Gak Perlu Pusing Cari Uang Tambahan, 5 Pekerjaan Part Time ini Cocok Banget Buat Milenial!

3 menit
kerja part time
Kerja part time. (Shutterstock)

Pekerjaan part time menjadi salah satu cara yang banyak dilakoni untuk mendapatkan uang tambahan. Selain gak harus ke kantor setiap hari dari pagi sampai sore, uang yang didapatkan dari part time juga lumayan.

Apalagi tak bisa dipungkiri kalau para generasi milenial doyan membeli barang yang lagi up to date hingga nongkrong di cafe kekinian. Makanya gak heran kalau banyak dari mereka yang uangnya udah habis sebelum gajian.

Karena itu, kali ini MoneySmart.id ingin memberikan beberapa rekomendasi pekerjaan part time yang cocok buat para milenial untuk menambah uang bulanan.

Apa saja? Berikut ini adalah lima diantaranya.

Baca juga: Pengin Uang Tambahan, Ini Kerja Sampingan yang Bisa Kamu Kerjakan di Rumah

1. Editor

kerja part time
Editor. (Pixabay)

Tak hanya freelance sebagai penulis, tapi banyak sekali website yang juga mencari freelancer untuk editor. Cara agar bisa mendapatkan pekerjaan yang satu ini pun cukup mudah.

Kamu hanya perlu pergi ke situs yang banyak memberikan informasi untuk para pencari kerja freelance. Nah, sebaiknya kamu memilih untuk mengedit tulisan yang temanya memang kamu sukai agar hasilnya lebih maksimal. Kamu hanya perlu mengecek kesalahan ejaan dan penulisan kata serta membuat tulisan menjadi lebih menarik.

Kamu bisa mengantongi uang puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah untuk satu artikel yang sudah edit. Misalnya saja Rp 50 artikel per artikel. Kalau dalam satu bulan kamu bisa mengedit 20 artikel, lumayan kan dapat uang tambahan Rp 1 juta.

Baca juga: 5 Hal Umum yang Bikin Kerja Sampinganmu Gak Menghasilkan Cuan

2. Content writer

kerja part time
Content Writer. (Pixabay)

Masih dalam dunia tulis menulis, kamu juga bisa mendapatkan uang tambahan sebagai penulis lepas alias freelance writer.

Apalagi, saat ini udah banyak sekali situs yang mau membayar hasil tulisanmu seperti UC News, Getcraft, Babe dan lain sebagainya.

Imbal balik atau fee yang kamu dapatkan pun lumayan banget lho. Apalagi kalau namamu sudah terkenal, tulisanmu bisa dihargai jutaan rupiah per artikelnya. Asik banget kan?

Baca juga: 7 Kerja Sampingan Bergaji Besar di Amerika, per Jam Dibayar Rp 600 Ribu

3. Desainer grafis

kerja part time
Desainer grafis. (Pixabay)

Pekerjaan part time lainnya yang bisa kamu lakukan adalah sebagai desainer grafis. Pekerjaan yang satu ini memang cocok banget buat kamu yang memang berkecimpung di industri kreatif.

Agar semakin banyak yang tahu dan tawaran kerja sampingan mengalir deras, kamu bisa memajang karyamu di akun sosial media seperti Instagram.

Jika karyamu bagus dan menarik, dijamin deh pasti banyak yang meminta bantuan kamu. Apalagi, pekerjaan sebagai desainer grafis bisa dilakukan di rumah dengan hanya bermodalkan laptop dan kreativitas tentunya.

4. Social media buzzer

kerja part time
Social media buzzer. (Pixabay)

Punya banyak waktu untuk bermain sosial media? Kenapa tidak menjadikan kebiasaan tersebut untuk menghasilkan uang? Salah satunya sebagai sosial media buzzer.

Terlebih lagi di era yang serba digital seperti saat ini, sudah hampir semua usaha menggunakan social media untuk promosi.

Nah, yang terpenting dari social media buzzer adalah hanya perlu konsisten dan disiplin serta memahami betul seperti apa promosi yang diinginkan klien.

5. Kerja part time jadi dropshipper

kerja part time
Dropshipper. (Pixabay)

Sumber uang tambahan lainnya bisa jadi pilihan yaitu menjadi dropshipper. Untuk jenis kerja sampingan yang satu ini bahkan tanpa membutuhkan modal.

Kamu hanya perlu memasarkan produk tanpa harus mengeluarkan modal untuk pembelian produk. Jadi, tugasmu hanya mempromosikan produk jualan orang lain lewat toko online maupun social media. Jika ada yang ingin membeli, maka supplier akan mengirimkan produk yang dipesan dan kamu mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang dijual.

Gak keluar modal tapi menghasilkan duit. Kapan lagi coba?

Itu dia lima pekerjaan part time yang paling cocok dilakukan oleh kaum milenial untuk mendapatkan uang tambahan. Ya, daripada waktumu habis untuk nongkrong sana-sini, lebih baik dimanfaatkan untuk yang lebih berguna. Setuju? (Editor: Ruben Setiawan)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.