Ada yang Nilai Kontraknya Sampai Rp 7 M! Ini 10 Pesepakbola Indonesia Termahal

4 menit
pemain bola indonesia
Stefano Lilipaly. (Instagram/@stefanolilipaly)

Kepiawaian pemain bola Indonesia di Liga 1 banyak yang menyita perhatian. Meski harus bersaing di tengah gempuran pemain-pemain asing yang mencoba peruntungan di Indonesia, mereka juga bisa bermain dengan apik. 

Gak heran kalau klub-klub besar di Liga 1 rela membayar para pemain yang akan kita bahas berikut ini dengan mahal. Bahkan, ada yang memiliki kontrak dengan nilai mencapai Rp 7 miliaran! 

Kira-kira, siapa saja sih pemain bola Indonesia termahal yang berlaga di Liga 1? Berikut ini ulasannya seperti dikutip dari Transfermarkt

Baca juga: Sempat Jadi Pemain Bola Favorit hingga Pacar Nikita Willy, Ini Perjalanan Hidup Diego Michiels

1. Stefano Lilipaly (Bali United)

pemain bola indonesia
Stefano Lilipaly. (Instagram/@stefanolilipaly)

Pemain bola Indonesia termahal yang berlaga di Liga 1 Shopee adalah Stefano Lilipaly. Lilipaly yang kini membela Bali United merupakan pemain naturalisasi dari Belanda. Pada tahun 2016, pelatih Indonesia saat itu Alfred Riedl memanggilnya untuk ikut membela Timnas Indonesia di Piala AFF. Padahal sebelumnya, di tahun 2005 dan 2007, ia membela Timnas Belanda U-16 dan U-17. 

Menurut Transfermarkt, Bali United kudu membayar kontrak sebesar Rp 7,1 miliaran untuk memboyongnya masuk skuat mereka.

Baca juga: Buka Warkop Hingga Odong-Odong, 6 Pemain Bola Indonesia Ini Raup Uang dari Bisnis Sampingan!

2. Riko Simanjuntak (Persija Jakarta) 

pemain bola indonesia
Riko Simanjuntak. (Instagram/@riko.smnjuntak)

Di posisi ke-2 ada gelandang Persija Jakarta Riko Simanjuntak. Sebelum di Persija, sejumlah klub-klub besar pernah dibelanya, seperti Persigres Gresik, dan Semen Padang. 

Tahun 2017 silam, saat masih bersama Semen Padang, banyak klub-klub yang tertarik untuk memboyongnya, mulai dari Bhayangkara FC yang kala itu menjadi juara Liga I hingga Persija Jakarta. Rico akhirnya menjatuhkan pilihan ke Persija, dengan nilai kontrak sebesar Rp 5,1 miliaran. 

Baca juga: Udah Tahu Belum, 5 Merek Bisnis Ini Ternyata Punya Pemain Bola Beken Lho

3. Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta)

pemain bola indonesia
Andritany Ardhiyasa. (Instagram/@andritany)

Kiper sekaligus kapten Persija Jakarta ini menjadi pemain bola Indonesia termahal ketiga. Nilai kontraknya bersama Macan Kemayoran sebesar 300 ribu Euro atau Rp 4,7 miliaran. 

4. Rizky Pora (Barito Putera) 

pemain bola indonesia
Rizky Pora. (Instagram/@riskypora26)

Rizky Pora sudah sejak 2013 bersama dengan Barito Putera. Dengan kepiawaiannya dalam mengolah bola, ia pun dipercaya untuk mengemban ban kapten. Melihat talenta asal Ternate itu, Timnas Indonesia memanggilnya untuk berlaga di Piala AFF 2016. Berkat penampilan apiknya itu ia bahkan mendapatkan penghargaan langsung dari AFF bersama dengan pemain lainnya seperti Kurnia Meiga, Stefano Lilipaly, dan Boaz Solossa. 

Kini, nilai kontrak Rizky sama dengan Andritany yakni mencapai 300 ribu Euro atau Rp 4,7 miliaran.

5. Ilija Spasojevic (Bali United)

pemain bola indonesia
Ilija Spasojevic. (Instagram/@spaso_87)

Ilija Spasojevic merupakan pemain asal Montenegro yang kini telah dinaturalisasi sebagai WNI. Gaya permainannya yang cepat dan kuat dalam berduel memperebutkan bola disebut-sebut menyerupai pola permainan pemain Inggris. Oleh karena itu ia pantas untuk masuk ke jajaran pemain bola Indonesia termahal. 

Nilai kontraknya bersama Bali United sebesar 300 ribu Euro atau Rp 4,7 miliaran. 

6. Boaz Solossa (Persipura Jayapura)

pemain bola indonesia
Boaz Solossa. (Instagram/@boazsolossa)

Pemain senior Indonesia sekaligus penggawa Persipura Jayapura menempati urutan ke-6. Nilai kontrak yang dimilikinya sebesar 300 ribu Euro atau Rp 4,7 miliaran. 

7. Hansamu Yama Pranata (Persebaya Surabaya) 

pemain bola indonesia
Hansamu Yama. (Instagram/@hannsamuyama)

Pemuda asal Mojokerto ini memiliki kepiawaian yang lebih dalam mengolah si kulit bundar. Selain itu, kepemimpinannya di lapangan hijau pun tak perlu diragukan lagi, buktinya ia telah ditunjuk sebagai kapten U-22 Timnas Indonesia. 

Membela Persebaya Surabaya, pemain kelahiran tahun 2015 mendapatkan nilai kontrak sebesar 275 ribu Euro atau Rp 4,3 miliaran. 

8. Dandi Maulana (Barito Putera)

pemain bola indonesia
Dandi Maulana. (Instagram/@dandimaulana5)

Dandi Maulana masih berumur 20 tahun, tapi ia masuk ke dalam 10 besar pemain bola Indonesia yang memiliki gaji termahal. Bermain untuk Barito Putera, Dandi mendapatkan nilai kontrak sebesar 250 ribu Euro atau Rp 3,9 miliaran. 

9. Irfan Jaya (Persebaya) 

pemain bola indonesia
Irfan Jaya. (Instagram/@irafanjayaij41)

Sama dengan Dandi, umur Irfan juga terbilang masih sangat muda, yaitu 23 tahun. Tapi, ia sudah mendapatkan nilai kontrak yang fantastis yaitu 250 ribu Euro atau Rp 3,9 miliaran. Irfan dinilai apik dalam membela klub PSM Makassar pada tahun 2017. Kepiawaiannya itu menarik minat Persebaya untuk memboyongnya, dan Irfan sepakat untuk hijrah ke Surabaya. 

10. Paulo Sitanggang (Barito Putera) 

pemain bola indonesia
Paulo Sitanggang. (Instagram/@psbaritoputeraofficial)

Satu lagi pemain Barito Putera yang masuk list ini ialah Paulo Sitanggang. Gelandang yang juga memperkuat Timnas Indonesia ini mendapatkan nilai kontrak sebesar 250 ribu Euro atau setara dengan Rp 3,9 miliaran. 

Itu tadi 10 pemain bola Indonesia termahal di Liga 1. Tapi, besaran nilai itu masih belum ada apa-apanya bila dibandingkan dengan pemain asing yang berlaga di sini. Sebut saja seperti Brwa Nouri pemain asal Irak yang membela Bali United itu memiliki nilai kontrak 650 ribu Euro atau Rp 10,2 miliaran. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.