Pemilik Chelsea Roman Abramovich Jadi Orang Paling Kaya di Israel

1 menit
Roman Abramovich, Pemilik Chelsea (Shutterstock)
Roman Abramovich, Pemilik Chelsea (Shutterstock)

Roman Abramovich yang merupakan bos klub sepak bola asal Inggris Chelsea menjadi orang paling kaya di Israel. Abramovich yang telah menjadi warga negara Israel pada tahun lalu langsung bertengger menjadi miliarder pertama di sana.

Ia juga merupakan pemilik dari perusahaan investasi Millhouse Capital. Pria kelahiran Saratov pada 24 Oktober 1966 itu tercatat memiliki kekayaan sebesar US$ 13,2 miliar atau setara dengan Rp 188,6 triliun.

Pada tahun 2015, sang miliarder itu membeli hotel mewah Varsano dengan harga sekitar US$ 2,8 juta atau dalam bentuk rupiah senilai Rp 39,7 miliar. Hotel di Tel Aviv itu kemudian tutup permanen dan dijadikan tempat tinggal oleh Abramovich.

Kaya Dari Tambang

Selain itu, kekayaan Abramovich berasal dari saham perusahaan tambang, seperti Evraz dan Norilsk Nickel. Bukan hanya menyandang status sebagai orang terkaya di Israel, Abramovich juga tercatat sebagai miliarder ke-10 di Rusia versi Majalah Forbes.

Sebelumnya, Abramovich merupakan salah satu orang paling kaya di Rusia. Keputusannya untuk pindah kewarnegaraan ke Israel sempat menjadi perbincangan ramai. Namun ternyata keputusannya tersebut membuat dirinnya menjadi orang paling terkenal disana.

Chelsea sendiri sedekade terakhir telah menjelma sebagai klub sepak bola paling kaya di dunia. Semenjak beralih kepemimpinan ditangannya, kini Chelsea telah menjadi salah satu klub paling disegani dari sisi keuangan dan prestasi.

 

 

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati