Banner ImageBanner Image

Lulusan SMK, Ternyata Ini Lho Sosok di Balik Suksesnya Tas Eiger

3 menit
Ronny Lukito (majalahsora.com)
Ronny Lukito (majalahsora.com)

Begitu dengar Eiger, kamu pasti ingatnya tas yang biasa dipakai para pendaki gunung. Ternyata di balik popularitas yang diraih Eiger sebagai brand perlengkapan outdoor, ada peran Ronny Lukito yang kini telah menjadi pengusaha sukses.

Eiger sendiri udah ada sejak 1990-an. Apa yang dijual brand ini dari awal udah dikhususkan buat para pecinta alam atau pendaki gunung.

Namun, seiring perkembangan yang kian pesat dan keinginan pelanggan yang bertambah, Eiger kini juga menjual perlengkapan buat riding, traveling, hingga produk lifestyle.

Seperti yang udah disebutkan tadi, pencapaian Eiger saat ini gak lepas dari peran Ronny Lukito. Penasaran dengan kisahnya? Ikuti ulasannya berikut ini.

Eiger: dari nama gunung yang berubah jadi untung

pengusaha sukses
Ronny Lukito terima penghargaan Muri (faktabandungraya)

Berasal dari keluarga dengan ekonomi pas-pasan bukan jadi halangan bagi Ronny Lukito buat menjadi pengusaha sukses. Pria yang lama tinggal di Bandung ini bisa dibilang sosok gak mudah menyerah.

Meski hanya menyandang status sebagai lulusan SMK, gak bikin Ronny minder dalam menjalani hidup. Sadar akan kondisinya tersebut, ia memutuskan buat membantu usaha tas yang dijalankan orang tuanya. Ia melakoninya sejak masih duduk di bangku sekolah.

Dari situlah Ronny belajar gimana cara bikin tas dan memasarkannya. Hingga akhirnya Ronny memilih buat mengembangkan usaha tasnya sendiri.

Bermodalkan Rp 1 juta, Ronny menjahit tasnya sendiri dengan dua mesin jahit, peralatan jahit sederhana, dan bahan baku pembuatan tas.

Kecintaannya akan alam mendorongnya buat bikin tas gunung. Terinspirasi nama gunung di Swiss, dipakailah nama Eiger sebagai brand tas produksinya tersebut. Maka tahun 1989 menjadi tahun dimulainya produksi tas Eiger.

Tas Eiger waktu itu distribusinya terbatas pada komunitas-komunitas pecinta alam. Seiring perkembangannya, Eiger mulai dikenal luas dan banyak pembelinya.

Karena permintaan yang kian meningkat, Ronny Lukito membangun pabrik Eiger pertama di Jalan Cihampelas, Bandung. Pemilihan lokasi ini memudahkan komunitas dan konsumen buat menjangkau Eiger.

Saking cintanya terhadap kelestarian alam, pada 1998 ia meluncurkan Eiger Adventure Service Team (East). Ini merupakan organisasi yang berpartisipasi dalam mengembangkan kegiatan alam bebas di Indonesia.

Walaupun pada 1998 krisis moneter melanda Indonesia, situasi tersebut gak lantas bikin Ronny Lukito berhenti di tengah jalan. Dengan terus bekerja keras, ia memulihkan kembali usahanya dan terus maju memperkenalkan Eiger ke banyak orang.

Hasilnya, sejak 1999, usahanya udah menyebar ke sejumlah negara, di antaranya Amerika Serikat, Jerman, Prancis, Cina, Vietnam, hingga Korea Selatan.

Dengan moto “To be the frontier bags and fashion industries”, saat ini PT Eksonindo Multi Product Industry (EMPI), usaha yang dijalankan Ronny Lukito, gak cuma melahirkan brand Eiger, tetapi juga brand lainnya, seperti Exsport, Bodypack, Neosack, Xtreme, dan Nordwand.

Bermodalkan kerja keras dan semangat

pengusaha sukses
Toko Eiger (satutenda)

Ronny Lukito bisa menjadi pengusaha sukses seperti sekarang ini gak lepas dari kerja keras yang dilakukannya. Kondisi hidupnya memberikan dia pelajaran kalau kemajuan itu bukanlah hal yang datang gitu aja.

Makanya ia terus belajar dan turun ke lapangan buat memperkenalkan sekaligus menjaring banyak pembeli. Semangatnya tersebutlah yang akhirnya membawa Ronny menjadi pengusaha sukses saat ini. Bahkan, usahanya udah menjangkau negara-negara lain.

Sosok Ronny bisa menjadi inspirasi kita buat meraih sukses walaupun ada perjalanan panjang dan terjal yang mesti dilalui. Ibarat naik gunung, ada aja kendalanya buat menuju puncak.

Pada akhirnya, Ronny Lukito udah mencapai puncak dan tinggal menikmati pencapaiannya itu. Sosok yang sungguh inspiratif ya!

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong