Maret Ini! Pendaftaran CPNS 2019 di 3 Provinsi Indonesia Timur Mulai Dibuka

4 menit
Maret Ini! Pendaftaran CPNS 2019 di 3 Provinsi Indonesia Timur Mulai Dibuka, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pendaftaran CPNS 2019 menjadi salah satu yang dinanti oleh para pencari kerja. Gimana gak, PNS masih menjadi salah satu profesi favorit bagi kebanyakan masyarakat Indonesia.  

Beragam keistimewaan yang didapat menjadi salah satu alasan kenapa posisi PNS masih sangat diminati. Kisah tunjangan yang super besar, serta jaminan hari tua membuat siapa aja berlomba-lomba buat mendaftarnya.

Meskipun diketahui  bisa menjadi PNS seutuhnya, kamu mesti bersaing dengan ribuan orang dari seluruh Indonesia. Hal itu gak mudah, karena banyak juga yang lebih berkompeten ketimbang kamu. Kalau kamu mendaftar di salah satu posisi yang favorit, ya siap-siap aja, kemungkinan keterimanya bakalan lebih kecil.

Selain itu, kamu juga mesti melewati beberapa kali tes, mulai dari kemampuan dasar sampai dengan wawancara. Mengisi soal-soal CPNS terdahulu salah satu trik untuk bisa lolos tes kemampuan dasar.

Karena sebenarnya, tipe dari soal-soal tes PNS selalu sama. Jadi kamu bisa melatihnya dengan mengisi soal sendiri. Bagi kamu yang gak sabar, CPNS 2019 rencananya bakal dibuka setelah pilpres. Tapi kini, dikutip dari sscn.bkn.go.id udah ada beberapa provinsi yang membuka pendaftaran seleksi, mana aja?

Baca juga: Tembus 4,4 Juta Orang, Pelamar CPNS 2018 Cetak Sejarah

1. Sulawesi Tengah  

Pendaftaran CPNS tahun 2019 mulai dibuka bulan Maret ini buat daerah Sulawesi Tengah, (Ilustrasi/Shutterstock).

CPNS 2019 emang belum dimulai tapi di Sulawesi Tengah udah mulai duluan. Sebetulnya ini bukanlah rangkaian dari seleksi buat tahun 2019, melainkan rangkaian seleksi tahun 2018 yang sempat tertunda.

Penundaan ini dikarenakan oleh kondisi beberapa daerah di Sulawesi Tengah diterpa bencana tsunami pada tahun lalu. Gak memungkinkan jika pascabencana, tes tetap diadakan pada saat itu, fasilitas internet yang digunakan buat tes berbasis komputer tengah mengalami kerusakan. Oleh karenanya saat beberapa daerah lain menggelar tes, lima instansi kerja di Sulawesi Tengah dibatalkan. Instansi atau kantor kerjanya meliputi Pemprov Sulawesi Tengah, Kota Palu, Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Moutong.

Seleksi yang semestinya dilakukan di tahun 2018 itu akhirnya dimulai kembali pada Februari 2019. Dikutip dari laman resmi Pemprov Sulawesi Tengah, proses seleksi berkas atau administrasi udah dinyatakan selesai, dan mereka-mereka yang lolos bisa dicek di website ssn.bkn.go.id.

Baca juga: Jangan Sampai Gagal Lolos Seleksi CPNS 2018 Gara-Gara 4 Kesalahan Ini

2. Papua

Dikutip dari akun Twitter Pendaftaran CPNS 2019 bakal dibuka buat di daerah Papua, (Ilustrasi/Shutterstock).

BKN, pada bulan Maret ini juga bakal diadakan seleksi CPNS 2019 buat  wilayah Papua. Dikutip pula dari website resmi Pemprov Papua bahwa seleksi kali ini merupakan penundaan dari seleksi tahun lalu.

Penundaan dilakukan setelah sebagian masyarakat meminta agar proses seleksi dilakukan secara offline. Tuntutan tersebut disampaikan kepada Presiden Joko Widodo pada November 2018 lalu.

Tanggal 4 Maret 2019, para pejabat pemerintahan di lingkungan Pemprov Papua telah melakukan rapat mengenai teknis perekrutan. Diketahui bahwa Provinsi Papua mendapatkan kuota penerimaan sebanyak 6.600 orang.

Demi memajukan masyarakat Papua sendiri, proses perekrutannya pun dibatasi. Mayoritas atau 80 persen dari total penerimaan harus diisi oleh masyarakat asli Papua, sementara 20 persennya boleh diisi oleh mereka yang bukan berasal dari Papua.

Proses seleksinya menggunakan komputer atau CAT dengan jadwal 4 Maret sampai 22 Maret 2019 merupakan tahap pendaftaran. Pengumuman lulusnya akan disebarkan sekitar tanggal 13 Juni sampai 3 Juli 2019.

Baca juga: 8 Hari Pendaftaran, Pelamar CPNS Tembus 1 Juta Orang

3. Papua Barat

Pendaftaran CPNS di Papua Barat juga bakal dibuka bulan Maret ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak cuma Papua, Provinsi Papua Barat juga membuka seleksi CPNS. Informasi tersebut didapat dari cuitan Twitter BKN. Namun, hingga kini, detail mengenai waktu dan posisi yang dibuka belum ada.

Baik di website resmi BKN, dan website resmi Pemprov Papua Barat, belum ada berita resmi terkait proses seleksi CPNS.

Meskipun belum ada informasi pastinya, tetaplah pantau website resmi dan media sosial milik BKN. Karena setiap harinya pasti mereka memberikan update-update terkini seputaran proses seleksi pegawai negeri sipil.

Itu tadi tiga provinsi yang dipastikan membuka proses seleksi pendaftaran CPNS pada bulan Maret ini. Buat kamu yang ngebet banget jadi PNS, gak ada salahnya buat mencoba peruntungan. Tapi biar kamu bisa lulus dengan mudah ada baiknya perhatikan beberapa tips berikut ini

Tips supaya lolos tes CPNS 2019

Ini tipsnya agar kamu lulus seleksi pendaftaran CPNS 2019, (Ilustrasi/Shutterstock).

CPNS 2019 sendiri dikabarkan baru bakal dibuka usai Pemilu 2019. Tapi, tiga daerah seperti Sulawesi Tengah, Papua, Papua Barat melakukannya pada bulan Maret ini. Bukan karena mendahului, ternyata itu masih dalam rangkaian CPNS 2018.

Jika kamu gagal lolos di tahun lalu, jangan berkecil hati. Kegagalan itu sebenarnya sangat bagus sebagai sarana introspeksi diri. Kamu jadi paham di mana kesalahan yang telah dilakukan. Nah, berikut ini beberapa penyebab kenapa banyak orang yang gagal lolos.

1. Gak mengikuti aturan dan syarat yang diminta

Mendaftar buat pendaftaran CPNS emanglah sangat ribet, terutama dalam hal administrasi, kamu mesti memenuhi beberapa persyaratan secara administratif mulai dari ijazah, skck dll. Kalau gak terpenuhi ya otomatis nama kamu bakalan langsung tereliminasi

Jadi cobalah buat taati aturan dan syarat yang diminta pihak penyelenggara.

2. Kurangnya wawasan kebangsaan

Ketika lolos seleksi administratif, kamu bakal lanjut ke tahap selanjutnya yaitu tes intelegensia umum, tes kepribadian, dan tes wawasan kebangsaan.

Banyak dari mereka yang justru gagal memenuhi standar nilai untuk tes wawasan kebangsaan. Soal-soal dalam tes ini lebih banyak diisi dengan pertanyaan-pertanyaan tentang sejarah, undang-undang dasar, dan lain-lainnya yang berkaitan dengan Indonesia.

Nah, kalau kamu mau lolos, cobalah buat latihan mengisis soal-soal CPNS sebelumnya. Sekarang udah banyak toko buku yang memperdagangkan kisi-kisi atau rangkuman soal-soal tes kepribadian seleksi CPNS.

3. Pilih instansi yang gak sesuai jurusan

Kalau udah gak sesuai, ya jangan memaksa tetap daftar. Karena sistem yang dimiliki juga gak bodoh-bodoh banget buat kamu kelabui. Jadi kalau kelihatan berbeda atau gak memenuhi syarat otomatis bakalan langsung didepak dari list kandidat.

Jadi, kalau pengin kesempatanmu terbuka lebih lebar, pilih posisi sesuai kualifikasi. Pastikan ijazah mu sesuai dengan posisi yang dibuka. Lalu, cari tahu berapa orang peminatnya. Kalau peminatnya banyak, maka peluangmu buat lolos tentunya semakin besar pula. 

Jadi buat kamu yang pengin mengikuti pendaftaran CPNS tahun ini ada baiknya nih melakukan berbagai persiapan. Sangat penting lho mempersiapkan segala persyaratan buat mengikuti pendaftaran CPNS 2019. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.