Jelang Tahun Baru, Ini Tips Mudah Bikin Daftar Resolusi Keuangan

2 menit
Shutterstock
Shutterstock

Menjelang pergantian tahun tentu menjadi waktu yang tepat menyusun resolusi keuangan tahun 2019. Selain bisa menentukan target finansial tahun depan, kamu juga bisa membuka semangat baru dengan lembaran baru.

Financial Planner dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andi Nugroho mengatakan, resolusi keuangan tahun depan sebaiknya diisi dengan keinginan finansial yang belum tercapai.

“Bisa juga resolusi jangka panjang kita, yang untuk mencapainya kita cicil per tahun. Utamakan juga resolusi untuk menambah aset yang bisa menambah income kita, dibandingkan kebutuhan yang bersifat konsumtif,” kata Andi kepada Moneysmart.id.

Namun demikian, sebelum membuat daftar resolusi keuangan tahun 2019, ada baiknya kamu mengevaluasi finansial atau keuanganmu pada tahun ini.

“Apa yang terjadi dengan resolusi keuangan kita yang belum terwujud tahun ini sebaiknya dievaluasi. Karena dengan kita mengevaluasinya, maka kita bisa mengetahui penyebab dibalik belum terwujudnya resolusi itu. Jadi kita bisa memutuskan cara lain atau yang lebih baik untuk bisa mewujudkannya,” tegasnya.

Kemudian, dalam menyusun daftar resolusi tahun 2019, sebaiknya menghindari hal-hal yang bersifat keinginan semata atau bahkan sekedar gaya hidup.

“Hindari terjebak pada kebutuhan yang berdasar pada keinginan dan gaya hidup semata, kecuali semua kebutuhan kita yang lainnya sudah terpenuhi. Misalkan target ganti gadget atau mobil padahal yang lama,” jelasnya.

Susun Daftar Keinginan Realistis

Selain itu, dalam menyusun daftar resolusi keuangan tahun depan, sepatutnya hal-hal yang realistis dan dapat diketahui jangka waktu dalam mencapainya.

“Dalam membuat resolusi, kita harus mencanangkan sesuatu hal yang spesifik keinginannya. Bisa terukur atau diperkirakan kapan waktunya bisa diraih, bukan sesuatu yg diawang-awang, serta realistis,” paparnya.

Hal ini penting untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan finansialmu dengan target atau resolusi keuangan yang diinginkan.

“Jadi misalkan kita karyawan yang bergaji Rp 10 juta perbulan, lalu inginnya tahun depan bisa beli rumah harga Rp 1 Miliar. Tanpa mau mengubah cara mencari uang kita, maka tentu hanya impian semata dan harus mawas diri dan dievaluasi lagi resolusi tersebut,” kata Andi.

Akan tetapi, jika tetap ingin mencapai resolusi tersebut, solusi mencapainya dengan cara mencari pekerjaan sampingan yang bisa memberikan income tidak terbatas atau berbisnis. “Tentu impian tersebut layak untuk diteruskan,” pungkas Andi.

Tahun baru udah sebentar lagi ya, jangan lupa buat resolusi keuanganmu tahun depan, tentukan target keuangan secara bijak, dan hindari yang bersifat konsumtif.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.