Pesepakbola Dijual Mahal Tapi Dibeli dengan Harga Murah, Ada yang Rp 15 Ribu!

4 menit
Pesepakbola Dijual Mahal Tapi Dibeli dengan Harga Murah, Ada yang Rp 15 Ribu!, (Instagram/@frenkiedejong).

Pemain bola merupakan salah satu profesi yang mendatangkan banyak harta. Gak cuma untuk pemain itu sendiri, melainkan pemilik klub yang mempekerjakan mereka. 

Klub bisa menikmati beragam keuntungan dari para pesepakbola apabila mereka bermain apik. Bisa juga mendapatkan keuntungan yang menggiurkan dengan cara bisnis jual beli pemainnya.

Lebih tepat kalau kita menyebutnya transfer pemain, ini merupakan kegiatan yang umum dilakukan oleh klub-klub sepakbola termasuk di Indonesia. Tujuan utamanya adalah untuk mencari pemain dengan performa terbaik demi memajukan klub. Sementara pemain yang memiliki peforma buruk bisa saja dijual.

Tapi selain itu, transfer juga bertujuan buat meraup keuntungan yang lebih. Misalnya pemain yang tengah memiliki performa apik selama beberapa musim mampu dijual dengan harga sangat mahal, pokoknya di atas harga belinya deh.

Nah, berikut ini, kita mau menjabarkan beberapa pesepakbola yang dibeli dengan harga murah, tapi sukses dijual mahal! 

Baca juga: Ada yang Berhonor Rp 500 Juta Sekali Manggung, Ini 5 Penyanyi Indonesia Bayaran Termahal

1. Raheem Sterling 

pemain bola
Raheem Sterling salah satu pesepakbola yang dibeli mahal tapi saat dijual mahal banget, (Instagram/@sterling7).

Pesepakbola asal Inggris ini ternyata dulu memiliki harga yang sangat murah di industri sepakbola. Pemain berusia 24 tahun ini mengawali karier profesionalnya di klub Liverpool tepatnya di musim 2011/2012. 

Sterling dibeli Liverpool dari Akademi Queens Parks Rangers seharga 600 ribu poundsterling atau Rp 10,5 miliaran. Ia bermain sebanyak 95 penampilan dan berhasil menyumbang 18 gol untuk The Reds di Premier Liga. 

Tahun 2015 Manchester City tertarik untuk meminangnya, dan Liverpool pun menyetujui dengan kesepakatan harga 49 juta poundsterling atau Rp 864 miliaran. Artinya, Liverpool mendapatkan keuntungan sebesar Rp 850 miliaran! 

Baca juga: Sempat Jadi Pemain Bola Favorit hingga Pacar Nikita Willy, Ini Perjalanan Hidup Diego Michiels

2. Zinadine Zidane 

pemain bola
Zinadine Zidane salah satu pesepakbola yang sempat mengalami hal yang sama, (Instagram/@zidane).

Jauh sebelum Sterling, pemain bola legendaris dibeli dengan harga murah, tapi berhasil dijual sangat mahal, ialah Zinadine Zidane. 

Juventus klub yang beruntung karena berhasil memboyongnya pada tahun 1996 dengan harga murah dari Bordeaux sebesar 3,5 juta Euro atau Rp 55,5 miliaran. Zizou pun berhasil menunjukkan performa yang apik dengan sejumlah prestasi cemerlang khususnya di kancah internasional. Dua trofi bergengsi berhasil ia raih di antaranya juara Piala Dunia 1998 dan Euro 2000.

Berkat prestasinya itu, banyak klub yang berminat meminangnya, salah satunya adalah Real Madrid. Kesepakatan transfer antar kedua klub itu akhirnya tercapai di tahun 2001 dengan nilai transfer 75 juta Euro atau Rp 1,1 triliun! Memecahkan rekor transfer tertinggi pada masa itu. 

Baca juga: Buka Warkop Hingga Odong-Odong, 6 Pemain Bola Indonesia Ini Raup Uang dari Bisnis Sampingan!

3. Gareth Bale 

pemain bola
Gareth Bale salah satu pesepakbola yang pernah dibeli murah tapi saat dijual mahal banget, (Instagram/@garethbale11).

Sebelum di Real Madrid, Bale merupakan penyerang andalan di Tottenham Hotspurs. Dikutip dari Liputan6, Bale dibeli Spurs dari Southampton dengan harga 5 juta poundsterling atau Rp 88 miliaran pada tahun 2007. Selama 2007 sampai 2013 ia berhasil mencetak 55 gol. 

Melihat performanya yang cemerlang, Real Madrid akhirnya membelinya di tahun 2013 dengan harga yang sangat fantastis, Rp 86 juta poundsterling atau Rp 1,5 triliun. Dengan nilai transfer itu, ia bahkan memecahkan rekor sebagai pemain termahal selama tiga tahun berturut-turut. 

4. Ousmane Dembele 

pemain bola
Salah satu pesepakbola yang mengalami hal yang sama, (Instagram/@odembelefr).

Nama Dembele mulai bersinar usai Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018 silam. Tapi sebelumnya, ia sudah lebih dulu dikenal sebagai pemain andalan Borussia Dortmund sejak tahun 2016. Dortmund membelinya dari Rennes seharga 15 juta Euro atau Rp 264 miliaran. 

Lalu di tahun 2017 ia dibeli oleh raksasa klub Barcelona dengan harga 105 juta Euro atau Rp 1,6 triliunan. 

5. Frenkie De Jong 

pemain bola
Frenkie De Jong pernah dibeli dengan harga cuma Rp 15 ribu tapi saat dijual harganya mahal banget, (Instagram/@frenkiedejong).

Dan nilai transfer yang paling menguntungkan bagi klub adalah kesepakatan transfer Frenkie De Jong. De Jong didatangkan dari klub Belanda Willem II ke Ajax Amsterdam cuma seharga 1 Euro atau Rp 15 ribuan pada tahun 2015. 

Tapi tahun 2019 ini, Ajax berhasil menjual pemain berusia 22 tahun itu ke Barcelona. Harganya sangat fantastis yaitu 75 juta Euro atau Rp 1,1 triliunan! Bayangkan tuh, berapa keuntungan yang didapatkan oleh Ajax. 

Itu dia lima pemain bola yang dibeli murah, tapi dijual mahal. Perubahan harga itu wajar terjadi, karena harga pemain tergantung dari performanya. Bisa saja saat dibeli dulu performanya biasa-biasa aja, tapi kemudian memberikan kontribusi positif untuk klub. Jadi wajar kalau dikasih harga tinggi bagi klub yang ingin meminangnya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.