Ada yang Kuasai Semua Tanah! Ini 9 Kepala Negara dengan Lahan Terluas

4 menit
pemimpin negara
Raja Abdullah II dari Yordania. (Shutterstock)

Selain menjadi pemimpin negara, sembilan orang di bawah ini juga menguasai lahan yang luar biasa luas. Penghasilan pasif mereka tentunya luar biasa besar, dan gak bakalan habis sampai tujuh turunan.

Situs Celebrity Net Worth telah menghimpun nama-nama kepala negara yang disinyalir memiliki banyak aset properti. Ukuran lahannya juga luar biasa luas.

Ingin tahu siapa saja mereka? Yuk simak ulasannya.

Baca juga: Kabarnya Raja Arab Kalah Kaya dengan Raja Thailand, Begini Faktanya

1. Raja Lestie III

pemimpin negara
Letsie III. (Wikimedia Commons)

Pernah dengar namanya? Dia adalah pemimpin negara Lesotho. Negara apa itu ya? 

Kerajaan Lesotho merupakan sebuah negara yang letaknya dikelilingi oleh wilayah Afrika Selatan. Bisa dibilang negara ini kerap disebut sebagai negara “terkurung.” Ukurannya juga cuma 30 ribu km persegi dan populasinya cuma dua jutaan jiwa. Sebagian besar penduduknya miskin.

Nah Raja Lestie III ini menguasai hampir seluruh lahan di negaranya, maklum aja dia adalah seorang raja. Di lahan tersebut terdapat sebuah tambang berlian!

Baca juga: Pesta Pernikahan Ratusan Miliar hingga Punya Ribuan Mobil, Ini 7 Wanita Muslimah Terkaya di Dunia

2. Raja Jigme Khesar Namgyel Wangchuck

pemimpin negara
Jigme Khesar. (Wikimedia Commons)

Aduh, namanya susah banget dan memang kurang familiar di telinga. Pria kelahiran 1980 silam ini adalah Druk Gyalpo Bhutan. Druk Gyalpo itu artinya kepala negara, yang pastinya adalah raja.

Pria lulusan Amerika Serikat ini naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 2008. Dia adalah putra pertama dari Naga Raja dan istri ketiganya, Ratu Tshering Yangdon.

Konon kabarnya, Raja Jigme menguasai seluruh lahan di negaranya yang seluas 38.849 km persegi. 

Baca juga: Keren! Putri Kerajaan Ini Pilih Hidup Sederhana Meski Berdarah Biru

3. Raja Abdullah II dari Yordania

pemimpin negara
Raja Abdullah. (Wikimedia Commons)

Walaupun negaranya adalah negara Arab, Raja Abdullah II justru punya wajah bule. Wajar saja, ibunya, Putri Muna (Antoinette Avril Gardiner) adalah seorang warga Inggris.

Asal kamu tahu, saat muda Raja Abdullah pernah tampil di film Star Trek lho. 

Bicara soal kepemilikan lahan, dia juga menguasai seluruh lahan di negaranya sendiri yang merupakan anggota WTO. Luas wilayah Yordania diperkirakan mencapai 89,342 km persegi. 

4. Raja Gyanendra 

pemimpin negara
Raja Gyanendra. (Wikimedia Commons)

Di tahun 2008, sistem pemerintahan monarki absolut di Nepal resmi dihapuskan. Pemimpin negara mereka kini adalah seorang politisi.

Akan tetapi, keluarga kerajaan Nepal dikabarkan masih memegang penuh kekuasaan atas semua lahan di negara tersebut, yang luasnya 147.818 km persegi. Itu termasuk Pegunungan Everest di dalamnya lho!

Gyanendra dulunya memiliki titel raja, namun saat ini dia gak punya kekuasaan atas pemerintahan sosialis di Nepal.

5. Sultan Qaboos dari Oman

pemimpin negara
Sultan Qaboos. (Wikimedia Commons)

Sultan Qaboos bin Said al Said mulai naik ke tampuk kekuasaan tahun 1970, usai mengkudeta ayahnya sendiri Said bin Taimur.

Sebagai raja di negara Arab tersebut, Sultan Qaboos bukan hanya pemimpin negara. Dia juga merupakan pimpinan militer.

Seluruh wilayah Oman yang seluas 309.500 km persegi dia kuasai. 

6. Raja Maha Vajiralongkorn

pemimpin negara
Raja Vajiralongkorn. (Wikimedia Commons)

Dengan kekayaan yang melebihi Rp 400 triliun, Raja Maha Vajiralongkorn telah dinobatkan sebagai raja terkaya di dunia. Akan tetapi, apakah dia juga menguasai lahan terluas di antara raja dan ratu lainnya? Ternyata tidak.

Putra mendiang Raja Bhumibol ini dikabarkan menguasai seluruh wilayah Thailand yang seluas 513.120 km persegi. Selain itu, dia juga punya banyak saham di perusahaan-perusahaan pelat merah Thailand lho.

7. Raja Mohammed VI dari Maroko

pemimpin negara
Raja Mohammed VI. (Wikimedia Commons)

Raja Maroko juga menguasai seluruh wilayah di negaranya yang mencapai 710.850 km persegi. Sebagai pemimpin negara, Raja Mohammed VI naik tahta di tahun 1999.

Maroko sendiri merupakan Negara Arab yang cukup sehat dalam urusan ekonomi. Sebagai kepala negara, Raja Mohammed VI kerap melakukan sejumlah reformasi yang berkaitan dengan masalah politik dan HAM.

Gak jarang dia disebut sebagai salah satu pimpinan yang demokratis, walau menyandang status sebagai raja.

8. Raja Salman

pemimpin negara
Raja Salman. (Wikimedia Commons)

Siapa yang gak kenal Raja dari Arab Saudi ini? Sebagai pemimpin negara, Raja Salman menguasai seluruh wilayah di negaranya yang kaya akan minyak. Luasnya mencapai 2,1 km persegi.

Bicara soal total aset, gak sedikit media yang menyebut bahwa aset Raja Salman mencapai Rp 200 triliunan. Tapi tentunya, jika seluruh lahan Arab Saudi dikuasai ya pasti lebih dari segitu dong.

9. Ratu Elizabeth II

pemimpin negara
Ratu Elizabeth II. (Wikimedia Commons)

Nah ini dia yang tanahnya paling luas. Sebagai pemimpin negara saja, Ratu Elizabeth II menerima gaji kurang lebih Rp 1,4 triliun. 

Belum lagi, Istana Buckingham yang ditempati pemimpin Britania Raya ini, menyandang gelar rumah termahal di dunia. Wajar saja, valuasinya di atas Rp 20 triliun. 

Lahan yang dikuasai Ratu Elizabeth tentu bukan cuma Inggris. Dia juga merupakan ratu di Australia, Irlandia, Irlandia Utara, Kanada, Falkland, dan lainnya.

Kabarnya, total lahan yang dikuasai oleh Ratu Elizabeth mencapai 267 juta km persegi! Ini baru penguasa yang sebenarnya.

Itulah sembilan orang pemimpin negara yang menguasai lahan yang sangat luas. Intinya, kalau udah raja, ratu, atau sultan mah bebas! (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.