Pengin Bisnis Online Tanpa Modal? Coba Aja 5 Ide Ini, Dijamin Untung

4 menit

Kalau dengar omongan soal bisnis online tanpa modal, pasti yang langsung bakal terlintas di pikiran kamu adalah: emangnya bisa? Ya, bisa dong. Ada beberapa bisnis nir modal yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan yang jelas kasih kamu untung.

Maksudnya gak modal di sini bukan berarti kamu benar-benar gak menyediakan apa-apa ya buat berbisnis. Minimal kamu punya perlengkapan yang sejak awal udah dipunya, semisal laptop, skill, dan juga pengalaman walau belum tinggi banget.

Daripada terus bertanya-tanya apa aja bisnis online tanpa modal, langsung aja cek di ulasan berikut ini.

1. Menjadi dropshipper

Bisnis online tanpa modal
Skema dropship (unjkita)

Ada yang sebelumnya pernah dengar istilah yang satu ini? Dropshipper itu beda dengan jadi pedagang atau reseller ya.

Dropshipper adalah orang yang bertindak layaknya agen dengan menjual barang tanpa perlu membeli terlebih dahulu barang yang dijualnya.

Ilustrasinya gini. Misalnya, kamu adalah dropshipper dari produk kecantikan. Suatu ketika pembeli A memesan produk kecantikan lewat kamu. Pesanan si A kemudian kamu teruskan ke penjual C. Gitu penjual C terima, ia menyiapkannya dan mengirimnya ke pembeli A cuma pakai nama kamu.

Wah, kalau cara kerjanya gitu, gak mesti siapkan uang buat belanja dulu, dong? Emang iya.

Lalu dapat untungnya dari mana dari bisnis tanpa modal yang satu ini?

Soal untung, harga yang kamu pasang secara online itu harus udah ditambahi untung yang pengin kamu ambil. Dan jangan lupa tambahkan ongkir juga.

Walaupun untungnya sedikit, kamu gak bakal direpotkan dengan yang namanya beli produk dulu buat dijual plus jadi stok, tempat penyimpanannya, biaya operasional, dan tetek bengek lainnya yang mesti pedagang tanggung.

2. Jasa titip alias jastip

Apa lagi nih? Buat yang getol banget main Instagram, pasti beberapa kali pernah lihat akun yang menawarkan jasa titip alias jastip online.

Buat kamu yang belum tahu, jastip ini bisa dibilang mirip-mirip dengan dropshipper. Intinya, jastip adalah terobosan baru dalam berbisnis dengan menawarkan nitip belanja. Kamu bakal diupah karena membelikan barang orang. Dari sana keuntungan didapat.

Caranya gampang kok. Kamu datangi tempat-tempat belanja terus foto barang-barang yang lagi promo atau diskon besar-besaran. Kemudian upload ke medsos yang kamu punya. Bakal lebih baik kalau upload-nya ke Instagram.

Jangan lupa tambahkan hastag yang terkait dengan barang-barang yang kamu tawarkan. Dengan gitu, banyak yang nantinya mengunjungi medsos kamu.

3. Social media influencer

Bisnis online tanpa modal
Dapat uang puluhan juta tanpa capek? Jadi social media influencer aja (hipwee)

Sosial media tentu aja memberi pengaruh banyak kepada penggunanya. Mulai dari pandangan politik hingga urusan belanja.

Di sini nih social media influencer punya peran kunci. Buat kamu yang belum tahu, social media influencer adalah figur di media sosial yang bisa memengaruhi para pengguna sosial media lainnya lewat postingan-postingan yang mereka buat.

Gimana ciri-ciri social media influencer? Pertama, pasti punya followers yang banyak, minimal tiga ribu. Kedua, setiap posting dapat banyak like, respons, atau share.

Dari mana kerjaan ini menghasilkan uang? Ya banyak dong, yang paling gampang tentu aja dari endorse. Mengutip disampaikan Katadata, jenis social media yang dipakai menentukan harga seorang influencer.

Bayaran buat influencer di YouTube mencapai lebih dari US$12 ribu dengan pengikut 100-500 ribu, Facebook mencapai lebih US$6 ribu, Instragram sebesar US$ 5 ribu, dan Twitter sekitar US$ 2 ribu.

4. Vlogger

Ini juga bisa jadi bisnis online tanpa modal yang menjanjikan. Buktinya rata-rata yang menjadi vlogger punya penghasilan lebih dari UMR.

Bayaran vlogger sendiri bervariasi. Namun, rata-rata vlogger bisa mengantongi dua digit sebulannya.

Mereka memperoleh pendapatan tersebut dengan meng-endorse produk atau jasa ke dalam video yang mereka buat. Belum lagi ditambah iklan-iklan atau adSense yang terpampang di video mereka.

Pengin bisnis online tanpa modal dengan jadi vlogger? Kamu bisa mulai dengan mempersiapkan konsep dan laptop atau smartphone. Buat konsep, usahakan fokus pada satu hal yang spesifik. Misalnya, bahasan tentang kecantikan dan tipsnya.

5. Jasa buat situs

Bisnis online tanpa modal
Pemasukannya lumayan banget kan dari jasa buat situs? (webnesia)

Kebutuhan website alias situs Internet dipastikan bakal terus meningkat. Kebiasaan orang-orang zaman sekarang yang mengandalkan Internet buat dapatkan informasi jadi pendorong individu atau perusahaan buat punya website sendiri.

Gak sedikit di antara mereka yang bingung atau pengin praktisnya aja buat memiliki website. Makanya mereka butuh yang namanya jasa pembuat website.

Kalau kamu emang kebetulan punya skill buat website, gak ada salahnya nih menjadikan ini sebagai ide bikin bisnis online tanpa modal.

Sebagai gambaran, bikin website secara keseluruhan dihargai mulai Rp500 ribu hingga lebih Rp10 juta, tergantung fitur-fitur yang ditawarkan. Fitur-fiturnya mulai dari desain, jumlah halaman, statistik website, dan lain-lainnya.

Dari lima bisnis online tanpa modal di atas, mana yang bikin kamu tertarik? Oh iya, satu tips lagi nih yang harus kamu ingat. Dalam bisnis itu, intinya kamu harus yakin, kreatif, dan inovatif. Kalau ketiga hal tersebut gak dimiliki, bisnis online tanpa modal atau bisnis-bisnis yang lain bakal sulit buat berkembang. Jadi, selamat berbisnis dan mendulang banyak Rupiah!

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan