5 Lokasi Rumah Rp 500 Juta Paling Dicari di Bodetabek

2 menit
Konsumen Incar Rumah Harga Rp 500 Juta (Shutterstock)
Konsumen Incar Rumah Harga Rp 500 Juta (Shutterstock)

Pergerakan pasar properti, utamanya rumah harga Rp 500 juta usai Lebaran melaju positif. Hal tersebut dapat terlihat dari minat mencari informasi tentang rumah dijual di portal properti Lamudi.co.id.

Berdasarkan data Lamudi.co.id, tren pencarian rumah meningkat 120 persen usai Lebaran. Rata-rata mereka tertarik untuk mencari informasi tentang rumah di kawasan Bodetabek dengan harga di bawah Rp 500 juta.

Secara keseluruhan pencarian rumah di bulan Mei ketika Ramadan sebenarnya meningkat jika dibandingkan bulan April. Peningkatannya sebesar 8,07 persen.

Namun, tren tersebut menurun pada tanggal 21 Mei hingga H-1 Idul Fitri dan akhirnya kembali meningkat usai Lebaran.

Yoga Priyautama, Commercial Director Lamudi.co.id mengatakan, tren pencarian ini memang lumrah terjadi setiap tahunnya. Dimana di awal Ramadan pencarian meningkat kemudian turun menjelang Lebaran dan kembali naik usai Idul Fitri.

“Kedepannya diperkirakan, tren pencarian rumah akan semakin membaik hingga akhir tahun 2019,” kata Yoga.

Keyakinan tersebut tentunya bukan tanpa sebab. Salah satu faktor pemicunya adalah kepastian hukum setelah penetapan presiden dan wakil presiden hasil Pemilu April lalu.

Ditambah lagi, persoalan politik yang ada terkait hasil pemilu presiden akan diselesaikan secara konstitusional di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Bisnis properti sangat rentan terhadap kondisi politik. Terutama untuk segmen atas yang banyak didominasi oleh investor. Mereka akan cenderung wait and see ketika melihat tidak stabilnya ekonomi dan keamanan,” katanya.

Lima Lokasi Favorit

Situs real estate Lamudi memaparkan data mengenai jumlah minat pencari rumah melalui google. Penentuan angka ini didapatkan berdasarkan data historical pencarian dari google.

1. Bintaro

Berdasarkan data, ternyata area Bintaro, Jakarta Selatan menjadi tempat favorit yang dicari calon pembeli rumah. Rata-rata setiap bulannya ada sekitar 7.200 orang yang berencana untuk membeli rumah di sana.

Harga rata-rata rumah di sana mencapai Rp 18 juta per meter persegi.

2. Cibubur

Diurutan kedua ada Cibubur, Jakarta Timur. Rata-rata setiap bulan ada 4.200 orang yang berminat untuk membeli rumah di sana. Sementara harga rumah yang mulai dari Rp 12 juta per meter persegi.

3. Pondok Kelapa

Diurutan ketiga ada kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, setiap bulannya ada sekitar 4.100 orang yang mencari informasi tentang rumah dijual di sana.

Untuk harga rumahnya sendiri, rata-rata harga rumah yang dijual adalah Rp 11 juta per meter persegi.

4. Kelapa Gading

Kemudian diurutan keempat ada Kelapa Gading, Jakarta Utara, rata-rata setiap bulannya ada 3600 orang yang mencari tahu tentang informasi rumah dijual di sana.

Sementara untuk rata-rata harga jual rumah di Kelapa Gading mencapai Rp 21 juta per meter persegi.

5. Sunter

Diurutan kelima ada Sunter, Jakarta Utara, jumlah pencari rumah di sana mencapai 3.350 orang, untuk harga jual rumahnya sendiri rata-rata mencapai Rp 17 juta per meter persegi.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

 

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.