Dibayar Rp 1,6 jutaan per Jam, Ini 7 Pekerjaan Freelance Upah Tertinggi yang Bisa Dicoba

4 menit
Pekerjaan Freelance (Shutterstock).
Pekerjaan Freelance (Shutterstock).

Menemukan pekerjaan freelance yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari kita emang bukan perkara yang mudah. Apalagi melihat status kita yang gak dianggap sebagai pegawai tetap. Namun ternyata ada beberapa profesi yang menawarkan upah sampai jutaan rupiah per jam lho.

Habis lulus kuliah kamu mungkin pernah merasakan betapa sulitnya mencari pekerjaan yang bisa bikin hati sama dompet senang. Atau bahkan sempat terbesit untuk segera berhenti bekerja untuk mendapatkan kantor yang baru.

Perlu waktu emang untuk mendapatkan semua keinginan tersebut. Sembari menunggu salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menjadi seorang pekerja lepas.

Selain memiliki waktu yang lebih leluasa kamu juga gak terikat sama kontrak apapun yang mewajibkan bekerja dalam periode tertentu. Sayangnya di Indonesia sendiri sebagian masyarakat masih memandang jalan ini bukan menjadi pilihan karena upah yang kecil.

Eits… jangan salah kaprah karena 7 pekerjaan freelance berikut ini ternyata punya upah yang gak sedikit lho. Penasaran apa aja, yuk kita simak daftarnya di bawah ini.

Baca juga: Pendapatan Gak Menentu? Ini 6 Kerja Sampingan yang Cocok buat Ojol

7. Rekrutmen HRD – Rp 650 ribuan per jam

Pekerjaan Freelance (Shutterstock).
Rekrutmen HRD (Shutterstock).

Mengutip dari Career Addict, menyeleksi puluhan hingga ratusan pelamar kerja bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu diperlukan tenaga bantuan yang bisa berasal dari pihak eksternal perusahaan.

Untuk kamu yang kuliahnya di jurusan psikologi atau manajemen bisa nih mencoba pekerjaan freelance yang satu ini karena jobdesknya lumayan berkaitan sama ilmu yang didapat selama ngampus. Itung-itung nambah pengalaman di CV juga!

Bayarannya juga lumayan banget sekitar US$ 46 atau setara Rp 650 ribuan per jamnya.

6. Copywriter – Rp 663 ribuan per jam

Pekerjaan Freelance
Copywriter (Shutterstock).

Nah untuk kamu yang hobi nulis bisa nih menyalurkan kegemarannya dengan menjadi seorang copywriter. Kerjaan jadi terasa gak berat karena dijalanin sesuai passion kamu.

Para lulusan jurnalistik, sastra atau apapun itu yang merasa bisa melakukan aktivitas menulis boleh banget melamar sebagai pekerja lepasnya. Siapa tahu kamu yang punya mimpi menjadi seorang reporter bisa terwujud setelah lepas kontrak.

Gajinya juga terhitung besar lho sekitar US$ 47 atau senilai Rp 663 ribuan per jam. Bisa dibayangkan berapa juta tuh yang bisa masuk ke rekening kamu setiap bulan.

Baca juga: Gak Perlu Pusing Cari Uang Tambahan, 5 Pekerjaan Part Time ini Cocok Banget Buat Milenial!

5. SEO Specialist – Rp 706 ribuan per jam

Pekerjaan Freelance
SEO Spesialis (Shutterstock).

Masuk ke posisi 5 ada SEO Specialist nih guys! Di zaman yang mengutamakan akses internet seperti sekarang ini promosi lewat mesin pencari menjadi sebuah kebutuhan yang gak bisa dihindari.

Untuk menempati posisi teratas dalam sebuah kata pencarian di Google contohnya perlu racikan dari seorang SEO Specialist. Gak membutuhkan jurusan tertentu untuk bisa tembus di posisi ini, tetapi keterampilan menggunakan komputer bisa jadi modal yang bagus buat kamu.

Uang yang bisa kamu kantongin per jamnya sekitar US$ 50 atau sebesar Rp 706 ribuan.

4. Cyber Security – Rp 706 ribuan

Pekerjaan Freelance
Cyber Security (Shutterstock).

Maraknya serangan hacker terhadap sebuah situs membuat sumber daya manusia yang bisa mengatasinya semakin meningkat. Salah satu pekerjaan freelance tersebut adalah Cyber Security.

Fresh graduate atau mahasiswa sistem komputer yang udah masuk semester akhir bisa mencari pengalaman di perusahaan yang membuka lowongan Cyber Security.

Pundi-pundi uang yang bisa kamu dapatkan sama seperti SEO Specialist yakni sekitar US$ 50 atau Rp 706 ribuan per jamnya.

Baca juga: 6 Usaha Sampingan di Desa yang Menguntungkan dan Mudah Dijalani

3. Pengisi suara – Rp 734 ribuan per jam

Pekerjaan Freelance
Pengisi Suara (Shutterstock)

Urutan ketiga pekerjaan freelance dengan gaji terbesar adalah pengisi suara. Mungkin sebagian dari kamu gak mengira posisi ini menawarkan upah yang boleh juga.

Layaknya SEO Specialist, seorang pengisi suara gak membutuhkan gelar khusus sebagai syarat. Asal mempunyai warna suara yang sesuai sama kebutuhan maka kamu bisa mengisi kursi tersebut.

Jika kamu lolos upah yang di berikan per jamnya sekitar US$ 52 atau setara Rp 734 ribuan.

2. Web developer – Rp 847 ribuan per jam

Pekerjaan Freelance
Web Developer (Shutterstock).

Duduk di urutan kedua ada web developer.  Keahlian yang khusus di bidang komputer menjadikannya dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan komersial hari ini.

Anak-anak dari jurusan Sistem Informasi tentu yang menjadi target utama para HRD korporasi. Untuk bayarannya sendiri tergolong besar mencapai US$ 60 atau Rp 847 ribuan per jam.

1. Legal Service Expert Rp 1,6 jutaan

Pekerjaan Freelance
Legal Service Expert (Shutterstock).

Pekerjaan freelance dengan upah paling besar disabet sama Legal Service Expert. Buat kamu yang punya keahlian di bidang hukum serta perizinan bisa banget nih mencoba posisi ini.

Bayarannya terbilang lumayan jauh jika dibandingkan dengan 6 daftar sebelumnya yakni sampai dengan US$ 120 atau Rp 1,6 jutaan per jam.

Nah itulah 7 pekerjaan freelance yang bisa bikin dompet kamu makin tebal sekarang ini. Daripada bingung gak ngapa-ngapain mending isi waktu kamu dengan aktivitas yang lebih bermanfaat. Semoga sukses! (Editor: Winda Destiana Putri).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1