Cuma Berawal dari Hobi, Wanita Ini Jadi Bos dan Punya Belasan Toko di Dua Negara

3 menit
peluang usaha sampingan
Sharon Wong. (Instagram/@swwongsharon)

Peluang usaha sampingan sangat melimpah bagi para karyawan kantoran biasa. Tentunya, ini adalah usaha yang dijalankan di malam hari sepulang bekerja, atau saat libur akhir pekan. Kamu bisa berdagang atau jadi freelancer industri kreatif.

Tapi sayang, masih banyak yang belum bisa menangkap peluang tersebut. Alasannya sih beragam, ada yang gak punya waktu, malas, ada juga yang bingung mau usaha apa. Kalau gaji dari pekerjaan utama sudah memenuhi sih rasa-rasanya gak perlu cari uang tambahan. Yang jadi masalah itu kalau gaji pas-pasan untuk kebutuhan sehari-hari, sampai gak bisa nabung.

Jangan sampai kamu berada di posisi tersebut ya. Seandainya gaji pokokmu kurang untuk memenuhi kebutuhanmu, gak ada salahnya untuk mencari peluang kerja sampingan. Banyak kok kisah mereka-mereka yang justru lebih sukses berkat kerja sampingan ketimbang pekerjaan utama.

Kalau kamu gak percaya, berikut ini kita kasih cerita tentang wanita karier asal Singapura, yang berhasil menangkap peluang usaha sampingan di tengah-tengah pekerjaan utamanya. Kini, bisnis yang bermula hanya untuk cari tambahan uang itu menjelma menjadi bisnis dengan pendapatan super menggiurkan.

Baca juga: Dulu Gelandangan Kini Pengusaha Kaya Raya Beristri Cantik, Simak Kisahnya!

Berawal dari hobi, jadi reseller perlengkapan ibu dan anak ternama

peluang usaha sampingan
Sharon Wong. (Instagram/@swwongsharon)

Kisah sukses kali ini datang dari Sharon Wong, seorang ibu asal Singapura. Sharon Wong merupakan pendiri dari Motherswork, outlet modern yang menjual perlengkapan ibu dan anak.

Sharon mendirikan ini 20 tahun silam, tepatnya pada tahun 1998. Saat itu, wanita lulusan sarjana bisnis ini tengah hamil dan bekerja sebagai pegawai kantoran. Sama seperti calon ibu yang lainnya, ia merencanakan untuk membelikan peralatan buat calon buah hati. Tapi, mencari perabotan untuk ibu dan anak di Singapura pada tahun segitu masih sangat langka dan jarang.

Beruntung, di kantor tempatnya bekerja ia mendapatkan kiriman dari klien kantornya sebuah peralatan bayi. Supplier yang juga klien itu kemudian memberikan penawaran kepadanya kalau membeli 4 barang, ia bisa jadi reseller.

Sharon jadi ketagihan dan hobi membeli barang-barang untuk ibu dan anak. Tapi hobinya itu menuai protes dari sang suami. Alasannya, sudah banyak barang sejenis yang mangkrak di rumah. Saran yang pertama kali terucap dari sang suami, “kenapa tidak membuka toko saja?” seperti dikutip dari Strait Times. Kala itulah, mereka melihat peluang usaha sampingan yang punya potensi bagus. Akhirnya mereka mendirikan outlet Motherswork yang menjajakan perlengkapan bayi untuk usia 0 bulan hingga 5 tahun.

Baca juga: Lebih Kaya dari Hary Tanoe, Ini Fakta Donald Sihombing yang Punya Kekayaan Rp 19 T

Ekspansi ke China, buka tujuh outlet

peluang usaha sampingan
Sharon Wong. (Instagram/@swwongsharon)

Usaha ini berkembang pesat. Lima tahun yang lalu mereka mulai memikirkan untuk ekspansi. Sharon membidik pasar-pasar di negara lainnya, seperti Indonesia, Malaysia, dan China. Melalui pertimbangan yang matang, Motherswork memutuskan untuk membuka cabang di Beijing, China.

Bukan hal mudah bagi Sharon untuk membuka bisnis di Beijing. Persyaratan dan regulasi yang ketat membuatnya harus bekerja lebih keras selama 12 bulan pertama. Semua persyaratan dia urus sendirian bersama suami tanpa menggunakan calo.

Selain regulasi, budaya belanja yang berbeda dengan Singapura juga menjadi kendala. Tapi keuntungannya membuka bisnis di China, harga sewa tempat yang lebih murah ketimbang Singapura. Keuntungan yang lainnya, jumlah angka kelahiran bayi di China jauh lebih banyak. Maka, Sharon gak akan takut untuk kehilangan pangsa pasar. Pada tahun 2017, dikutip dari asiaone, total bayi yang lahir di China sebanyak 17,2 juta.

Tak diduga-duga, dalam jangka waktu lima tahun, Motherswork sudah memiliki 7 outlet. Gak cuman di Beijing, tapi juga di Shanghai, Chengdu, dan Hangzhou. Pasar China lebih pesat dari pada di Singapura yang hanya memiliki 4 outlet

Apakah kamu terinspirasi oleh kisah ini dan pengin mengikuti jejak Sharon? Bisa dimulai dengan jeli melihat peluang usaha sampingan yang ada di sekitar kamu. Gak usah cari usaha yang muluk-muluk, yang penting sederhana dan bisa kamu lakukan tanpa mengganggu rutinitas pekerjaan utamamu. Siapa tahu kan nantinya bisa jadi besar dan diseriusin jadi sumber pemasukan utama? (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan