4 Pekerjaan Ini Bisa Bernasib seperti Penjaga Gerbang Tol Gara-Gara Non Tunai

3 menit
Pekerjaan di Indonesia
Pekerjaan di Indonesia tergantikan sistem non tunai (Shutterstock)

Pemberlakuan sistem non tunai pada dasarnya bertujuan untuk menguntungkan banyak orang dalam melakukan transaksi. Namun, kenyataan ada beberapa pekerjaan, termasuk pekerjaan di Indonesia yang mulai tergantikan sistem non tunai.

Salah satunya yang lagi ramai jadi perbincangan adalah tergantikannya pekerjaan penjaga gerbang tol. Seperti yang kita tahu, keharusan transaksi non tunai agar bisa menggunakan jalan tol mau gak mau bikin para pengendara mobil menyiapkan uang elektronik atau e-money.

Dampak penerapan sistem non tunai ini tentu saja membuat para penjaga gerbang tol dialihkan pekerjaannya. Banyak pula para penjaga gerbang tol yang gak diperpanjang kontraknya alias diberhentikan.

Gak disangka, ternyata penerapan sistem non tunai juga mengancam sejumlah pekerjaan di Indonesia. Kabarnya, salah satunya malah tinggal menunggu waktu bernasib sama seperti penjaga gerbang tol. 

Pengin tahu apa aja pekerjaan-pekerjaan tersebut? Berikut, ulasannya:

1. Petugas loket kereta

`Pekerjaan di Indonesia
Petugas loket kereta pekerjaan di Indonesia yang tergantikan sistem nontunai

Di tiap-tiap stasiun yang ada di Ibu Kota keberadaan vending machine menjadi sesuatu yang biasa. Alih-alih dimanfaatkan agar orang lebih gampang mencari minuman, rupanya adanya vending machine ini digunakan supaya para penumpang bisa membeli tiket.

Kalau dulunya kita terbiasa membeli tiket lewat petugas loket kereta, kini hal tersebut gak lagi menjadi keharusan sejak adanya vending machine. Bahkan, naik kereta atau commuter line makin lebih mudah dengan diperbolehkan pembayaran dengan uang elektronik.

Dengan adanya vending machine dan uang elektronik, tanggung jawab petugas loket kereta pun perlahan-lahan berpindah ke vending machine atau uang elektronik. Ke depan, bisa-bisa salah satu pekerjaan di Indonesia ini bakal hilang seperti penjaga gerbang tol.

Baca juga: Waspada! Pekerjaan Ini Nantinya Udah Gak Pakai Tenaga Manusia Lagi, Digantikan Robot

2. Kondektur

Pekerjaan di Indonesia
Kondektur pekerjaan di Indonesia yang mulai digantikan sisten nontunai

Pekerjaan di Indonesia lainnya yang tanda-tandanya mulai tergantikan dengan sistem nontunai adalah pekerjaan kondektur. Buat kamu yang bepergian ke mana pun dengan menaiki bus, pastinya familier banget sama pekerjaan ini.

Seiring diterapkannya sistem e-ticket, pekerjaan kondektur berpeluang hilang seperti pekerjaan penjaga gerbang tol. Gak ada lagi cerita menyerahkan ongkos naik bus ke kondektur. Pasalnya, ongkos tersebut bisa dibayarkan dengan e-ticket.

Contohnya, kalau kamu naik bus Transjakarta. Kamu baru bisa menaiki bus Transjakarta dengan terlebih dulu menempelkan uang elektronik ke reader di setiap pintu masuk halte Transjakarta.

3. Teller

Pekerjaan di Indonesia
Teller pekerjaan di Indonesia yang tergantikan sistem nontunai

Perkembangan teknologi digital dalam dunia perbankan di satu sisi menguntungkan para nasabah. Itu membuat bertransaksi gak lagi seribet dulu.

Namun, di sisi lain pekerjaan frontliner di bank yang biasanya diisi teller kemungkinan tergeser sebagai akibat dari digitalisasi perbankan. Beberapa bank bahkan telah memindahkan teller ke posisi sales atau marketing.

Coba deh bayangkan kalau semua urusan perbankan bisa diselesaikan lewat mobile banking atau internet banking. Apakah kamu masih perlu berurusan dengan teller

Tentunya gak bukan walaupun masih ada keperluan perbankan yang mewajibkan kita dilayani petugas bank. Cepat atau lambat pada akhirnya salah satu pekerjaan di Indonesia bisa jadi gak dibutuhkan lagi peranannya.

4. Kasir

Pekerjaan di Indonesia
Kasir pekerjaan di Indonesia yang tergantikan sistem nontunai

Satu lagi pekerjaan di Indonesia yang rentan diganti gara-gara penggunaan sistem non tunai adalah kasir.

Kabarnya, Amazon yang dikenal sebagai ecommerce terbesar di dunia telah membuka Amazon Go Store yang meniadakan kasih dan membayar dengan sistem non tunai.

Di toko Amazon tersebut kamu wajib memiliki akun Amazon Go agar bisa masuk buat berbelanja. Lalu, kamu tinggal ambil barang yang pengin dibeli. 

Kemudian keluar dengan menenteng barang melewati pintu yang terpasang alat scanner. Transaksi pun telah selesai dilakukan. Bukan mustahil apa yang dilakukan Amazon bakal diikuti dan dilakukan di banyak tempat belanja di dunia.

Itulah pekerjaan-pekerjaan di Indonesia yang rentan terganti seiring penggunaan sistem non tunai. Di masa yang akan datang boleh jadi pekerjaan yang tergantikan bakal bertambah. 

Mengingat perkembangan teknologi yang seolah gak terbendung saat ini. Gimana menurutmu? (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!