Keturunan Sultan Cirebon, Ini Fakta Crazy Rich Raden Reza Pramadia yang Punya Ferrari

3 menit
Pengusaha muda
Pengusaha muda Raden Reza Pramadia crasy rich keturunan sultan Cirebon (Instagram/@kang_rd.reza)

Setelah membahas crazy rich Pariaman, Tanjung Priok, Kalimantan Selatan, Makassar, dan lainnya, kali ini kita bakal membahas pengusaha muda kaya dari Kota Cirebon. Siapa lagi kalau bukan Raden Reza Pramadia.

Selain ngetop sebagai pengusaha, pria yang akrab disapa Kang Reza ini juga merupakan seorang tokoh masyarakat.

Dia juga sempat dikabarkan hendak maju ke Pilwalkot setempat. Namun, Reza mengatakan gak punya ambisi sama sekali untuk maju ke sana, meski dia tetap siap maju.

Yang jelas, Reza merupakan salah satu pengusaha top di bidang pariwisata. Salah satu perusahaan tur dan travel yang dia miliki adalah House of Eza. Selain itu, dia juga pernah berkecimpung di bisnis Batu Bara dan Kelapa Sawit.

Ketika MoneySmart melakukan penelusuran terhadap situs tersebut, situsnya memang sudah ditutup. Namun, dari beberapa portal berita Jawa Barat, nama House of Eza cukup sering disebut.

Penasaran dengan fakta-fakta pengusaha muda satu ini? Yuk, simak ulasan berikut ini:

1. Keturunan Sultan Cirebon

Pengusaha muda
Pengusaha muda Raden Reza Pramadia merupakan keturunan sultan Cirebon (Instagram/@kang_rd.reza)

Menurut informasi dari salah satu media otomotif yang berada di bawah naungan Jawapos, Ototrend, pengusaha muda satu ini berdarah biru. Dia memiliki garis keturunan dari Kesultanan Cirebon.

Sebagai salah satu tokoh masyarakat, Raden Reza juga merupakan sosok yang sangat peduli dengan kebudayaan lokal. Dia pun memiliki sebuah galeri yang menampilkan barang-barang bersejarah dari Kesultanan Cirebon.

Bisa dibilang, isi posting-an di akun Instagramnya hampir semua mempromosikan Cirebon. Mulai dari barang bersejarah, tempat wisata, hingga tempat belanja setempat.

Raden Reza juga cukup dekat dengan tokoh-tokoh agama setempat. Dia pun turut serta dalam menyukseskan pembangunan pesantren di sana.

Dalam dunia bisnis, Reza juga mengalami perjuangan yang sama seperti pengusaha lainnya. Pernah ditipu dan mengalami jatuh bangun, tapi hal itulah yang justru membuat mentalnya makin semakin kuat.

Baca juga: Berawal Dari Bisnis Kecil-Kecilan, 5 Anak Muda Indonesia Ini Jadi Tajir

2. Koleksi supercar

Pengusaha muda
Pengusaha muda Raden Reza Pramadia gemar mengoleksi supercar (Instagram/@kang_rd.reza)

Sebagai seorang pengusaha muda sukses, Raden Reza tampaknya punya hobi yang gak jauh beda dengan pengusaha-pengusaha top daerah lainnya.  

Beberapa koleksi mobil sport yang dimilikinya adalah Porsche, Lamborghini, McLaren, Ford Mustang, hingga Mini Cooper. Sama seperti Ahmad Sahroni, dia pun tergabung dalam klub mobil mewah di Indonesia.

Mobil sport pertamanya adalah, Mercedes Benz SLK, dia pun membeli mobil keluarga pertamanya yaitu Toyota Alphard. Lalu gak lama kemudian dia beli Lamborghini Gallardo dan Aventador, Jeep Rubicon, serta sportcar lain.

Dalam wawancaranya di Ototrend, Reza blak-blakan mengakui, balapan merupakan hobinya di masa kuliah. Dia kerap melakukan hal itu tanpa sepengetahuan orangtua.

Berawal dari mobil Toyota Kijang milik orangtuanya yang di modif, lambat laun dia pun berani mengoleksi supercar-supercar mahal setelah bisnisnya moncer.

Baca juga: Senilai 12 Miliar! Ini Koleksi Mobil Crazy Rich Semarang Bos ADA Swalayan

3. Outfit-nya sederhana, tapi aksesori mahal-mahal

Pengusaha muda
Pengusaha muda Raden Reza Pramadia memakai outfit sederhana tapi aksesorinya mahal (Instagram/@kang_rd.reza)

Dari foto-foto yang diunggah di Instagramnya, Raden Reza memang sering terlihat dengan sederhana. Tapi, jangan tanya deh soal koleksi jam tangannya yang keren banget!

Salah satunya, RM 67 yang harganya Rp 1,7 miliar. Selain itu, ada juga Rolex Submariner, dan lainnya.

Untuk sehari-hari, Raden Reza memang sering terlihat mengenakan jam tangan G-Shock GA Series yang diameternya besar. Jam tangan itu merupakan jam tangan tahan banting yang pas digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

4. Hobi main golf

Pengusaha muda
Pengusaha muda Raden Reza Pramadia memiliki hobi main golf (Instagram/@kang_rd.reza)

Selain hobinya mahal, olahraga sang pengusaha muda ini juga terbilang mahal. Apalagi kalau bukan main golf.

Gak jarang Reza mengunggah fotonya di tengah lapangan golf yang dipenuhi rumput hijau.

Tentunya, bagi pengusaha main golf itu hukumnya wajib bisa. Pasalnya, golf merupakan olahraga yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan networking.

Semua bentuk lobi terkait bisnis dan sebagainya biasanya bisa dilakukan di tengah permainan itu.

Itulah sekilas fakta mengenai pengusaha muda yang merupakan crazy rich Cirebon. Intinya, sebagai putra daerah sejati dia pun gak pernah lupa untuk promosi kebudayaan tempat tinggalnya.

Salut deh pokoknya sama Raden Reza, semoga ke depannya bisa masuk Forbes. (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.