Pengin Cepat Kaya dan Punya Banyak Uang? Lakuin 6 Cara Sederhana Ini Aja!

4 menit
Pengin Cepat Kaya dan Punya Banyak Uang Lakuin 6 Cara Sederhana Ini Aja!, (Unsplash.com).

Setiap orang tentu pengin punya banyak uang dan cepat kaya. Jadi, gak perlu pusing tuh mikirin biaya hidup yang semakin hari semakin mahal.

Lagipula, sebenarnya salah satu cara sederhana biar punya banyak uang itu adalah pintar mengelola keuangan dan tahu kemana uangnya harus dialokasikan.

Kamu bisa menerapkan sistem mengelola keuangan 50/20/30. Gimana maksudnya? Berikut sedikit penjelasannya:

  • 50 persen untuk kebutuhan pokok, yaitu buat bayar cicilan kredit atau sewa rumah, belanja bulanan (beli bahan makanan dan kebutuhan rumah tangga lainnya), cicilan kendaraan, pulsa dan internet serta tagihan lainnya seperti listrik, air dan lainnya.
  • 20 persen untuk tujuan finansial yaitu buat investasi, asuransi serta menabung.
  • 30 persen untuk gaya hidup yaitu belanja, nongkrong di kafe, jalan-jalan dan lainnya.

Sayangnya, banyak orang yang terlena dengan kenyamanan gaya hidup yang sebenarnya secara perlahan menjerumuskan mereka ke lubang utang yang bikin keuangan jadi amburadul.

Boro-boro buat nabung dan investasi, uang bahkan udah habis padahal tanggal gajian masih lama. Gak cuma itu aja, buat ongkos sehari-hari aja kadang keteteran dan ujung-ujungnya pinjam uang teman atau minta uang sama orangtua. Duh, capek gak sih kalau setiap bulan harus hidup seperti itu?

Karena itu, kali ini MoneySmart.id ingin memberikan beberapa tips sederhana yang bisa membantu kamu agar cepat kaya dan punya banyak uang seperti yang dilansir dari beberapa sumber. Berikut enam di antaranya:

Baca juga: Terkesan Sepele! Nyatanya 5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Cepat Kaya Lho

1. Pintar melihat peluang baru

Selalu mencoba melihat peluang yang ada di depan mata ya dan manfaatkan itu semua, (Ilustrasi/Pexels.com).

Seiring perkembangan zaman yang kian canggih, semakin banyak pula bermunculan peluang-peluang baru yang dapat menambah saldo rekening tabunganmu.

Karena itu, mulailah pintar-pintar melihat peluang baru seperti membuka usaha kecil-kecilan. Bahkan kamu kini bisa membuka usaha tanpa modal.

Tepis rasa malas dan buang jauh-jauh kebiasaan buruk yang bisa menjadi penghambat rezeki mu. Lakukanlah dengan giat dan kerja keras karena usaha gak  akan mengkhianati hasil. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan keuntungan dan membuat uang mu cepat terkumpul.

Baca juga: Mau Cepat Kaya Raya? Lakukan 6 Kebiasaan Sepele Ini Sekarang

2. Tahan keinginan belanja

Tahan segala keingan buat berbelanja ya kalau pengin cepat kaya, (Ilustrasi/Pexels.com).

Melihat barang bagus terutama pakaian memang sangat menggoda iman. Pengin rasanya memborong semua baju agar penampilan semakin keren.

Tapi tahukah kamu kalau hawa nafsu belanja itu menjadi salah satu biang kerok yang bikin keuanganmu berantakan lho. Belanja boleh aja, tapi kamu perlu tahu mana yang memang benar-benar dibutuhkan dan mana yang hanya karena keinginan semata saja.

Karena itu, sebaiknya kamu jangan mudah terlena dengan barang-barang kece yang dipajang di mal atau online shop. Selain itu, jangan terkecoh membeli barang gak penting hanya karena sedang diskon atau promo.

Jika kebiasaan buruk itu gak cepat dihentikan, siap-siap aja dompetmu bakalan terus kering kerontong setiap bulan. Jadi, mulailah tahan dengan godaan belanja demi memiliki kondisi finansial yang baik di kemudian hari.

Baca juga: Biar Cepat Kaya Raya Ala Miliarder, Ikutin 5 Cara Menabung Ini

3. Jangan gampang pinjam uang

Jangan pernah gampang buat pinjam uang bila pengin banyak uang alias kaya, (Ilustrasi/Pexels.com).

Kini udah banyak sekali penyedia jasa pinjam uang hanya bermodalkan KTP dengan bunga yang sangat fantastis. Ya, memang gak sedikit orang yang berani berutang demi memenuhi gaya hidup yang kelewat tinggi.

Kemudahan meminjam uang itu yang secara perlahan mendorong kamu ke jurang utang. Berawal dari meminjam uang ratusan ribu hingga menjadi jutaan rupiah.

Kondisi tersebut tentu saja dapat membuat kondisi finansial kamu berantakan, apalagi jika akhirnya gaji kamu habis cuma buat bayar utang. Karena itu, sebelum kejadian buruk itu terjadi diri kamu, sebaiknya stop kebiasaan ngutang yang tentunya bisa merugikan diri sendiri.

4. Tetapkan tujuan

Tetapkan segala tujuan agar keuangan mu bagus dan cepat kaya, (Ilustrasi/pexels.com).

Cara sederhana lainnya yang bisa membantu kamu biar cepat kaya adalah dengan menetapkan tujuan. Pasalnya, saat kamu memiliki tujuan, maka kamu akan lebih bersemangat mencari dan mengumpulkan uang agar keinginanmu itu bisa cepat tercapai.

Misalnya, di waktu dua tahun ke depan, kamu harus menikah atau menaikkan haji kedua orangtua. Jadi, carilah tujuan yang benar-benar bisa memicu kamu buat terus semangat mencari uang.

5. Nabung uang koin

Nabung uang koin di celengan salah satu cara agar cepat kaya, (Ilustrasi/Pexels.com).

Kamu sering dengar orang yang membeli barang dengan uang koin? Contohnya, seorang pria di China yang bisa mengumpulkan uang hingga Rp 1,44 miliar hanya dari uang koin dan membeli sebuah mobil mewah.

Karena itu, mulai sekarang simpan uang koin mu di dalam celengan atau wadah. Gak perlu dihitung-hitung, tapi tahu-tahu udah terkumpul jutaan atau ratusan juta rupiah. Seru banget kan? Meski sedikit tapi lama-lama bisa jadi bukit.

6. Hidup sederhana

Hidup sederhana bisa dijadikan cara buat cepat kaya lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Meski kamu giat mencari uang tapi masih doyan foya-foya, ya sama aja bohong. Mau punya uang sebanyak apapun bakal habis-habis juga.

Karena itu gak usah gegayaan hidup glamor kalau penghasilan aja masih pas-pasan. Contoh saja, bos Facebook, Mark Zuckerberg yang dikenal dengan hidup sederhananya padahal punya kekayaan US$ 60,3 miliar atau yang kalau dirupiahkan mencapai Rp 844 triliun menurut Forbes.

Jadi, daripada uangmu habis cuma buat senang-senang semata, lebihkan alihkan buat keperluan lain yang lebih bermanfaat seperti investasi salah satunya.

Itu dia enam cara sederhana yang harus banget kamu lakukan dari sekarang biar cepat kaya dan punya banyak uang, gampang banget ya kan? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan