Tinggalkan Pekerjaan Utama, 4 Pengusaha Ini Justru Sukses Lewat Kerja Sampingan

4 menit
pengusaha sukses
Julie T. Ewald. (Twitter.com)

Pekerjaan sampingan memang gak bisa dianggap remeh. Meskipun dikerjakan saat waktu senggang, tapi pendapatan yang diperoleh lumayan. Bahkan, kerja sampingan juga bisa lho mengantarkan kamu menjadi seorang pengusaha sukses. Jadi, gak semua bisnis sampingan hanya sebagai ‘penambal’ keuanganmu saja.

Ketika kerja sampingan menghasilkan lebih banyak pendapatan, banyak orang yang justru meninggalkan pekerjaan utamanya. Hal itu dilakukan agar lebih fokus pada kerja sampingan dan membesarkannya demi menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

Merubah kerja sampingan menjadi bisnis utama memiliki banyak keuntungan. Kamu jadi lebih punya banyak waktu yang lebih fleksibel ketimbang kerja kantoran.

Berikut ini, kita mau kasih info tentang lima pengusaha sukses yang berhasil mengubah kerja sampingan menjadi bisnis yang menjanjikan. Simak ulasan lengkapnya seperti dikutip dari thebalancesmb.

Baca juga: Mengintip Perjalanan 4 Orang Sukses yang Dulunya Petugas Kebersihan

1.  Kristin Berry

Pengusaha sukses
Kristin Berry. (missdesignberry.com)

Kristin Berry dulunya adalah seorang karyawan biasa di kantor periklanan di New York. Meskipun gajinya besar, tapi ia mengaku gaji yang didapatkan masih jauh dari kata cukup untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Bekerja di kantor periklanan, Berry memiliki keterampilan desain grafis yang andal. Memanfaatkan kelebihannya itu, ia pun memutuskan untuk membuka jasa freelance desain grafis. Ia mulai membuat logo dan desain untuk kliennya.

Karyanya pun mulai diakui banyak orang hingga akhirnya dalam waktu dua tahun ia merekrut pegawai dan memutuskan untuk keluar dari pekerjaan utamanya.

Kini Berry resmi menjalankan perusahaan desain grafis sukses yang diperkuat 20 orang karyawan dan memiliki website missdesignberry.com. Proyek yang biasa dikerjakan berupa kartu undangan, kartu ucapan pernikahan, dan buku album foto pernikahan.

Baca juga: Alasan Mengapa Bisnis Coffee Shop Bisa Untung Besar, Ini Rahasia Suksesnya

2. Skot Carruth

pengusaha sukses
Skot Carruth. (thinking.philosophie.is)

Skot Carruth merupakan seorang pegawai bank. Profesi ini ia pilih lantaran memiliki jenjang karier yang jelas untuk masa depan. Tapi di tengah perjalanan, ia merasa pekerjaannya ini justru gak punya prospek yang menjanjikan.

Ia pun kemudian memutuskan untuk membuka bisnis sampingan, yaitu jasa desain website hingga pembuatan software. Gaji dari pekerjaan utamanya pun digunakan untuk membesarkan kerja sampingan yang diberi nama Philosophie Group Inc.

Berdiri pada tahun 2008, kini Philosophie telah memiliki tiga kantor cabang dan total karyawan 40 orang. Pengguna jasanya bukan perusahaan-perusahaan sembarangan. Dikutip dari crunchbase, klien mereka mulai dari Nissan, Nintendo, hingga Google.

Baca juga: Gajinya Tembus Puluhan Miliar Rupiah, Ini Deretan CEO Tersukses di Dunia

3. Julie T. Ewald

pengusaha sukses
Julie T. Ewald. (Twitter.com)

Julie T. Ewald merupakan warga asli Amerika Serikat. Berbagai macam profesi pernah ia geluti, bahkan sampai ke negeri orang. Ewald pernah bekerja sebagai penulis lepas di Italia. Setelah dirasa membutuhkan lebih banyak uang, Ewald akhirnya kembali ke Amerika Serikat dan menjadi penulis tetap di salah satu perusahaan.

Tapi sama seperti kisah pengusaha sukses sebelumnya, gajinya dari pekerjaan utama Ewald dirasa kurang. Ia pun terjun ke kerja sampingan sebagai jasa penulis untuk iklan. Kinerjanya terus mendapatkan apresiasi dari kliennya hingga pesanan pun membludak.

Di saat pekerjaan sampingannya lebih menjanjikan, Ewald memutuskan untuk hengkang dari kantornya dan mendirikan perusahaan bernama Impressa Solutions. Perusahaan tersebut bergerak di bidang agensi periklanan dan pemasaran. Dikutip dari laman resminya impressasolutions.com mereka memiliki banyak klien yang tersebar di 9 negara, salah satunya adalah eBay.

4. Amani Roberts

pengusaha sukses
Amani Roberts. (amaniexperience.com)

Amani Roberts mulanya hanya pegawai kantoran biasa. Tapi, ia juga dikenal sebagai disc jockey alias DJ. Meskipun sudah mendapatkan gaji rutin tiap bulan, Amani tetap rajin nge-job di sana-sini mengisi perayaan pesta ataupun event kecil-kecilan. Ia manggung malam harinya setelah pulang bekerja, atau saat libur akhir pekan.

Tapi siapa sangka, bayarannya sebagai DJ ternyata sangat menggiurkan, lebih besar satu setengah kali lipat dari gaji pokoknya. Akhirnya Amani memutuskan untuk resign pada tahun 2012 dan mendirikan perusahaan The Amani Experiences.

Perusahaan ini menaungi 12 DJ andal yang siap dipanggil untuk berbagai macam event, seperti nikahan, pesta kecil-kecilan, dan acara lain yang membutuhkan hiburan musik.

Bahkan, DJ The Amani Experiences telah manggung ke kota-kota besar hingga ke luar negeri seperti Malibu, Beverly Hills, Los Angeles, hingga Brasil.

Itu tadi 4 pengusaha sukses yang berhasil mengubah kerja sampingan mereka menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Salah satu pelajaran penting yang bisa dipetik dari keempatnya adalah, berani bertindak.

Meskipun mereka memiliki pekerjaan tetap tapi mereka tak pernah menyerah begitu saja, selalu haus akan kemajuan. Keberanian untuk keluar dari pekerjaan utama dan mengembangkan bisnis yang belum jelas masa depannya merupakan hal yang harus kita contoh. Kalau kamu gak memiliki keberanian untuk bergerak, bagaimana kamu tahu kalau kamu akan sukses ke depannya. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan