Pengin Jadi Miliarder Seperti Jack Ma, Kamu Wajib Terapkan 3 Kunci Sukses Ini

2 menit
Tips sukses ala Jack Ma (Shutterstock).

Kunci sukses terletak di diri kita masing-masing. Menjadi sukses juga tentu impian semua orang. Tapi apakah mudah untuk meraihnya? Apa yang sudah kamu lakukan saat ini untuk menuju sukses? Kalau belum, wah siap-siap deh kamu gak bakalan sukses tanpa perencanaan sejak dini.

Siapa yang tidak mengenal Jack Ma. Orang terkaya nomor satu di Cina itu menjadi miliarder tentu bukan tanpa usaha dan kerja keras. Bukan berasal dari keluarga kaya raya, tetapi saat ini berkat kemampuan yang dia miliki, pada tahun 2015 Ma berhasil menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh di dunia.

Mengawali karier sebagai pemandu wisata di debuah hotel dekat Danau Hangzhou, Ma sudah fasih berbahasa Inggris sejak usia 12 tahun. Kemampuan itu yang kemudian membawanya bekerja sebagai sekretaris general manager KFC. Darisana ia belajar mengenal komputer dan internet, sampai akhirnya mulai membuka bisnis Alibaba.

Kamu ingin seperti Jack Ma? Miliarder berusia 54 tahun dengan total kekayaan 570 triliun. Kalau begitu, jangan habiskan masa muda tanpa berbuat apa-apa. Kalau bingung, kamu bisa contoh tiga kunci sukses ini agar bisa menjadi miliarder, atau setidaknya sukses beberapa tahun ke depan.

1. Pelajari kegagalan orang lain

Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan (Ilustrasi).

Kamu sering mendengar kisah sukses orang lain, pelajari bagaimana dia gagal. Bukan terpaku pada kesuksesannya saat ini. Karena poin pentingnya adalah bagaimana ketika orang tersebut bangkit dari kegagalan hingga mencapai kesuksesan seperti saat ini.

Dari kegagalan, kamu jadi bisa berfikir luas untuk mencari jalan keluar dan bangkit. Tidak pernah ada hasil yang sia-sia selama kamu fokus menata kembali apa yang sempat hancur. 

2. Menjadikan diri sendiri pesaing

Menghadapi tantangan pada diri sendiri (Ilustrasi).

Menurut Jack Ma, daripada kamu menjadikan kesuksesan orang lain sebagai tonggak keberhasilan, lebih baik menetapkan sasaran dan target untuk diri sendiri. Apa yang akan kamu lakukan untuk bisnis saat ini. Bagaimana pencapaian targetnya, inovasi apa yang sudah dilakukan. Kamu bisa membayangkan apa yang diharapkan dari bisnis tersebut 10 tahun ke depan. Metode ini sukses diterapkan oleh Ma.

3. Jangan lari dari masalah

Hadapi masalah dengan berani (Ilustrasi).

Seberat atau sekecil apapun masalah yang sedang kamu hadapi, jangan pernah menghindarinya. Kamu hanya menumpuk beban-beban tersebut hingga akhirnya meledak di kemudian hari. Tentu ini bukan karakteristik orang sukses. Orang sukses adalah mereka yang mampu mengatasi permasalahan yang berawal dari dirinya sendiri, baru ke masalah lain yang lebih besar. “Tidak peduli seberapa pintar Anda, Anda akan menghadapi kesalahan,” kata Jack Ma.

Ketiga hal tadi adalah kunci bagaimana seseorang bisa sukses. Kalau kamu sudah mulai menerapkannya dari sekarang, tekun dan fokuslah, agar kesuksesan semakin dekat dengan dirimu. Selamat menuju sukses! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong