Kayak Istana Negeri 1001 Malam, Rumah Pengusaha HM Fitno Punya Hotel Bawah Tanah

6 menit
Pengusaha muda
Kayak Istana Negeri 1001 Malam, Rumah Pengusaha HM Fitno Punya Hotel Bawah Tanah, (Instagram/@fitno_fabulous ).

Belum lama ini, akun Youtube Rans Entertainment, mengunggah video Raffi Ahmad yang tengah bertandang ke rumah mewah milik pengusaha muda HM Fitno. Pengusaha muda yang kabarnya rajin sedekah itu ternyata tinggal di hunian bak istana 1001 malam.

Bisa dibilang rumah mewah HM Fitno memiliki desain layaknya hunian di Timur Tengah. Bukan cuma mewah layaknya rumah selebriti pada umumnya, perabotan dan desain interiornya megah banget serta berkelas.

Penasaran dengan penampakan rumah milik pengusaha muda ini? Berikut ulasannya.

Baca juga: Hingga Rp 21 Triliun, Ternyata Ini 6 Rumah Termewah dan Termegah di Dunia!

1. Rumahnya mirip kantor Kedubes Asing

Pengusaha muda
Rumah HM Fitno penampilannya bak istana 1001 malam, (Youtube/Rans Entertainment).

Begitulah penampakan rumah HM Fitno, coba perhatikan deh sekilas mirip dengan kantor kedutaan besar negara-negara asing di Jakarta. Walaupun ukurannya emang lebih kecil.

Terlihat banyak pilar-pilar yang menjulang tinggi di rumah tersebut. Keberadaan pilar-pilar tersebut, tentunya membuat penampakannya jadi terlihat megah dan klasik.

Pengusaha muda
Perabotan di rumah mewah ini diboyong langsung dari Turki, (Youtube/Rans Entertainment).

Bisa jadi, valuasi rumah ini udah mencapai puluhan atau ratusan miliar rupiah. Pasalnya, lokasinya aja di Pondok Indah, harga tanah di kawasan elite ini jelas luar biasa mahal.

Pintu rumah mewah itu juga bergaya Timur Tengah. Benar-benar udah kayak masuk istana Sultan banget yah! Desainya yang terlihat kokoh serta warnanya menambah kesan megah.

Baca juga: Dijual Rp 452 Miliar, Begini Penampakan Rumah Milik Michael Jackson di New York

2. Perabotannya semua dibeli di Turki

Pengusaha muda
Perbaotannya langsung diboyong dari Turki, (Youtube/Rans Entertainment).

Penampakan interior rumah pengusaha muda ini mengusung kediaman kerajaan Arab. Nampaknya, buat desain secara keseluruhan, HM Fitno sengaja menyukai hal-hal yang berbau Timur Tengah.

Dalam video tersebut, Fitno sendiri mengaku bahwa dirinya sangat mencintai kebudayaan Turki. Fitno sendiri pernah kerja di Turki.

Pengusaha muda
Perabotan langsung dibawa dari Turki, (Youtube/Rans Entertainment).

Terlihat bahwasannya, dominasi warna emas di rumah ini cukup banyak. Jelas banget bahwa rumah ini jauh dari konsep minimalis, penampakan interiornya pun terlihat ramai banget. Tapi tetap tertata dengan rapih.

Selain itu, lampu-lampu gantungnya yang unik serta ukiran di langit-langit rumah ini juga menambah kesan mewah. Kabarnya, seluruh perabotan di rumahnya emang dibeli langsung dari Turki, proses pengirimannya pun dilakukan dengan kontainer.

Baca juga: Ini Penyebab Perhiasan Indonesia Laris Manis di Dunia

3. Terdapat 5 ruang tamu

Pengusaha muda
Terdapat 5 ruang tamu di kediaman HM Fitno, (Youtube/Rans Entertainment).

Weleh-weleh, ruang tamunya di rumah ini aja ada lima lho! Dan bisa dibilang semua ruangan di rumah ini temanya sama.

Banyaknya ruang tamu tentu menunjukkan kalau rumah ini memang sering dipakai kumpul keluarga. Dan bisa jadi, penghuninya memang banyak atau kerap meeting di rumah aja dengan menyambut para kolega dan klien.

Pengusaha muda
Terdapat 5 ruang tamu dengan perabotan yang serba gaya rumah 1001 malam, (Youtube/Rans Entertainment).

Bicara soal desain Turki di rumah ini, Fitno sendiri bilang kalau desain Amerika atau Eropa itu sudah biasa. Tapi desain Turki memang benar-benar anti-mainstream.

Di samping itu, bisa dibilang Turki merupakan negara Timur Tengah yang dekat dengan benua Eropa, makanya gak heran kalau mereka ngotot masuk Uni Eropa lantaran secara kebudayaan mereka juga nyerempet-nyerempet ke Eropa walau ras masyarakatnya masih ras Arab.

Pengusaha muda
Pajangan ala rumah 1001 malam, (Youtube/Rans Entertainment).

Dan yang lucu adalah di rumah ini ada lukisan sosok seorang Raja berukuran besar. Mungkin kamu bakal bertanya-tanya ini lukisan Raja mana ya? Ternyata wajah Raja di lukisan tersebut merupakan Fitno sendiri, kreatif juga ya!

Pengusaha muda
Lukisan dirinya menjadi pajangan di rumah, (Youtube/Rans Entertainment).

4.  Ada jembatan kecil tempat penyeberangan di rumahnya

Pengusaha muda
Terdapat sungai buatan di dalam rumah HM Fitno, (Youtube/Rans Entertainment).

Wow, wilayah yang satu ini memang benar-benar gak umum ada di rumah mewah seseorang. Tapi  orang kaya bebas mau bikin apa aja di rumahnya sendiri!

Jembatan yang menjadi penghubung antara ruang tamu satu dengan yang lainnya dan buat menuju ke ruangan utama di rumah pengusaha muda ini, didesain sedemikian rupa agar terlihat indah. Fitno sendiri menyebutnya sebagai “sungai”.  Mungkin karena ada air di sisi kanan dan kiri.

5. Ruang tamu utama yang benar-benar paling mewah

Pengusaha muda
Ruang tamu yang mewah banget dan megah, (Youtube/Rans Entertainment).

Ruang tamu utama di rumah Fitno, merupakan ruangan termewah di antara empat ruang tamu lainnya. Penampakannya emang gak kayak rumah di Indonesia.

Segala pernak-pernik berbau Timur Tengah ada semua di sini. Ruang ini juga penuh dengan hiasan dan ornamen kediaman layaknya di dongeng 1001 malam.

Kebayang sih kalau ditotal semua, harganya pasti bikin baper. Dan memang ruangan yang satu ini merupakan ruangan favorit Fitno.

6. Kata Raffi, rumah Fitno mirip rumah di Dubai

Pengusaha muda
Raffi Ahmad sempat terkejut dengan rumah HM Fitno bak di Dubai, (Youtube/Rans Entertainment).

Gak lama setelah masuk ke ruang tamu utama, Raffi pun membuka pintu yang menghubungkan ruang itu ke kolam renang. Raffi langsung bilang kalau saat ini dirinya serasa ada di Dubai, Uni Emirat Arab.

Semua pohon di rumah pengusaha muda ini adalah pohon kurma. Itulah yang menyebabkan penampakan rumah ini benar-benar seperti istana di Timur Tengah.

Pengusaha muda
Meskipun mewah gak lupa lho, HM Fitno menyediakan musala di dalam rumahnya, (Youtube/Rans Entertainment).

Penampakan kolam renang rumah itu juga sangat cantik. Walau ukurannya gak lebar-lebar amat, tapi desainnya memang patut diacungi jempol.

Pengusaha muda
Hiasan kaligrafi juga terdapat di dalam musala, (Youtube/Rans Entertainment).

Dan yang pasti di rumah ini ada musalanya. Penampakan tempat ibadah itu juga luar biasa nyaman dan bikin betah kita buat lebih mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa.

Musala ini juga dilengkapi tempat wudhu di sampingnya lho.

7. Kamar saudara-saudaranya saja mewah banget

Pengusaha muda
Kamar mewah sengaja disediakan buat saudara-saudaranya, (Youtube/Rans Entertainment).

Ketika Raffi diajak masuk ke kamar yang ditempati saudara-saudara pengusaha muda ini, Raffi kaget lantaran kamarnya saja udah mewah banget. Kayak apa kamarnya Fitno ya?

Tempat tidur di kamar ini terlihat mewah, begitu pula dengan perabotan-perabotan lainnya. Udah kayak kamar keluarga kerajaan deh.

Pengusaha muda
Kamar mandi yang mewah dan megah, (Youtube/Rans Entertainment).

Selain kamar tidur, kamar mandinya juga mewah banget! Raffi bilang udah kayak Raja Dubai padahal ini cuma kamar tamu.

Wajar banget tentunya kalau di rumah ini banyak kamar. Wong keponakannya Fitno saja tiga orang tinggal di sini.

8. Master bedroom kayak kamar Sultan

Pengusaha muda
Raffi dan Nagita Slavina sempat kaget melihat gaya rumah HM Fitno, (Youtube/Rans Entertainment).

Nah, letak kamar pribadi Fitno sendiri ada di “wing” yang berbeda dengan kamar-kamar saudaranya! Waduh, luas banget ya rumahnya.

Secara arsitektur, kamu tahu dong kalau mall Grand Indonesia itu ada West Mall dan East Mall. Rumah Fitno kurang lebih punya arsitektur yang mirip-mirip dengan mall di kawasan Jakarta Pusat itu. Jadi antara sudut barat dan timur ada penghubungnya!

Pengusaha muda
Master bedroom yang gede banget bak kamar Raja, (Youtube/Rans Entertainment).

Setelah masuk ke kamar tidur pengusaha muda ini, gak usah ditanya lagi deh. Penampakannya emang benar-benar kayak kamar Sultan. Lantai marmernya aja udah terlihat mahal, begitu pula dengan tempat tidur dan lainnya.

Pengusaha muda
Kamar mandinya aja gede banget dan mewah, (Youtube/Rans Entertainment).

Jangan bandingin kamar ini dengan hotel bintang lima ya, karena hotel bintang lima pun masih kalah mewah sama kamar tidur Fitno. Dan di kamar tersebut, terdapat sebuah lorong rahasia yang isinya brankas! Wah, gak kebayang berapa dolar yang disimpan di sana ya.

9. Ada hotel di basement!

Pengusaha muda
Terdapat hotel di bawah tanah, (Youtube/Rans Entertainment).

Wah ini sih gokil ya, di rumah mewah ini ada hotel yang terletak di lantai dasar! Akan tetapi hotel ini memang diperuntukkan kepada saudara atau kerabat Fitno saja. Terutama yang dari Bangka Belitung.

Bentuknya adalah suite layaknya sebuah apartemen. Walaupun Fitno menyebutnya hotel bujet tapi tetap aja mewah.

Pengusaha muda
Hotel di bawah tanah sengaja disediakan di rumah ini, (Youtube/Rans Entertainment).

Itulah penampakan rumah crazy rich asal Bangka Belitung, HM Fitno yang luar biasa mewah. Bisa dibilang, rumah ini merupakan rumah impian semua orang karena kemewahannya yang gak ternilai.

Sejatinya, sebagai pengusaha muda Fitno sendiri bukan lahir dari keluarga kaya lho. Gimana kalau kita simak saja kisah seorang HM Fitno di artikel selanjutnya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan