Nyeleneh Banget! 5 Pekerjaan Ini Cuma Ada di Kerajaan Inggris

3 menit
Kerajaan Inggris
The Royal Shoe-Wearer salah satu pekerjaan unik di Kerajaan Inggris (ranker.com)

Kerajaan Inggris dengan kemewahan dan kemegahannya selalu menarik untuk diketahui. Baik dari anggota keluarga, hingga para pekerja kerajaan di bawah kekuasaan Ratu Elizabeth II itu.

Menjadi pekerja di Kerajaan Inggris tentunya sangat prestisius. Siapa sangka, ada pekerjaan unik yang tak lazim dilakukan namun terjadi di Kerajaan Inggris. Kerajaan paling tua di dunia itu benar-benar mencatat pekerjaan tersebut dalam tradisi mereka.

Jenis pekerjaan unik dan nyeleneh apa saja yang hanya ada di Kerajaan Inggris?

Mulai dari menyensus angsa di sungai Thames, hingga memutar jam kuno agar tetap berfungsi dengan baik, dua di angaranya.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya, berikut lima pekerjaan unik yang hanya ada di Kerajaan Inggris seperti dilansir dari Ranker.com:

The Grand Carver

Kerajaan Inggris
The Grand Carver pekerjaan unik di Kerajaan Inggris (ranker.com)

Sebagai seorang ratu, Elizabeth II yang sering menghadiri perjamuan makan malam resmi tak boleh memotong daging panggangnya sendiri.

Untuk itu, dia membutuhkan seorang staf yang bertugas khusus untuk memotong daging panggang milik sang Ratu Inggris.

Dalam lingkungan kerajaan, menjadi The Grand Carver merupakan pekerjaan paling prestisius dan diturunkan dari generasi ke generasi oleh satu keluarga.

Baca juga: Sebelum Jadi Calon Ratu Inggris, Kate Middleton Sudah Tajir Sejak Lahir

The Royal Shoe-Wearer

Kerajaan Inggris
The Royal Shoe-Wearer pekerjaan unik di Kerajaan Inggris (ranker.com)

Tahukah kamu, salah satu staf penata busana Ratu Elizabeth bertanggung jawab untuk memastikan hak sepatu nenek Pangeran William dan Pangeran Harry itu selalu aman.

Meski bukan posisi resmi, staf yang menjalani tugas berat seperti itu mendapat gelar kehormatan.

Stewart Parvin, perancang busana Ratu Elizabeth, mengungkapkan ratu tidak akan memakai sepatu rusak sehingga dia tidak merasa tidak nyaman selama menghadiri banyak acara.

Pemilik jabatan The Royal Shoe-Wearer ternyata seorang wanita berusia 90 tahun. Jadi, dunia mungkin tidak akan menduganya jika sesekali memakai sepatu balet yang flat.

Warden of the Swans dan Marker of the Swans

Kerajaan Inggris
Warden of the Swans dan Marker of the Swans pekerjaan unik di Kerajaan Inggris (ranker.com)

Namanya terdengar keren, tapi jika diartikan pekerjaan ini berarti penjaga angsa kerajaan alias tukang sensus angsa.

Sepanjang sungai Thames, ada ratusan angsa yang sengaja dilepas secara liar. Untuk memastikan angsa-angsa tersebut tetap sehat dan terdata, maka dua orang staf khusus dipilih sebagai pekerja tersebut.

Masing-masing Warden of the Swans dan Marker of the Swans yang kini dipegang Professor Christopher Perrins dan David Barber.

Tugasnya nggak jauh dari menghitung angsa, menyensus dan memastikan para angsa sehat ketika Ratu Elizabeth II menginginkan pestanya dimeriahkan oleh hewan berkaki dua ini.

The Royal Horological Conservator

Kerajaan Inggris
The Royal Horological Conservator pekerjaan unik di Kerajaan Inggris (ranker.com)

Kerajaan Inggris memiliki banyak aset berharga berupa jam kuno, termometer klasik dan barometer antik yang harus dirawat secara spesifik. Benda-benda tak ternilai harganya ini biasanya datang dari bangsawan lain sebagai hadiah.

Tentu saja, merawat benda klasik seperti itu tak mudah. Mengingat semua benda antik ini tidak digital, harus ada staf yang bertugas memutar, memperbaiki dan memastikan semuanya bekerja dengan baik.

Untuk mengurus ini, Kerajaan Inggris membutuhkan ahli horologi yang sangat terampil dan berpengetahuan luas. Staf yang bertanggung jawab pada tugas ini juga mengurus suku cadang untuk jam yang berusia ratusan tahun.

Piper to the Sovereign

Kerajaan Inggris
Piper to the Sovereign pekerjaan unik di Kerajaan Inggris (ranker.com)

Sebuah posisi yang diciptakan oleh Ratu Victoria, Piper to the Sovereign, bertugas sebagai bagpiper alias peniup bagpipe resmi untuk acara-acara khusus.

Tugas utamanya ialah, memainkan bagpipe setiap pagi pada pukul 09.00 pagi selama 15 menit di bawah jendela Ratu Elizabeth.

Piper to the Sovereign setiap hari melakukan tugasnya mulai dari Istana Buckingham, Kastil Windsor, Kastil Balmoral, dan Istana Holyroodhouse.

Tentu saja posisi itu merupakan kehormatan besar. Karena itu, hanya 14 piper yang memegang jabatan itu sejak tahun 1843.

Itulah lima pekerjaan terunik yang hanya ada di Kerajaan Inggris. Tertarik melakukannya?

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan