Pakai Gaun Tuksedo! Billy Porter Dobrak Kode Berpakaian Oscar 2019

3 menit
Penampilan Billy Porter di Oscar 2019 (Harpersbazaar.com)
Penampilan Billy Porter di Oscar 2019 (Harpersbazaar.com)

Ajang Piala Oscar 2019 atau Academy Awards 2019 yang digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu 24 Februari malam waktu setempat, telah berakhir. Selain penghargaan yang diraih, penampilan selebriti dunia di ajang itu turut jadi sorotan.

Salah satunya, penampilan aktor yang juga penyanyi Billy Porter di Red Carpet Oscar 2019 dalam balutan kostum kombinasi tuxedo dan gaun hitam, masih terus jadi pembahasan.

Meski tidak mendapat nominasi apapun pada piala Oscar tahun ini, penampilan Billy dalam balutan hybrid tuxedo rancangan desainer asal Amerika yang dikenal merangkul inklusivitas gender dalam desainnya, Christian Siriano terus dibahas.

Dalam balutan jas tuksedo hitam bahan beludru lengkap dengan kerah sutra dan lengan kerut putih pada bagian atas, dan sebuah gaun velvet strapless dibuat rok mengembang lebar yang menyapu lantai, penampilan itu membuatnya jadi pusat perhatian.

Memainkan perpaduan unsur maskulinitas dan feminitas, tampilan tersebut mendobrak tradisi busana Hollywood yang kaku. Bahkan, menabrak aturan berbusana yang benar dalam Oscar. Padahal, dia didapuk menjadi host dalam ajang bergengsi tersebut.

Billy Porter host di ajang Oscars (harpersbazaar)
Billy Porter host di ajang Oscars (harpersbazaar)

Seperti apa penampilan Billy dalam balutan hybrid tuxedo yang dikenakannya di Oscar 2019 dan alasan dia melakukannya? Berikut, MoneySmart rangkum dari HarpersBazaar:

Bentuk ekspresi diri

Billy Porter (harpersbazaar.com)
Billy Porter (harpersbazaar.com)

Meski kemungkinan besar banyak beberapa orang yang tak nyaman dengan kostum yang dipakainya, Porter mengungkapkan, itu bukan urusannya.

Pria berkulit hitam tersebut, seperti yang dilansir Vogue, mengakui pemilihan kostum itu sangatlah personal. Dia mengatakan, kostum itu menjadi alat untuk mengekspresikan diri.

“Aku selalu menyukai fashion, ibu dan nenekku selalu tampil stylish. Aku hidup di tengah-tengah fashion, tapi ada batasan fashion untuk mengekspresikan diriku. Saat pertama kali mencoba kostum ini, aku merasa bebas, terbuka, dan cerah, sangat indah!” katanya.

Baca juga: Fantastis! Ini Isi Goodie Bag Oscar Tahun Lalu Mencapai Rp 1,4 Miliar, Sekarang?

Mendobrak tradisi

Billy Porter dan desainer Christian Siriano (harpersbazaar.com)
Billy Porter dan desainer Christian Siriano (harpersbazaar.com)

Tumbuh sebagai pribadi penyuka fashion, dan selama ini dibatasi untuk mengekspresikan diri sebagai lelaki kulit hitam dan gay.

Padahal, dia melihat perempuan setiap hari mengenakan celana, sementara ketika lelaki memakai gaun, maskulinitasnya dipertanyakan.

”Aku memiliki keberanian untuk mendorong standar. Aku percaya para lelaki di karpet merah ingin bermain lebih berani,” ungkapnya.

Baca juga: Masuk Nominasi Best Actor di Oscar, Kekayaan Rami Malek Mencapai Rp 113 Miliar

Pernah lakukan hal sama di Golden Globe Awards

Billy Porter saat tampil di Golden Globes Awards (Harpersbazaar)
Billy Porter saat tampil di Golden Globes Awards (Harpersbazaar)

Ini bukanlah pertama kalinya bintang serial “Pose” ini menarik banyak perhatian di red carpet.

Saat di Golden Globe Awards, Billy Porter tampil mencolok dengan setelan jas dan jubah panjang pink berbunga.

Itulah penampilan antimainstream yang dipamerkan Billy Porter di ajang Oscars 2019 dalam balutan kostum kombinasi tuksedo dan gaun hitam. Menurut kamu, gimana?

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.