Pengin Sukses Jawab Pertanyaan Saat Wawancara Kerja? Ini Triknya, Mudah Kok!

4 menit
Wawancara kerja (Shutterstock).

Wawancara kerja terkadang menjadi momen yang mendebarkan bagi sebagian besar orang. Pasalnya, dalam hal ini mereka wajib memerhatikan tutur bahasa. Jangan sampai salah berucap yang bakal berujung pada kegagalan.

Kemampuan kamu menjawab pelbagai macam pertanyaan saat wawancara kerja jadi tolak ukur atau penentu diterima atau tidaknya di perusahaan itu. Dan masalah terkadang muncul pada kandidat yang dianggap gagal dalam sesi wawancara.

Kenapa? Karena mereka nampak gugup, tidak menjawab pertanyaan dengan benar, berbohong dan kesalahan lain.

Meski kegagalan dalam wawancara tidak perlu disesali berlarut-larut, tetapi ada baiknya kamu mengevaluasi hal itu. Agar menjadi pembelajaran di kemudian hari. Nah bagaimana sih caranya agar sukses menjawab setiap pertanyaan saat wawancara kerja? Simak yuk ulasannya berikut ini.

Baca juga: Ini Dia 6 Zodiak Pekerja Keras, Kamu yang Mana? 

 

1. Tenang

Tenang saat wawancara kerja (Shutterstock).

Pewawancara bakal melihat segala tindak tandukmu selama proses wawancara berlangsung. Ada baiknya kamu tetap tenang ya.

Jangan terlihat grasak grusuk, panik atau melakukan hal bodoh seperti mengetuk sepatu ke meja.

Coba untuk diam sambil memikirkan jawaban apa yang akan kamu berikan ke pewawancara. Tetapi juga jangan berlama lama ya, agar tidak dinilai lamban oleh mereka.

2. Percaya diri

Percaya diri saat wawancara kerja (Shutterstock).

Jika kamu merasa tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan, cari cara untuk tetap terlihat percaya diri. Tetapi biasanya, wawancara kerja hanya seputar diri kamu sendiri kok. Bagaimana kamu akan berkontribusi ke perusahaan itu.

Kalau kamu percaya diri, pasti akan menciptakan suasana tenang dan rileks. Sehingga segala bentuk pertanyaan dapat kamu selesaikan dengan yakin. Sampaikan pendapatmu dengan jujur, apa adanya.

Menjadi orang yang apa adanya justru disukai oleh perusahaan loh. Mereka menganggap kamu orang yang gak macam-macam, atau bisa bekerja dengang jujur.

Baca juga: Deretan Blush On Murah yang Bikin Kamu Makin Cantik, Gak Sampai Rp 50 Ribu!

3. Berpikir lugas

Mampu berpikir lugas (Shutterstock).

Wawancara kerja merupakan momen yang tidak boleh disepelekan. Jadi jangan kamu sia-siakan kesempatan baik ini.

Karena di luar sana banyak orang-orang yang kesulitan mencari pekerjaan, apalagi sampai ke tahap wawancara. Untuk itu perlu kiranya kamu mempersiapkan semuanya dengan benar.

Waktu yang biasa digunakan untuk wawancara rata-rata tak lebih dari 45 menit. Itu sudah paling lama. Manfaatkan waktu yang singkat itu untuk memberikan yang terbaik. Berikan kesan alami, tidak dibuat-buat dan betul-betul kamu menginginkan pekerjaan tersebut.

4. Jangan berkeringat

Jangan gugup di depan pewawancara (Shutterstock).

Kalau kamu gugup, pasti akan berkeringat ketimbang mereka yang santai. Dan ini akan dinilai buruk oleh perusahaan loh.

Kamu dianggap cemas dan gak akan tampil maksimal saat wawancara. Padahal pada saat momen seperti ini kamu diharuskan tampil prima.

Pewawancara juga bakalan ilfil kalau lihat kamu yang bercucuran keringat. Sebaiknya atur diri kamu agar tidak cepat merasa cemas dan gugup.

Baca juga: Begini Cara Ibu Menyeimbangkan Karier dan Keluarga, Jangan Kelewat Baper!

5. Tetap fokus

Tetap fokus (Shutterstock).

Kamu bakalan dihadapkan dengan beberapa pewawancara. Biasanya nih, jika pertama kali kamu diundang wawancara kerja, yang bakal menghadapimu adalah tim HRD.

Setelah itu kamu akan menunggu untuk proses wawancara selanjutnya dengan user, atau yang akan menjadi atasanmu langsung.

Nah, mereka akan memiliki pertanyaan yang berbeda-beda. Jadi, tetaplah fokus pada satu demi satu pertanyaan. Jawab semaksimal mungkin.

Apabila pewawancara minta jawaban lebih rinci, segera jelaskan tanpa terlalu lama berpikir. Hindari segala bentuk gangguan seperti dering ponsel ya.

6. Jaga penampilan dengan tersenyum

Jaga penampilan dengan tersenyum (Shutterstock).

Gak ada salahnya menebar senyum selama proses wawancara. Hal ini juga disinyalir bagus untuk menghindari rasa takut atau gugup.

Dengan tersenyum, kamu bakalan bisa menjawab pertanyaan satu demi satu. Cara ini ampuh untuk mencairkan ketegangan suasana loh. Percaya deh!

Enam hal tadi adalah cara mudah yang bisa kamu terapkan saat melakukan wawancara kerja. Mulailah membangun kesan positif setiap kali ada kesempatan wawancara. Jika kamu merasa kesulitan, percaya akan ada jalan keluarnya.

Intinya tetap fokus, tenang, dan tersenyum agar apa yang terlontar dari mulutmu adalah sesuatu yang baik dan cerdas. Selamat mencoba, semoga berhasil! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be