Jarang Tersorot Media, 4 Bos Batu Bara di Daerah Ini Gak Kalah Kaya dari Thohir

4 menit
Pengusaha batu bara di daerah Basrizal Koto (Instagram/@basrizal_koto)

Pengusaha batu bara di daerah meski gak masuk daftar orang terkaya di Indonesia, tetap hidup bergelimang harta. Bahkan, mereka juga punya gaya hidup yang luar biasa mewah lho.

Meski saat ini permintaan Cina atas batu bara Indonesia agak lesu, bukan berarti pengusaha batu bara daerah jadi kelimpungan. Mereka semua punya bisnis lain yang masih bisa diandalkan untuk menyambung hidup, dan menekuni hobi mereka.

Bicara soal hobi, hobi mereka cukup ekstrim lho dan menguras uang yang banyak. Tapi, sah-sah sajalah, wong mereka punya duit.

Biar kata hobi mahal, mereka juga sudah sangat berjasa membangun kampung halamannya sendiri, dan menciptakan lapangan pekerjaan di sana.

Penasaran, siapa saja para pengusaha batu bara yang dimaksud? Yuk, cari tahu lebih lanjut di sini:

1. Haji Isam

Haji Isam (Harianindonesia.id)
Haji Isam (Harianindonesia.id)

Pengusaha batu bara bernama Andi Syamsuddin Arsyad atau akrab disapa Haji Isam dulunya cuma sopir truk pengangkut kayu. Tapi, berkat kerja kerasnya, dia sukses jadi bos batu bara hingga memiliki bisnis transportasi darat, laut, dan udara.

Pria yang memliki hobi main off road itu gak hanya punya koleksi mobil off road di garasinya, tapi juga lintasan off road di rumahnya! Kok bisa? Ya bisa dong, wong luas lahan di rumahnya saja 20 hektare.

Di kompleks rumah crazy rich Kalimantan Selatan ini terdapat sebuah jalan yang sengaja dinamakan sama seperti namanya. Jalanan itu terlihat cukup panjang, dan menghubungkan gerbang depan dengan perumahan Jhonlin Indah.

Gak menutup kemungkinan perumahan itu dijadikan hunian bagi karyawan-karyawannya.

Pendiri dari Jhonlin Group ini disinyalir pernah meraup omzet Rp 40 miliar perbulan. Bayangin saja kalau sebulan konsisten Rp 40 miliar, satu tahun sudah Rp 480 miliar.

Baca juga: Seluas 20 Hektare, Rumah Haji Isam 10 Kali Lipat Lebih Besar dari Kediaman Bob Sadino!

2. Haji Ciut

Haji Ciut (cumicumi.com)
Haji Ciut (cumicumi.com)

Crazy rich Banjarmasin ini punya nama asli Haji Muhammad Hatta. Dia juga berasal dari Kalimantan Selatan, sama seperti Haji Isam.

Jika Haji Isam di Batu Licin, pria yang memiliki mobil Rolls Royce ini tinggal di Binuang, Tapin. Pengusaha batu bara ini memimpin sebuah berusahaan yang bernama PT Gunung Mulia Binuang.

Selain itu, Haji Ciut juga punya perusahaan otomotif bernama PT Harapan Binuang Motor.

Nama Haji Ciut mulai disebut-sebut publik usai munculnya pernikahan anaknya yang luar biasa heboh.

Masih ingat poster pernikahan crazy rich di Bali yang mengundang Michael Learns to Rock (MLTR)? Bisa dibilang pernikahan anak Haji Ciut gak jauh beda, cuma mereka mengundang artis lokal.

Pria kaya raya itu menggelar hajatan bertema Gemerlap Hiburan Rakyat dengan mengundang Rhoma Irama, Ayu Ting Ting, Afgan, Zaskia Gothic, Wali, Team Lo, dan lainnya.

Itu sih konser ya bukan resepsi pernikahan biasa. Dan semuanya bisa didatangi secara gratis!

Sebagai seorang yang tajir melintir, Haji Ciut juga dikabarkan memiliki rumah bak istana dan koleksi mobil yang fantastis.

Baca juga: Bertabur Mobil Offroad, Yuk Intip Koleksi Mobil Haji Isam

3. Haji Ijai

Pengusaha batu bara ini merupakan kakak kandung dari Haji Ciut. Kedua bersaudara ini seringkali disebut sebagai ikon Kota Binuang!

Haji Ijai memimpin sebuah perusahaan bernama PT Batu Gunung Mulia yang kabarnya sanggup memproduksi 2 ton batu bara dalam setahun.

Setelah izin pertambangan Batu Gunung Mulia habis di tahun 2014, kedua kakak beradik ini mendirikan PT Binuang Mitra Bersama.

Kabarnya, mereka gak cuma mengantongi izin pertambangan, melainkan juga trading. Artinya, mereka juga bisa melakukan jual-beli batu bara! Gak heran kalau keduanya dikabarkan punya rumah yang di dalamnya ada helipad.

Binuang Mitra Bersama terdaftar di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral sejak 2013. Tercatat memiliki area tambang seluas 300 hektare lebih dan memiliki 1.000 karyawan.

Hasil produksi tambangnya yang mencapai 2 ton setahun dialokasikan untuk kebutuhan domestik.

Klien tetap mereka di antaranya PT Kalimantan Prima Persada/KPP (anak usaha dari PT Pama Persada Nusantara), PT Pama Persada Nusantara, Semen Indonesia, PLN, dan industri lainnya.

4. Basrizal Koto

Basrizal Koto (Instagram/@basrizal_koto)
Basrizal Koto (Instagram/@basrizal_koto)

Koleksi mobil dan rumah mewah crazy rich asal Pariaman ini terkuak ke publik berkat unggahan video di akun milik Atta Halilintar. Selain rumah dan mobil mewah, dia juga mengoleksi banyak motor Harley Davidson.

Bisnis utama pria yang gak lulus SD ini di bidang properti. Basrizal Koto lah yang mendirikan Basko Grand Mall.

Dan sebagai orang kaya di kotanya, Basrizal kerap dianggap sebagai sosok yang telah membangun kota kelahirannya. Dia merantau hingga sukses di kota lain, dan pulang kampung untuk memajukan tempat tinggalnya.

Di samping itu, dia juga merupakan seorang pengusaha batu bara yang memimpin PT Bastara Jaya Muda di Pekanbaru. Perusahaan ini mengantongi Izin Usaha Pertambangan (IUP) dari Kementerian ESDM. Akan tetapi, izin itu sudah berakhir di tahun 2012.

Sayangnya, sampai sekarang belum ada informasi lebih lanjut seputar bisnis tambang sang raja properti asal Sumatera Barat ini. Bisa jadi Basrizal memang sudah mulai fokus ke bisnis lainnya.

Itulah empat pengusaha batu bara di Indonesia yang tajir melintir dan hidup bergelimangan harta, tapi jarang diketahui publik. Kalau diperhatikan, mereka semua memulai bisnis dari nol, dan bisnisnya memang gak cuma batu bara.

Mereka pun belum masuk ke jajaran orang terkaya di Indonesia versi Forbes atau Globe Asia. Mungkin tahun depan mereka bakal masuk salah satu di antaranya. (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!