat, (Instagram/@ jbpritzker)

Pria yang tercatat sebagai salah satu pejabat terkaya di Amerika Serikat ini, ternyata sumber hartanya berasal dari warisan. Di tahun 2016, Keluarga Pritzker menduduki posisi ke tujuh sebagai keluarga paling kaya di sana dengan total aset US$ 29 miliar atau setara dengan Rp 425 triliun.

Keluarga kaya itu berasal dari California dan kabarnya udah terkenal di dunia bisnis sejak tahun 1982 silam. Beberapa anggota keluarga Pritzker juga pernah menduduki jabatan penting di Pemerintahan AS. Sebut saja Penny Pritzker Menteri Perdagangan AS ke 38.

Ayahnya, Donald Pritzker dan pamannya, Jay Pritzker adalah pendiri dari Hotel Hyatt. Sampai saat ini, mereka pun masih menguasai saham mayoritas hotel top itu. Maklum aja tajir melintir ya, wong Hotel Hyatt ada di mana-mana.

2. Total kekayaan Rp 46 triliun

Jay Robert Pritzker (J.B. Pritzker) saat bertemu dengan mantan Presiden Barack Obama, (Instagram/@ jbpritzker).

Total keluarganya memang mencapai Rp 425 triliun, tapi kalau total kekayaan pejabat terkaya di AS ini ternyata Rp 46 triliun. Gede juga sih ya, dan pastinya kaya sampai tujuh turunan.

J.B bersama saudaranya yaitu Anthony, memimpin perusahaan bernama Pritzker Group. Perusahaan itu juga punya saham di SpaceX milik Elon Musk!

Selain itu, Pritzker Group juga mendanai startup bernama Dollar Shave Group yang akhirnya dibeli oleh Unilever di harga US$ 1 miliar atau Rp 14 triliun. Peristiwa akuisisi itu berlangsung pada Juli 2016.

3. Di dunia politik, dia mirip-mirip Eric Thohir

Pejabat Amrika Serikat ini tergolong sukses dalam karier berpolitiknya, (Instagram/@ jbpritzker ).

Maksudnya apa ya? Kok disangkut pautkan sama Bos Mahaka Eric Thohir?

Gak disangkut pautkan, tapi karier politik pejabat terkaya di AS ini dulunya berawal dari Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Hillary Clinton di tahun 2008.

Tapi sebenarnya nih, Pritzker juga sempat nyaleg di tahun 1998 buat Dapil Illinois. Kabarnya, dia menghabiskan jutaan Dolar AS buat kampanye! Ya mungkin kalau dihitung bisa miliaran rupiah kali ya.

Dana itu berasal dari laba perusahaan televisi miliknya yang berbasis di Chicago. Sayangnya dia gak menang pada saat itu. Gak cuma diam begitu aja, Pritzker nyatanya saat ini terpilih sebagai gubernur Illinois, Amerika Serikat. 

Sebagai seorang politisi, dia punya visi yang cukup liberal. Dia salah satu pendukung legalisasi ganja, hak LGBT, hingga aborsi. Isu-isu ini jelas jadi isu yang sering ditentang oleh politisi Partai Republik.

4. Donasinya difokuskan untuk anak-anak Chicago

Pejabat Amerika Serikat ini juga dikenal sosok yang dermawan, (Instagram/@jbpritzker).

Namanya juga orang tajir apalagi sekarang jadi salah satu pejabat terkaya di sana. Gak mungkin kalau orang seperti beliau gak dermawan.

J.B memimpin Yayasan Keluarga Pritzker, yang cukup aktif dalam program pengentasan kemiskinan anak-anak Chicago. Bersama James Heckman (peraih nobel perdamaian), dia mendirikan Early Childhood Development di Universitas Chicago.

Selain itu, dia juga dikabarkan sering bagi-bagi duit ke kampus-kampus di AS untuk membantu dana pendidikan.

Seperti itulah fakta-fakta dan sepak terjang J.B. Pritzker, pejabat terkaya di Amerika Serikat. Sejatinya kekayaan dia gak beda jauh sih sama Donald Trump yang saat ini berjumlah Rp 45 triliun.

Tapi cukup mengejutkan juga kan tentunya bahwa, ada politisi dengan latar belakang bisnis yang ternyata lebih tajir dari Presidennya yang terkenal sebagai pengusaha sukses. (Editor: Mahardian Prawira).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.