Gak Pengin Keluar Bujet Lebih, Ini Tips Hemat Wisata di Singapura

4 menit
Destinasi Wisata Singapura banyak yang gratis lho (Shutterstock).

Singapura merupakan negara tetangga yang seringkali dikunjungi oleh wisatawan Indonesia.

Melansir laman Visit Singapore, Singapura memiliki sekumpulan tempat menarik yang dapat Anda kunjungi. Negeri ini senantiasa berubah, menemukan, dan membayangkan. Warganya begitu bersemangat menciptakan kemungkinan-kemungkinan baru.

Pecinta makanan, penjelajah, kolektor, pencari ketegangan, pembentuk budaya, dan pegiat sosial semua bertemu di sini―dan menciptakan pengalaman yang baru setiap hari. Jangan berhenti mencari apa yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Singapura.

Objek wisata Singapura juga ternyata cukup banyak. Mulai dari Merlion Park, Universal Studio, atau sekedar jalan-jalan santai sambil berbelanja di Orchard Road. Bahkan ada juga Little India yang merupakan pusat komunitas India di Singapura.

Dengan suasana khas India dan dipenuhi orang-orang India, Little India akan membuat mu seperti berada di negeri Bollywood tersebut. Buat kamu yang ingin mencari ciri khas India, dan belum memiliki bujet lebih untuk kesana langsung, bisa coba ke destinasi ini.

Bukan hanya India, tapi ada juga Arab Street, Chinatown dan lainnya. Disini, kamu bisa mendapatkan kebudayaan bukan hanya khas Singapura, melainkan hal lain di satu negara.

Nah, melakukan perjalanan ke luar negeri sebetulnya tidak mahal asal kamu pintar. Pintar dalam mengatur keuangan atau bujet jalan-jalan tersebut, juga lihai dalam memanfaatkan situasi.

Apalagi jika negara yang kamu kunjungi adalah Singapura. Tidak seperti negara lainnya di Asia Tenggara, kamu pasti sudah tahu kan kalau biaya hidup di sana cukup tinggi. Hal itu juga memengaruhi biaya jalan-jalan ke negara tersebut. Tetapi hal itu bukan berarti gak bisa disiasati dong ya. Nah, kali ini MoneySmart ingin kasih tahu kamu bagaimana tips hemat saat pelesiran ke negeri Singa tersebut. Simak yuk.

Baca juga: 5 Industri dengan Gaji Terbesar di Indonesia, Kamu Berminat yang Mana?

1. Pilih penginapan strategis

Pilih penginapan strategis (Shutterstock).

Sebelum bepergian kesana, ada baiknya saat di Indonesia kamu meriset dulu apa saja yang mau dikunjungi. Menginaplah di penginapan yang memang letaknya gak jauh dari tempat tujuanmu tersebut.

Hal itu tentu untuk menghemat biaya ongkos dari satu tempat ke tempat lainnya. Tentu saja uang tersebut bisa kamu gunakan untuk hal lainnya seperti berburu kuliner atau buah tangan.

2. Gunakan kartu EZ-Link

EZ-Link (Shutterstock).

Setiap negara pasti memiliki uang elektronik seperti di Indonesia yang dikenal sebagai e-Money. Tentu kartu ini memudahkan kamu untuk naik transportasi umum jika ingin bepergian. Bisa juga menjadi alat pembayaran di minimarket.

Di negara maju juga sudah lebih dulu mengadopsi teknologi tersebut, tak terkecuali Singapura. Pembayaran ongkos bus dan MRT akan lebih murah menggunakan kartu EZ-Link daripada membeli tiket satuan.

Perbedaan harganya bisa sampai 40 persen lebih mahal lho guys. Dan yang perlu diketahui juga adalah harga kartu EZ-Link-nya saja (di luar saldo) adalah 5SGD. Jadi ada baiknya sebelum memutuskan membeli kartu tersebut, kamu sudah menghitung jumlah perjalanan selama di Singapura nanti. Total dan bandingkan bila membeli tiket satuan.

Baca juga: Pengin Wajah Bersih dan Bebas Kerutan, Ini 7 Make up Remover Murah yang Bisa Kamu Pakai

3. Beli tiket wisata secara online

Beli tiket secara online (Shutterstock).

Sekarang ini sudah cukup banyak tiket atraksi wisata yang dijual secara online. Bahkan kamu juga sudah bisa membelinya saat di Indonesia. Sudah banyak platform dalam negeri yang bekerja sama dengan objek wisata disana.

Bahkan harganya jauh lebih murah membeli di online ketimbang beli di lokasi langsung. Jadi gak ada salahnya kalau kamu mencobanya kan?

4. Beli tiket atraksi sekaligus

Minion Mart di dalam Universal Studio Singapura (Shutterstock).

Kalau kamu mau lebih murah lagi, bisa membeli tiket atraksi wisata dalam bentuk paket. Misalnya saja dalam satu lokasi wisata ada beberapa objek di dalamnya. Nah kamu bisa membelinya sekaligus ketimbang satuan.

Tentu harga yang ditawarkan jauh lebih murah. Tapi cek lagi ya kira-kira mana saja yang ingin kamu kunjungi. Jangan sampai terbuang sia-sia ya.

Baca juga: Gaya Traveling Turis Indonesia Ternyata Lebih Suka Meluangkan Waktu untuk Bersantai

5. Jangan lupa kunjungi wisata gratis

Sebelumnya MoneySmart sudah membahas banyak objek wisata gratis yang bisa kamu lakukan di Singapura. Salah satunya adalah Merlion Park, Garden Rhapsody Music & Light Show di Supertree Grove, Gardens by the Bay, hingga pertunjukan cahaya dan air di Marina Bay Sands, Spectra Light & Water Show.

Selama ada objek wisata gratis yang bisa dikunjungi, kenapa enggak kamu coba kan? Meskipun gratis belum tentu murahan dan jelek juga objek wisata tersebut, apalagi sekelas negara maju. So, tunggu apalagi. Jangan sampai dilewatkan ya!

6. Bawa air minum sendiri

Membawa air minum sendiri (Shutterstock).

Bukan hanya Jepang yang memiliki kran air minum di pinggir jalan. Singapura pun ada. Sama seperti di Australia, negara ini juga menyediakan kran air yang bisa diminum langsung.

Jadi ketimbang kamu membeli air kemasan terus menerus selama berada disana, kenapa enggak bawa botol minum sendiri. Kemudian bisa isi langsung di hotel maupun di jalan-jalan.

Nah itu tadi beberapa cara yang bisa dilakukan saat berada di Singapura. Meski tujuannya senang-senang, bukan berarti bisa berfoya-foya kan? Ada baiknya jika tetap berhemat, hati senang dan kebutuhan wisatamu bisa terpenuhi.

Kalau masih bisa disiasati kenapa harus boros? Lebih baik uangnya digunakan untuk kegiatan lain saat berada disana, bukan? Semoga bermanfaat ya, dan selamat berlibur! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be