Banner ImageBanner Image

5 Negara dengan Pelayanan Kesehatan Terbaik, Nomor Satunya Malaysia

4 menit
Ilustrasi dokter pelayanan kesehatan. (Shutterstock)
Ilustrasi dokter pelayanan kesehatan. (Shutterstock)

Pelayanan kesehatan jadi salah satu aspek yang penting untuk diselenggarakan oleh sebuah negara. Tentunya, ini diberikan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat. Bahkan, di dalam Undang-Undang Dasar sudah tercantum bahwa pelayanan kesehatan termasuk hak warga negara Indonesia yang harus dipenuhi.

Dalam Pasal 34 ayat 3 Undang-Undang Dasar tercantum bahwa negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak. Untuk itulah maka kini, BPJS Kesehatan hadir untuk menjamin hak warga negara tersebut. BPJS memungkinkan kita untuk tidak mengeluarkan biaya sepeserpun buat berobat atau menjalani berbagai penanganan medis, tentunya dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

Tapi nyatanya pelayanan kesehatan di Indonesia masih jauh dari kata sempurna, jika dilihat dari berbagai aspek mulai dari tenaga medis, hingga fasilitas yang belum merata di seluruh daerah.

Meski memang, ada pepatah “tak ada gading yang tak retak”, namun negara tetangga kita Malaysia, mendapatkan predikat negara dengan pelayanan kesehatan terbaik di dunia versi Internationalliving. Nah selain Malaysia, negara mana saja yang memiliki fasilitas kesehatan terbaik?

Baca juga: Tembus Rp 100 Juta Sebulan, Ini Rincian Biaya Pengobatan Kanker

5. Meksiko

Meksiko, salah satu negara dengan pelayanan kesehatan terbaik di dunia.
Meksiko, salah satu negara dengan pelayanan kesehatan terbaik di dunia.

Pelayanan kesehatan di Meksiko secara umum bisa dibilang terbaik dan termurah. Gimana gak terbaik, dikutip dari internationalliving, sebagian besar dokter di Meksiko merupakan lulusan Amerika Serikat dan Eropa. Setiap kota di Meksiko memiliki setidaknya satu rumah sakit kelas satu alias kelas wahid.

Untuk rawat jalan ke dokter saja biayanya sekitar US$ 30 hingga US$ 45, sementara untuk biaya rawat inap di rumah sakit swasta biayanya kurang dari US$ 100 atau kurang dari Rp 1,3 juta.

Baca juga: Mahal Tapi Digemari, Ini Kelebihan dan Kekurangan Berobat di Luar Negeri

4. Ekuador

Ekuador, salah satu negara dengan pelayanan kesehatan terbaik di dunia. (Pixabay)
Ekuador, salah satu negara dengan pelayanan kesehatan terbaik di dunia. (Pixabay)

Di Ekuador, pelayanan kesehatannya juga berkualitas tinggi namun murah. Hal itu juga berlaku bagi warga negara asing yang hendak berobat ke sana. Tidak hanya ada di kota-kota besar, pelayanan terbaik juga ada di rumah sakit di kota-kota kecil. Dokternya pun juga bisa dipanggil ke rumah jika kamu gak kuat buat berangkat ke RS.

Untuk pelayanan gawat darurat hingga penanganan cepat untuk luka ringan dan memerlukan penanganan operasi, seorang pasien hanya perlu membayar US$ 60, atau kalau dirupiahkan sekitar Rp 838 ribuan.

Baca juga: Cara Mudah Cek Tagihan BPJS Kesehatan yang Mudah, Cek di Sini!

3. Thailand

Thailand, salah satu negara dengan pelayanan kesehatan terbaik di dunia. (Pixabay)
Thailand, salah satu negara dengan pelayanan kesehatan terbaik di dunia. (Pixabay)

Thailand memiliki pelayanan kesehatan yang sangat baik dan tersebar di seluruh pelosok negeri. Tidak diketahui secara pasti berapa biaya berobat di sana, tapi yang jelas saking murahnya, para pelancong maupun ekspatriat gak akan membutuhkan asuransi perjalanan maupun asuransi kesehatan. Sebab, biaya pelayanan kesehatan di Negeri Gajah Putih sangat murah dengan prosedur penanganan medis yang amat baik. Jadi mereka gak pusing-pusing untuk mengurus asuransi.

Bahkan berdasarkan internationalliving, pelayanan rumah sakit di Thailand bisa disejajarkan dengan pelayanan medis di Amerika, tapi dengan harga yang murah.

2. Prancis

Prancis, salah satu negara dengan pelayanan kesehatan terbaik di dunia. (Pixabay)
Prancis, salah satu negara dengan pelayanan kesehatan terbaik di dunia. (Pixabay)

Meskipun konsumsi alkohol dan rokok di Prancis terbilang tinggi, angka harapan hidup untuk warga Prancis termasuk tinggi. Harapan hidup mereka rata-rata kini berada di umur 85 tahun untuk wanita, dan 78 tahun untuk pria. Sementara itu, orang yang hidup hingga usia di atas 100 tahun berjumlah 24.214 orang.

Pantas aja WHO meletakkan negara ini di urutan atas dalam kategori pelayanan kesehatan terbaik. Sementara itu, untuk asuransi di negara romantis ini juga terbilang murah, sekitar 8 persen dari penghasilan bersih masing-masing warga.

Kalau untuk dokter panggilan, kamu harus membayar sekitar US$ 30 sampai dengan US$ 100 per kunjungannya. Kalau dirupiahikan ya sekitar Rp 400 ribu sampai Rp 1,3 juta.

Asuransi kesehatan memungkinkan kamu membayar biaya perawatan di rumah sakit dengan sangat murah karena 80 persen perawatan di tanggung pemerintah. Namun, jika kamu harus dirawat akibat sakit keras seperti kanker, maka 100 persen biaya pengobatannya akan ditanggung asuransi. Tapi kamu tetap harus bayar biaya menginapnya rata-rata sekitar US$ 20 per hari atau Rp 279 ribuan.

1. Malaysia

Malaysia, salah satu negara dengan pelayanan kesehatan terbaik di dunia. (Pixabay)
Malaysia, salah satu negara dengan pelayanan kesehatan terbaik di dunia. (Pixabay)

Nah ini dia posisi nomor satunya yang diduduki oleh negara tetangga kita, Malaysia. Sebagian besar dokternya dilatih di Inggris, Amerika Serikat, dan Australia, sehingga tak jarang Malaysia sebagai tujuan wisata medis internasional, termasuk warga Indonesia.

Di sini, dokter spesialis bersiaga 24 jam sehingga kamu gak perlu repot bikin janjian terlebih dulu. Cukup daftar di rumah sakit pilihanmu dan tinggal antre.

Biaya pelayanan kesehatan di rumah sakit swastanya juga terbilang murah. Jadi, banyak warga yang gak mengandalkan asuransi mereka untuk sekedar mengobati penyakit-penyakit ringan.

Bahkan dikutip dari internationalliving, untuk biaya check up kamu hanya perlu membayar US$ 44 atau sekitar Rp 614 ribuan. Gak perlu nunggu lama juga. Misalnya nih, setelah cek di pagi hari, kamu sudah bisa mendapatkan hasilnya di sore hari.

Nah itu tadi 5 negara dengan pelayanan kesehatan terbaik. Pantas saja ya kemarin Ustadz Arifin Ilham pergi ke Malaysia untuk menjalani pengobatan kanker yang tengah dideritanya.

Ternyata pelayanan kesehatan di Malaysia itu bagus ya. Menurutmu, bagaimana kalau dibandingkan dengan di Indonesia? (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan