Iwan Fals Hingga Via Vallen, 5 Penyanyi Indonesia yang Pernah Jadi Pengamen Jalanan!

3 menit
Penyanyi Indonesia (Instagram/@viavallen)

Berprofesi sebagai penyanyi Indonesia tentu bukan hal mudah. Selain harus memiliki vokal yang bagus, kamu juga harus cerdik memilih lagu yang dijamin bakal booming di pasaran.

Pasalnya, tak bisa dipungkiri setiap hari terus bermunculan penyanyi baru yang meramaikan industri musik Tanah Air. Meski begitu, itu tak menggeser posisi para penyanyi lama yang tetap eksis di dunia hiburan.

Salah satunya, Diva Indonesia Krisdayanti yang sudah aral melintang di dunia musik sejak tahun 1987 hingga saat ini. Jadi, kira-kira sudah sekitar 32 tahun.

Untuk honor yang mereka kantongi pun juga gak sedikit. Contohnya, Syahrini yang mendapat bayaran hingga Rp 250 juta untuk sekali manggung. Jadi, wajar kalau mereka selalu tampil glamor menggunakan barang-barang supermahal.

Di balik kesuksesan para selebriti ini ternyata tak sedikit dari mereka yang meninggalkan cerita miris, tapi sangat menginspirasi. Sebelum sukses dan terkenal sebagai musisi papan atas, ada beberapa musisi ini yang jadi pengamen jalanan.

Siapa saja mereka? Berikut, lima di antaranya seperti dirangkum MoneySmart:

1. Ryan D’Masiv

Penyanyi Indonesia
Penyanyi Indonesia (Instagram/@rianekkypradipta)

Siapa sih yang gak kenal dengan grup band D’Masiv yang lagu-lagunya selalu berhasil meledak di pasaran. Dengan ciri khas suara sang vokalis, Rian Ekky Pradipta atau yang lebih dikenal dengan Rian D’Masiv, menjadi daya tarik sendiri band satu ini.

Pasalnya, suara merdunya membawakan lagu selalu sukses membuat orang yang mendengarkannya seperti terhipnotis.

Siapa sangka, sebelum menjadi vokalis band terkenal, Rian ternyata pernah menjadi pengamen jalanan. Himpitan ekonomi yang ia alami, membuat pria berusia 32 tahun ini terpaksa menjadi pengamen dari bus ke bus di terminal Blok M.

Baca juga: Tajir Banget! Ini 5 Penyanyi Indonesia Terkaya 2018

2. Slank

penyanyi indonesia
Penyanyi Indonesia (Instagram/@slankdotcom)

Grup band yang beranggotakan Bimbim, Kaka, Ridho, Ivanka, Abdee yang tergabung dalam Slank ternyata pernah mengais rezeki menjadi pengamen jalanan.

Perjalanan panjang karier Slank banyak dijadikan inspirasi orang sebagai motivasi untuk mencapai kesuksesan. 

Kini nama Slank bahkan sudah terkenal sebagai band legendaris Tanah Air dengan jutaan fans fanatik yang tergabung dalam Slankers.

Bahkan, Slank pernah menyabet predikat Indonesia’s Highest-Paid Music Star dengan honor mencapai Rp 500 juta per show pada tahun 2008 dan 2009.

3. Charly Van Houten

Penyanyi Indonesia
Penyanyi Indonesia (Instagram/@charly_setiaku)

Sebelum hits dan terkenal sebagai vokalis band terkenal ST12, Charly Van Houten ternyata pernah menjalani hidup yang sulit dan penuh kesusahan.

Pemilik nama asli Muhammad Casmali Parli ini pernah menjalani profesi sebagai pengamen jalanan di Bandung. Charly harus berkeliling terminal dengan hanya bermodalkan gitar demi mendapatkan uang.

Tapi, dia kini sudah banyak menciptakan dan melantukan lagu booming di pasaran yang juga dinyanyikan musisi lain. Dia pun kini hanya tinggal menikmati hasil dari kerja kerasnya selama ini.

4. Via Vallen

Penyanyi Indonesia
Penyanyi Indonesia (Instagram/@viavallen)

Maulidia Octavia alias Via Vallen masuk dalam jajaran penyanyi dangdut dengan bayaran termahal. Kabarnya, wanita berusia 27 tahun ini bisa mengantongi uang Rp 60 juta hingga Rp 70 juta dengan hanya menyanyikan tujuh lagu saja.

Namun, kesuksesan pelantun lagu “Sayang” ini tak didapatkan dengan mudah. Pasalnya, dia diketahui pernah ngamen di jalanan. Bahkan, hanya membawa pulang uang sekitar Rp 4.000 hingga Rp 25 ribu saja. Gak cuma itu saja, Via juga pernah tertangkap Satpol PP.

5. Iwan Fals

Penyanyi Indonesia
Penyanyi Indonesia (Instagram/@iwanfals)

Iwan Fals menjadi salah satu penyanyi legenda di Indonesia yang bahkan kerap menyuarakan isu-isu sosial lewat lantunan lagu yang dinyanyikan.

Sama halnya dengan Slank, penyanyi yang memiliki nama asli Virgiawan Listanto ini juga memiliki jutaan fans fanatik yang tergabung dalam fans club bernama Orang Indonesia (OI).

Sebelum sukses dan terkenal seperti saat ini, Iwan Fals harus jatuh bangun membangun karier. Bahkan, albumnya beberapa kali gagal di pasaran.

Jauh sebelum itu, pria  57 tahun itu ternyata banyak menghabiskan waktunya dengan menjadi pengamen jalanan di Bandung. Bahkan, dia mengamen dengan datang dari rumah ke rumah atau kadang juga di pasar.

Itulah lima penyanyi Indonesia yang kini sukses menjadi musisi papan atas yang ternyata dulu pernah menjadi pengamen jalanan. Salut banget kan? (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.