Lebih dari Indonesia, Ini Lho Negara-Negara dengan Produksi Daging Sapi Terbesar

2 menit
Walaupun bisa produksi sendiri, faktanya Indonesia kekurangan daging sapi (Shutterstock).

Dari data Kementerian Pertanian tahun 2018, Indonesia telah memproduksi daging sapi dengan jumlah total mencapai 403.668 ton. Sayangnya, jumlah segitu ternyata belum mampu lho buat memenuhi kebutuhan dalam negeri sekitar 663.290 ton.

Gak heran kalau permintaan dalam negeri pun harus dipenuhi dengan mengimpor daging dari luar negeri. Biasanya sih Indonesia mendatangkan daging tersebut dari Australia seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Kalau Indonesia aja impor sapi dan daging dari Australia, itu berarti produksi daging Australia lebih besar dari Indonesia dong? Bisa dibilang begitu. 

Faktanya nih gak cuma Australia aja lho yang memproduksi daging dalam jumlah besar. Masih ada negara-negara lain yang total produksinya lebih tinggi dari Australia. Negara-negara mana aja kah itu? Berikut ini ulasannya.

Ini 10 negara dengan produksi daging sapi terbesar di dunia

Daging sapi
Penjual daging (Shutterstock).

Bercermin dari data yang disampaikan Index Mundi, ada beberapa negara yang diketahui sebagai produsen daging terbesar di dunia. Nilai total produksinya gak tanggung-tanggung, ada yang tembus puluhan juta ton.

Berikut ini daftar negara yang produksi daging sapi terbesar di dunia tahun 2019.

Negara Total produksi daging sapi (ton)
Amerika Serikat 12.440.000
Brazil 10.200.000
UE-27 7.820.000
China 6.575.000
India 4.340.000
Argentina 3.025.000
Australia 2.200.000
Meksiko 2.030.000
Pakistan 1.820.000
Turkey 1.400.000

 

Dari daftar di atas, kita bisa tahu kalau Amerika Serikat menjadi negara yang produksi daging sapinya paling besar. Total produksinya mencapai 12,44 juta ton. Jumlah ini tentu aja sangat besar, bahkan lebih besar ketimbang produksi daging Indonesia.

Ada 10 negara bagian di Amerika Serikat yang tercatat sebagai penyuplai daging sapi terbesar. Mulai dari Texas, Nebraska, Kansas, California, Oklahoma, Missouri, Iowa, South Dakota, Wisconsin, hingga Colorado.

Di posisi kedua ada Brazil yang produksi daging sapinya mencapai 10,2 juta ton. Wajar aja kalau negara Amerika Latin ini bisa produksi daging begitu besar. Soalnya jumlah sapi yang diternakan di Brazil mencapai 226 jutaan ekor.

Lebih mengejutkan lagi jumlah ternak sapinya tersebut lebih besar lho dari populasi penduduk di sana. Populasi penduduk Brazil tercatat mencapai 209 jutaan.

Begitu juga dengan Argentina yang ternyata memiliki jumlah sapi ternak lebih banyak dari penduduknya. Jumlah sapi di Argentina tercatat mencapai 53,51 juta ekor. Sementara populasi penduduk di sana mencapai 43,84 juta jiwa.

Buat mengurangi impor, berikut ini beberapa upaya yang dilakukan Pemerintah

Daging sapi
Penjual daging di pasar (Shutterstock).

Sering defisitnya ketersediaan daging sapi dalam negeri emang bikin Indonesia bergantung pada impor daging. Persoalan ini coba diselesaikan Pemerintah dengan melakukan sejumlah upaya buat meningkatkan ketersediaan daging.

Nah, berikut ini adalah upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah seperti yang dikutip dari Indonesia.go.id.

  • Peningkatan populasi bibit induk sapi.
  • Mengembangkan kawasan peternakan dengan mendorong investasi.
  • Meningkatkan kapasitas pusat-pusat pembibitan ternak buat hasilkan bibit-bibit unggul.
  • Penambahan bibit induk sapi.
  • Melarang pemotongan sapi betina.
  • Melakukan inseminasi buatan.
  • Impor sapi indukan.

Itu tadi informasi mengenai negara-negara dengan produksi daging sapi terbesar di dunia. Semoga informasi barusan bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!