Buka Warkop Hingga Odong-Odong, 6 Pemain Bola Indonesia Ini Raup Uang dari Bisnis Sampingan!

4 menit
pemain bola indonesia
Kim Kurniawan. (Instagram/@kimkurniawan)

Gak sedikit pemain bola Indonesia yang tak hanya mengandalkan insting mereka saat berada di lapangan hijau, tapi juga dalam membaca peruntungan bisnis agar dapur tetap ngebul.

Pasalnya, pendapatan dari sepakbola tak selamanya bisa mereka peroleh, mengingat jangka waktu pemain sepak bola profesional hanya berkisar sampai usia 30 hingga 40 tahun saja.

Gak cuma itu aja, seorang pesepakbola juga bisa mendadak terhenti kariernya karena banyak faktor. Salah satunya adalah cedera.

Karena itulah, para pesepak bola harus memutar otak untuk mendapatkan pendapatan lain di luar sepak bola. Makanya gak heran kalau banyak sekali para pemain bola yang mulai terjun ke dunia bisnis untuk berjaga-jaga jika sudah tak eksis lagi berkarier.

Jadi pemain sepak bola profesional memang cukup menjanjikan lho. Jadi, dibanding uangnya dihambur-hamburkan percuma, alangkah baiknya jika dialokasikan ke bisnis biar kekayaannya semakin beranak pinak.

Lalu, siapa saja pemain bola Indonesia yang memiliki bisnis sampingan untuk mengamankan kekayaannya dan bisa hidup nyaman di masa tua?

Berikut enam diantaranya seperti yang dirangkum dari beberapa sumber. Intip langsung di bawah ini.

Baca juga: Digaji Miliaran, Ternyata Ini Tunggangan 6 Pesepak Bola Mahal Indonesia

1. Bambang Pamungkas

pemain bola indonesia
Bambang Pamungkas. (Instagram/@bepe20)

Siapa sih yang gak kenal dengan penyerang klub sepak bola Persija Jakarta, Bambang Pamungkas. Ya, keahliannya mengolah si kulit bundar membuat kariernya terus berkembang pesat.

Pesepakbola berusia 39 tahun ini bahkan pernah menjadi satu-satunya pencetak gol untuk Indonesia di Piala Tiger 2002 sekaligus merupakan pencetak gol terbanyak.

Hal itulah yang membuat Bepe, demikian ia disapa, mendirikan bisnis di bidang media yaitu sebuah portal berita olahraga yang bernama SportSatu sejak tahun 2013 lalu. Mendirikan dan menjalankan media ini, Bepe menggandeng presenter dan aktor ternama Darius Sinathrya.

Baca juga: Deretan Harta Andik Vermansyah, Pesepak Bola Termahal Indonesia

2. Atep

pemain bola indonesia
Atep. (Instagram/@4tep)

Atep Rizal atau yang lebih dikenal dengan Atep merupakan pemain unik yang pernah membela dua klub musuh bebuyutan yaitu Persija Jakarta dan Persib Bandung. Meski begitu, gelandang yang satu ini tak mau ambil pusing dan bekerja secara profesional.

Pemain bola Indonesia berusia 34 tahun memang sangat mencintai dunia sepak bola. Salah satunya dibuktikan dengan mendirikan sekolah sepak bola untuk usaha sampingannya.

Atep membuka sekolah sepak bola bernama A7 sejak tahun 2007. Sekolah ini juga bertujuan untuk menemukan talenta-talenta baru di dunia persepakbolaan Indonesia.

Baca juga: Pemuda Asal Borneo Ini Jadi Pesepakbola Terkaya, Hartanya Mencapai Rp 284 Triliun

3. Kim Kurniawan

pemain bola indonesia
Kim Kurniawan. (Instagram/@kimkurniawan)

Pemain bola Indonesia Kim Jeffrey Kurniawan alias Kim Kurniawan memang dikenal dengan gayanya yang super fashionable.

Karakter itulah yang membuat adik ipar Irfan Bachdim ini membuka usaha sampingan dengan mengeluarkan lini bisnis fashion. Salah satunya adalah Donna & Uomo. Kim bahkan sering menjadi model untuk memasarkan produk jualannya.

Selain itu, gelandang Persib Bandung ini juga diketahui memiliki bisnis restoran di Kota Malang yaitu Treasure Chicken.

Pendapatannya pun semakin mengalami peningkatan, terlebih Kota Bandung dikenal sebagai pusat fashion di Indonesia.

4. Hariono

pemain bola indonesia
Hariono. (Instagram/@gondronghariono)

Gelang bertahan Persib Bandung, Hariono memang memiliki karier yang moncer di lapangan hijau bersama tim Persib. Hariono bahkan pernah tercatat sebagai tulang punggung tim nasional Indonesia di lini tengah.

Tak ingin menghambur-hamburkan uang begitu saja, pemain bola Indonesia berusia 33 tahun ini pun memutuskan untk memulai bisnis apparel yang diberi nama H24.

Produk tersebut menjual kaos hingga casing handphone. Barang jualannya pun sudah dipromosikan melalui media sosial sejak tahun 2015 lalu.

5. Hamka Hamzah

pemain bola indonesia
Hamka Hamzah. (Instagram/@hamka23hamzah)

Hamka Hamzah yang tak lain adalah bek dari klub sepakbola Sriwijaya FC ini juga terjun ke dunia bisnis yaitu dengan membuka warung kopi di Kota Malang.

Bukan sebuah restoran mewah, pesepakbola berusia 35 tahun ini justru membuka warung kopi di Kota Malang dan Makassar yang bernama Warkop 23.

6. Pemain bola Indonesia, Galih Sudaryono

pemain bola indonesia
Galih Sudaryono. (Facebook/Galih Sudaryono)

Mantan penjaga gawang Persija Jakarta, Galih Sudaryono tak hanya lihai di lapangan hijau, tapi juga dalam berbisnis.

Pemain bola Indonesia berusia 32 tahun ini diketahui telah merintis sejumlah bisnis. Awalnya, ia bisnis jual beli burung. Kemudian ia merambah bisnis sebagai penyewaan odong-odong.

Keuntungan yang ia peroleh dari odong-odong itu lantas dijadikan modal untuk membuka bisnis pakaian muslim. Memanfaatkan teknologi yang kian canggih, Galih memasarkan produknya lewat media sosial.

Nah, itu dia enam pemain bola Indonesia yang diketahui memiliki bisnis sampingan yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk menyiapkan masa depan. Tertarik meniru salah satu bisnis pesepakbola di atas? (Editor: Ruben Setiawan)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.