5 Pengusaha Perempuan Muslim Indonesia yang Sukses Go Internasional

4 menit
pengusaha muslim
Dian Pelangi, salah satu pengusaha muslim sukses Indonesia. (Instagram/@dianpelangi)

Di bulan puasa ini ada baiknya mengisi informasi dengan berita-berita yang positif saja, seperti misalnya membahas pengusaha muslim wanita asal Indonesia yang sukses di usia muda. Kenapa begitu? Ya, salah satunya adalah agar bulan puasamu menjadi penuh berkah tanpa dirusak oleh informasi yang negatif. Lagipula, kan bisa menjadi inspirasi buat kamu dalam berkarier maupun merintis usaha.

Mungkin sudah banyak di luar sana wanita muslim yang menjadi orang terkaya. Sebut saja seperti Rania Al Abdullah asal Yordania, Hajah Hafizah Sururul Bolkiah asal Brunei Darussalam, sampai Lala Salma asal Maroko. Tapi sayangnya kekayaan ketiga nama wanita muslim terkaya di dunia itu karena mereka berasal dari lingkungan kerajaan, jadi wajar saja kalau mereka bisa berlimpah harta.

Tapi, di Indonesia, kita memiliki sosok-sosok yang gak kalah hebat. Meski gak menjadi wanita terkaya di dunia, tapi mereka berhasil sukses di usia muda bahkan dengan harta miliaran rupiah.

Yang lebih hebat lagi, kesuksesan diraih berkat hasil kerja keras mereka, bukan dari harta turunan atau harta suami. Ada yang jadi pengusaha fesyen, desainer kawakan, hingga bos startup pakaian muslimah.

Berikut ini 5 pengusaha muslim wanita sukses asal Indonesia yang bahkan sukses menembus pasar internasional.

Baca juga: Kisah Sukses Dian Pelangi Besarkan Bisnis hingga Mancanegara

1. Dian Pelangi

pengusaha muslim
Dian Pelangi. (Instagram/@dianpelangi)

Dian Wahyu Utami bisa dibilang sebagai salah satu pengusaha muslim paling sukses di Indonesia. Wanita kelahiran 1991 ini bahkan telah mencatatkan namanya di deretan Forbes 30 Under 30. Dian merupakan seorang desainer dan pemilik beberapa gerai toko baju muslim perempuan ‘Dian Pelangi’.

Awal mula kesuksesannya adalah saat ia diminta untuk mengurus toko busana muslim milik ibunya di Jakarta. Kesempatan ini pun tak disia-siakannya. Ia yang baru lulus dari sekolah mode Esmod justru memiliki peluang lebih besar untuk berkreasi dengan usaha ibunya.

Setelah merasa mendapat banyak ilmu baik dari pendidikan formal maupun dari sang ibu, ia akhirnya memutuskan untuk membuka butik sendiri. Dian lebih senang berkreasi dengan warna-warna yang cerah yang menggambarkan anak muda. Oleh sebab itum butik busana muslimnya diberi nama ‘Dian Pelangi’. Gak cuma di Indonesia saja lho butiknya juga ada di Malaysia dan Dubai.

Karya-karya Dian bahkan telah dipertontonkan di ajang bergengsi seperti New York Fashion Week tahun 2017 lalu.

Baca juga: Jadi E-Commerce Muslim Terbesar! Ini Cerita Diajeng Lestari Besarkan Hijup

2. Diajeng Lestari

pengusaha muslim
Diajeng Lestari. (Instagram/@diajenglestari)

Diajeng Lestari merupakan pengusaha startup busana muslim sukses, yaitu Hijup. Diajeng adalah istri dari Achmad Zaky yang gak lain adalah pendiri BukaLapak.

Latar belakangnya mendirikan Hijup berawal dari sulitnya mencari pakaian muslim yang trendi dan unik. Padahal, kala itu sudah banyak desainer-desainer kreatif bermunculan dengan produk andalan pula, seperti salah satunya Dian Pelangi. Namun sayangnya, sistem penjualannya masih belum tersistem dengan baik, sehingga banyak orang yang masih kebingungan untuk membelinya.

Nah berdasarkan kasus di atas, Diajeng pun mulai menggaet produk busana muslim lokal tersebut untuk bergabung bersama Hijup. Kini kamu bisa melihat ratusan merek dari para desainer top di situs Hijup.com.

Penjualannya pun gak cuma di Indonesia saja, tapi juga telah merambah pasar internasional, seperti di Singapura, Malaysia, Brunei, dan London. Produk yang dijual di Hijup pun bisa dikirim ke lebih dari 50 negara.

Baca juga: Pengusaha Muda Sukses yang Baru 25 Tahun Ini Sudah Jadi Miliarder, Uangnya Dari Mana?

3. Medina Zein

pengusaha muslim
Medina Zein. (Instagram/@medinazein)

Pengusaha muslim satu ini umurnya masih sangat muda sekitar 27 tahun, tapi pendapatannya telah mencapai miliaran rupiah. Dialah Medina Zein, pengusaha muda yang sukses berkat beberapa unit usaha.

Medina diketahui memiliki bisnis bernama Jannah Corporation. Ditelisik lebih jauh, bisnis tersebut ternyata bergerak di bidang kuliner, terutama kue kekinian. Kalau kamu pernah melihat artis-artis buka toko kue kekinian, seperti kue Napoleon Irwansyah dari Medan, dan Snow Cake Zaskia Sungkar di Surabaya. Nah, mereka berada di bawah naungan Jannah Corporation.

Selain kue, Medina juga memiliki bisnis skincare yang dimulainya sejak tahun 2011. Kala itu bisnisnya ini hanya berkonsep online shop, tapi kini sudah menjadi bisnis dengan omzet miliaran rupiah.

Gak puas hanya dengan kue dan skincare, Medina kemudian mendirikan tour dan travel yang melayani perjalanan umrah. Medina menggunakan popularitas Raffi Ahmad dan Nagita Slavina sebagai strategi marketingnya dengan memberangkatkan mereka umrah.

4. Ria Miranda

pengusaha muslim
Ria Miranda. (Instagram/@riamiranda)

Dian Pelangi mungkin bukan satu-satunya desainer sekaligus pengusaha muslim wanita sukses di Indonesia. Ada satu lagi sosok yang menginspirasi yaitu Ria Miranda. Ria mulai merintis kariernya sebagai desainer sejak tahun 2009 silam. Diawali dengan menekuni profesi fashion stylist, Ria akhirnya resmi membuka brand busana muslimnya sendiri yang diberi nama Shabby dan kemudian berubah nama menjadi RiaMiranda.  

Wanita kelahiran 1985 ini gak sembarangan mendirikan bisnis busana muslim saja. Ria memang memiliki background bisnis sekaligus desainer. Ia merupakan lulusan sarjana ekonomi, sekaligus sekolah mode ESMOD. Kini penjualan bisnisnya tersebut terus meroket.

5. Pengusaha muslim, Jenahara Nasution

pengusaha muslim
Jenahara Nasution. (Instagram/@jenaharanasution)

Jenahara merupakan seorang putri dari aktris sekaligus desainer Tanah Air, Ida Royani. Tapi, wanita yang akrab disapa Jehan ini mengaku tidak mendompleng popularitas ibunya dalam hal berbisnis.

Jehan sukses menjadi desainer busana muslim berkat kerja kerasnya sendiri. Pada tahun 2006, ia merancang brandnya sendiri untuk dipasarkan. Namun sayangnya rencana tersebut baru bisa terealisasi pada tahun 2011.

Alasannya, karena pada tahun 2006 itu, pasar busana muslim kekinian belum terlalu booming, sehingga masih ada keraguan dari dirinya untuk memulai usaha. Ditambah lagi ia belum bisa memecah konsentrasinya ke bisnis karena sedang mengurusi keluarga kecilnya.

Kini bisnisnya tersebut telah maju pesat di Indonesia. Bahkan karya-karya rancangannya telah berhasil dipamerkan di pasar internasional seperti Hong Kong, Thailand, hingga Milan.

Itulah kisah lima pengusaha muslim wanita asal Indonesia. Mereka bisa mendapatkan keuntungan miliaran rupiah, bahkan mengepakkan sayap ke dunia internasional di usia yang masih sangat belia. Kalau kamu mau bekerja keras dan terus berinovasi, kamu bisa kok kaya mereka juga. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan