Hidup Tenang Dompet Tebal, Ini 5 Manfaat Gaya Hidup Minimalis

3 menit

#MerdekaFinansial gak cuma ditandai kalau kamu udah kaya raya. Sebenarnya, saat kamu udah bisa tenang soal uang, itu jadi ciri paling awal kamu mulai merasakan yang namanya kebebasan finansial. Nah, salah satu cara buat mencapai “perasaan” tersebut, kamu bisa mulai dengan hidup minimalis.

Kok bisa?

Buat kamu yang udah pernah membaca buku atau tentang metode Konmari yang dipopulerkan oleh Marie Kondo, pasti udah gak asing sama istilah “hidup minimalis”. Dimulai dari Jepang, gaya hidup tersebut kini mulai dianut oleh cukup banyak orang di berbagai negara.

Gaya hidup minimalis mengajarkan kita buat gak menyimpan banyak barang. Selain menghemat pengeluaran, kamu juga gak habisin waktu buat merapikan barang-barang tersebut.

Nah, itu dia salah satu manfaatnya. Jadi, buat kamu yang pengin ngerasain #MerdekaFinansial, coba mulai dengan hidup minimalis. Berikut manfaat gaya hidup minimalis buat kondisi finansial kamu. Yuk, simak!

1. Bisa fokus buat kerja dan hal penting lain

hidup minimalisKarena di rumah atau kos kamu gak banyak barang, kamu pun gak perlu stres mikirin beres-beres. Selain itu, bisa lebih fokus kerja karena kamu gak pusing ngeliat ruangan yang berantakan.

Dengan fokus kerja, tentu pendapatan kamu bisa bertambah dong. Asyik banget, kan?

2. Punya waktu lebih banyak buat kegiatan produktif

Selain gak stres dan bisa fokus, kamu juga punya lebih banyak waktu buat lakukan beragam kegiatan produktif.

Contoh, sepulang kantor atau akhir pekan, kamu bisa gunakan buat selesaikan pekerjaan freelance kamu. Lumayan buat nambah-nambah uang bulanan selain dari gaji.

3. Terbebas dari sifat iri dan membanding-bandingkan

Karena kamu gak lagi memprioritaskan buat punya barang ini-itu, kamu pun bisa sedikit meredam sifat iri dan membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Pasalnya, sering kali sifat membanding-bandingkan tersebut bikin kamu jadi lebih konsumtif.

Contoh, saat teman bisa punya tas branded baru, kamu pengin menyaingi dia. Namun, karena kamu berusaha buat hidup minimalis, kamu bisa berpikir jernih buat mutusin apakah beli tas baru emang benar-benar kebutuhan atau hanya sekadar ingin dapat pengakuan.

Daripada beli barang yang bikin penuh lemari kamu, lebih baik uangnya digunakan buat investasi. Gak bikin rumah penuh tetapi uang kamu makin banyak.

4. Punya waktu istirahat lebih banyak

hidup minimalis dengan sedikit barangYang pasti, gaya hidup minimalis bikin kamu punya waktu istirahat yang lebih banyak. Sebab kamu gak perlu buang waktu buat beres-beres rumah atau kost.

Kebutuhan istirahat tercukupi, otak pun lebih fresh. Dengan demikian, seperti pada poin pertama dan kedua, kamu bisa lebih fokus dan punya lebih banyak waktu buat kegiatan produktif.

5. Jauh lebih hemat, itu udah pasti

Prinsip gaya hidup minimalis mengajarkan kamu buat gak menambah barang baru. Kalau beli barang yang dibutuhkan pun harus berkualitas. Selain itu, kamu juga diharapkan gak segan jual atau buang barang yang gak diperlukan.

Nah, dari metode tersebut, kamu bisa jadi lebih berhemat. Contohnya, kamu belajar buat mengerem diri buat belanja hanya karena sekadar diskon.

Dengan demikian, pengeluaran bulanan kamu pun lebih terencana. Tertarik buat mulai hidup minimalis? Coba deh, #MerdekaFinansial bakal cepat kamu raih karena kamu bisa punya lebih banyak uang daripada barang.

Buat kamu yang mau dapat Smartphone Samsung A6+ dan 20 Voucher Sodexo, yuk ikutan kontes #MerdekaFinansial MoneySmart.id di tautan berikut ini: bit.ly/Merdeka_Finansial

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan