Berencana Nambah Cuan? Ini Peluang Usaha dengan Modal Kecil di Akan Datang

4 menit
peluang usaha modal kecil
Berencana Nambah Cuan? Ini Peluang Usaha dengan Modal Kecil di Akan Datang, (Ilustrasi/Pixabay).

Ketika kita pengin menambah cuan pasti banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan mencari peluang usaha modal kecil namun bisa menambah cuan-cuan kita di rekening.

Dengan memiliki ide fresh dan kekinian tentunya sangat membantu bagi kamu yang pengin manambah uang. Di bidang usaha emang bukan hanya sekedar modal aja yang berbicara ketika pengin buka sebuah bisnis. Ide dan tim yang solid juga sangat membantu kamu dalam menjalankan usaha dan mendapatkan banyak uang.

Namun, gimana dengan kamu yang pengin membuka usaha demi mendapatkan penghasilan tambahan tapi modal gak gede-gede amat alias kecil? Seperti dikutip dari Jurnal.id, Senin, (29/4/2019), ada nih inspirasi peluang usaha dengan modal kecil buat kamu, pengin tahu apa aja? Yuk, kita simak di bawah ini ya:

Baca juga: Cuma Bermodalkan Rp 5 Juta, Coba 12 Peluang Usaha yang Menjanjikan Tahun Ini

Inspirasi peluang usaha yang menjanjikan di akan datang

Peluang usaha modal kecil
Buka usaha dengan modal kecil dan menguntungkan di akan datang ada lho, (Ilustrasi/Pixabay).

Ketika pengin menambah cuan dalam rekening kita, salah satunya adalah bikin usaha atau bisnis. Namun, peluang usaha apa yang bakal menjanjikan buat kamu dengan cukup mengeluarkan modal kecil?

Sejatinya nih, ketika membuka usaha kamu gak perlu mengeluarkan uang banyak alias “jor-joran”. Segala sesuatunya mesti diperhitungkan nih ketika membuka peluang usaha modal kecil.

a. Buka usaha fesyen dan aksesoris

Nah, poin pertama ini salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan buat masa depan. Usaha ini kamu bakal bersinggungan dengan tren yang tengah digandrungi oleh banyak orang.

Bisnis fesyen dan aksesoris, kamu rasanya gak perlu mengeluarkan modal yang gede-gede amat nih. Buat mendapatkan kualitas produk dengan model yang kekinian kamu harus rajin-rajin buat melihat sosial media, situs berita mode maupun fesyen.

Dengan membuka usaha pakain muslim, seragam sekolah, baju pengantin dan jilbab, salah satu inspirasi peluang usaha yang bisa kamu lakukan.

b. Buka usaha dibidang kecantikan

Dengan membukan usaha dibidang kecantikan juga sangat menjanjikan nih. Mulai membuka salon, tempat cukur rambut hingga peralatan kecantikan juga bisa lho.

Ketika membuka peluang usaha ini emang modalnya bisa dibilang gede-gede amat juga gak. Kamu bisa minimize sebisa mungkin pengeluaran buat modal usaha ini.

c. Jual barang-barang vintage

Yang satu ini emang butuh kejelian tersendiri nih saat memutuskan pengin membuka bisnis jualan barang vintage. Buat memulai bisnis ini kamu emang perlu mengeluarkan modal gak begitu gede-gede banget, tergantung modal awal dan barang apa yang bakal dijual namun dengan untung lumayan.  

Dalam menjalankan bisnis ini kamu mesti memiliki jaringan yang luar biasa lho. Pasalnya, kamu bakal menjual barang-barang ini dari mulut ke mulut dan sosial media sangat penting lho.

d. Buka usaha bikin website

Nah, yang satu ini emang gak perlu banget memerlukan modal besar. Modal yang diperlukan bisa dibilang kecil, keahlian kamu dalam teknologi bakal sangat membantu membantu orang bikin website pribadi maupun perusahaan.

Daya imajinasi dan kreatifitas sangat membantu buat kamu yang pengin bikin usaha pembuatan website pribadi. Bisnis ini salah satu yang menjanjikan nih buat di akan datang.

Baca juga: Biar Cepat Kurus, Coba Menu Diet Keto yang Harganya di Bawah Rp 100 Ribu!

Langkah-langkah menjalankan peluang usaha modal kecil

Peluang usaha modal kecil
Cermati langkah-langkah berikut ini saat memutuskan buka usaha dengan modal kecil, (Ilustrasi/Pixabay).

Ketika kamu memutuskan buat menjadi entreprenuer emang perlu banget nih langkah-langkah memulainya. Jangan tergesah-gesah lantaran modal yang kamu miliki udah cukup.

Kalau kamu terlalu tergesah-gesah khawatir bisnis yang dijalankan oleh mu bakal berantakan. Segala sesuatunya mesti ada perhitungan dan perencanaan yang baik dan sistematis banget.

a. Peka dengan minat serta target pasar

Saat membuka usaha dengan modal kecil, kamu juga mesti tahu apa yang bakal kamu jual. Peka dengan target pasar dan minat merupakan hal yang sangat diperlukan bagi seorang entrepreneur.

Coba tengok pangsa pasar dengan tepat seperti melihat apa yang tengah viral dan menjadi tren. Banyaknya kompetitor bikin kamu mesti berinovasi dan pintar mengambil hati calon konsumen meskipun peluang usaha modal kecil kamu ini banyak saingan.

b. Pilih bisnis yang jarang tapi banyak dicari oleh orang

Ketika menjalankan sebuah usaha dengan modal kecil, kamu mesti memikirkan jenis usaha apa yang jarang namun sangat dicari oleh banyak orang. Dengan begitu, peluang buat berkompetisi sangat kecil sekali nih.

c. Tengok kanan-kiri adanya kompetitor

Nah, ini sangat penting sekali nih bagi kamu yang pengin memiliki usaha modal yang kecil. Salah satunya adalah dengan melihat kompetitor disekeliling kamu.

Dengan melihat adanya kompetitor, hal ini bakal bikin kamu memiliki kuda-kuda ketika menjalankan usaha. Apa yang mesti dilakukan dan inovasi apa yang mesti dijalankan itu bakal tercetus begitu aja ketika kamu memiliki kompetitor. Peluang usaha modal kecil bukan berarti gak bakal menghasilkan banyak cuan, asalkan kamu bisa melihat nih poin ini. 

d. Pelajari perilaku pasar

Hal ini juga sangat penting nih bagi kamu yang pengin menjadi entrepreneur. Lihat perilaku pasar atau konsumen, dijamin bakal membantu kamu dalam menjalankan sebuah usaha.

Jangan sampai apa yang udah kamu jalankan sia-sia karena gak melihat pangsa pasar dan perilaku konsumen di Indonesia saat ini. Misalkan dengan memberikan promo seperti buy 1 get 1 atau diskon, hal seperti ini sangat membantu kelancaran bisnis kamu.

Nah, itu dia inspirasi peluang usaha modal kecil yang bisa kamu jalani beserta langkah-langkahnya. Semoga poin-poin di atas sangat membantu kamu dalam mencari cuan dan mendapatkan untung. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi yang mulai menyukai seputar dunia investasi, ekonomi dan bisnis. Lebih menyukai dan menghargai sebuah proses dalam mencapai sesuatu! Xoxo...