Nilai Ekspornya Rp 30 Triliun! Ini 5 Negara Penghasil Daging Kambing Terbesar

3 menit
daging kambing
Nilai Ekspornya Rp 30 Triliun! Ini 5 Negara Penghasil Daging Kambing Terbesar, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menjelang Hari Raya Idul Adha biasanya konsumsi daging kambing, domba dan sapi mengalami lonjakan. Ya, gimana gak, banyak orang yang memutuskan buat berkurban di Idul Adha setiap tahunnya. Kamu tahu gak sih kalau di dunia ada lho negara-negara penghasil daging kambing terbesar

Di 2018 lalu Indonesia patut berbangga dengan suksesnya melakukan ekspor daging domba perdana ke negara tetangga yakni Malaysia. 

“Kita telah ekspor daging sapi premium, pakan ternak, telur tetas, ayam berumur satu hari (day old chicken/DOC) dan daging ayam olahan. Hari ini kita ekspor perdana domba sebanyak 2.100 ekor dengan estimasi nilai sebesar Rp 3,78 miliar,” ucap Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat berada di tempat karantina Hewan di daerah Surabaya pada tanggal 28 Juni 2018, mengutip dari CNBC.

Namun angka tersebut masih terbilang sangat jauh jika dibandingkan dengan beberapa negara berikut ini yang udah menghasilkan serta mengekspor daging kambing. Bayangkan aja, negara-negara ini memiliki nilai ekspor mencapai triliunan rupiah lho. Penasaran gak kamu, negara mana aja nih sebagai penghasil daging kambing terbesar? 

Baca juga: Ini 5 Negara Terkaya di Dunia, Upah Minimumnya Ada yang Rp 29 Juta!

5. Spanyol – Rp 2,1 triliunan

daging kambing
Spanyol menduduki posisi ke-5 negara penghasil daging hewan kambing terbesar, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mengutip dari World Atlas, negara pertama yang memproduksi daging kambing dan domba terbanyak di dunia adalah Spanyol. Negeri Matador menjadi salah satu dari segelintir anggota Uni Eropa yang menghasilkan banyak produksi daging hewani.

Salah satu faktor kenapa Spanyol menghasilkan banyak daging karena sebagian menu makanannya yang sangat bergantung pada daging merah. Tercatat hasil olahan ini memberikan keuntungan ekspor ke kas pemerintah sampai US$ 151 juta atau setara Rp 3,1 triliunan.

Baca juga: Kereta Cepat Bandung-Jakarta Bernilai Rp 80 T, Bagaimana dengan 4 Negara Ini?

4. Irlandia – Rp 3,5 triliunan

daging kambing
Irlandian menjadi negara keempat penghasil daging hewan yang memiliki aroma khas ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selanjutnya ada negara di bagian Eropa Utara yaitu Irlandia. Budaya peternakan yang kuat di negara ini membuat banyak orang memilih menjadi seorang peternak daging kambing serta domba. Gak heran kalau Irlandia masuk dalam jajaran negara penghasil daging hewan yang memiliki aroma khas ini. 

Selain itu iklim yang gak terlalu ekstrim membuat hewan tersebut mampu hidup dengan baik dan menghasilkan kualitas daging premium. Tercatat angka ekspor negara Irlandia menyentuh US$ 248 juta atau setara Rp 3,5 triliunan.

Baca juga: 10 Bank Terbesar di Dunia dengan Merek Dagang Bernilai Tinggi dan Paling Menjual

3. Inggris – Rp 6,6 triliunan

daging kambing
Inggris menempati posisi ketiga sebagai negara penghasil terbesar buat daging hewan yang satu ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di urutan ketiga ada negara tetangga dari Irlandia yakni Inggris yang memiliki kultur budaya mengembangbiakkan hewan kambing dan domba. 

Prancis merupakan salah satu tujuan favorit eksportir negeri Ratu Elizabeth II ini. Hampir 55 persen kebutuhan daging di Prancis dipenuhi oleh produsen dari Inggris. Gak aneh makanya nilai ekspor di inggris menyentuh US$ 463 juta atau setara Rp 6,6 triliunan.

2. Australia – Rp 30,3 triliunan

daging kambing
Australia menjadi negara penghasil daging hewan kambing terbesar kedua di dunia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kedua datang dari negara yang lokasinya gak terlalu jauh dari Indonesia yakni Australia. Gak hanya terkenal menghasilkan  produk daging sapi yang melimpah, para peternak di sana juga menghasilkan daging hewan kambing dan domba yang banyak lho.

Buktinya angka ekspor yang berhasil dicatat oleh Australia menyentuh angka US$ 2,126 miliar atau setara Rp 30,3 triliunan per tahunnya.

1. Selandia Baru – Rp 30,4 triliunan

daging kambing
Selandia Baru menjadi negara pertama penghasil terbesar nih buat daging domba dan kambing, (Ilustrasi/Shutterstock).

Urutan pertama sekaligus yang menyabet gelar negara dengan produksi daging kambing dan domba terbesar di dunia adalah Selandia Baru.

Tercatat sekitar 28 juta kambing dan domba berhasil diternak setiap tahunnya di Selandia Baru. Nominal yang berhasil pemerintah Selandia Baru catat dari perdagangan ini menyentuh angka US$ 2,135 miliar atau setara Rp 30,4 triliunan per tahunnya.

Nah, itulah 5 negara dengan produksi daging kambing dan domba terbesar di dunia. Kira-kira kapan ya kita bisa menghasilkan daging sebanyak negara-negara di atas? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1