7 Barang Termahal Peninggalan Tokoh PD II Bertotal Rp 160 M, Banyak yang Milik Hitler!

4 menit
Perang Dunia II
Barang mahal peninggalan tokoh Perang Dunia II, rata-rata milik Adolf Hitler (Shutterstock)

Perang Dunia II (PD II) bisa disebut sebagai momen paling bersejarah dalam peradaban manusia. Bagaimana tidak, peristiwa tersebut memakan korban puluhan juta orang dan kerugian di seluruh dunia ditaksir mencapai US$ 4 triliun atau setara Rp 56.000 triliun.

Jadi, bisa dibayangkan betapa pentingnya peristiwa tersebut. Namun, di balik peristiwa itu, terdapat benda bersejarah bernilai miliaran rupiah yang ditinggalkan para tokoh perjuangan.

Selain meninggalkan bekas luka mendalam bagi para korban, kejadian tersebut meninggalkan barang-barang antik yang ditinggalkan para tokoh penting PD II seperti Adolf Hitler, Winston Churchill, Benito Mussolini.

Keberadaanya jadi buruan kolektor barang sejarah seluruh dunia. Jenisnya pun beragam, ada barang yang digunakan sehari-hari oleh para tokoh tersebut, ada senjata bahkan ada juga hasil tulisan. Para kolektor pun berlomba-lomba mendapatkan barang tersebut.

Yuk, simak tujuh daftar barang termahal peninggalan tokoh Perang Dunia II berikut ini:

1.  Mercedes Benz 770K, Adolf Hitler – Rp 140 miliaran

Perang Dunia II
Mercedes Benz 770K, Adolf Hitler peninggalan Perang Dunia II paling mahal pertama (Shutterstock)

Sama-sama berasal dari Jerman, Mercedes Benz 770K milik Adolf Hitler menjadi barang peninggalan Perang Dunia II termahal hari ini. Gak tanggung-tanggung, harganya mencapai Rp 140 miliar, seperti dikutip dari Finances Online.

Mobil ini sering mendampingi Hitler ketika sedang berpawai di depan rakyatnya ketika masa bertugas dulu. Jadi gak aneh kenapa harganya bisa setinggi itu.

Baca juga: Ada yang Seharga Rp 775 Miliar! 5 Barang Mahal Ini Justru Ditemukan di Tempat Sampah

2.  Medali Victoria Cross, Private Edward Kenna – Rp 7 miliaran

Perang Dunia II
Medali Victoria Cross, Private Edward Kenna peninggalan Perang Dunia II paling mahal kedua (Shutterstock)

Private Edward Kenna merupakan seorang prajurit asal Australia dari batalion 2/4 yang pada tahun 1945 bertugas di Wewak, Papua Nugini.

Dia memberanikan diri bertarung di medan perang yang berbahaya guna meraih kemenangan. Meski gugur dalam pertempuran, Edward Kenna berhasil menghentikan pasukan senjata mesin musuh yang mengancam rekan-rekannya.

Karena keberaniannya tersebut, dia dianugerahi Medali Victoria Cross pada Perang Dunia II yang berhasil dilelang pada tahun 2011 seharga Rp 7 miliaran.

Baca juga: Termurah Rp 77 Juta, Ini Deretan Barang Mahal Milik Pendiri Amazon

3.  Meja Kerja, Adolf Hitler – Rp 6 miliaran

Perang Dunia II
Meja Kerja, Adolf Hitler peninggalan Perang Dunia II termahal ketiga (Shutterstock)

Meja kerja ini menjadi sangat berharga nilainya karena dalam pakta Munich di Perang Dunia II, Adolf Hitler menggunakannya ketika menanda tangani perjanjian tersebut.

Pakta Munich secara umum berisi tentang nasib Cekoslovakia di tangan Jerman.

4.  Mesin Enigma, Adolf Hitler – Rp 3 miliaran

Perang Dunia II
Mesin Enigma, Adolf Hitler peninggalan Perang Dunia II termahal keempat (Shutterstock)

Mungkin kamu pernah menyaksikan film “The Immitation Game” yang dibintangi Bennedict Cumberbatch? Film itu diceritakan mengenai penemuan kode rahasia oleh mesin enigma.

Barang tersebut sangat penting karena dapat mengetahui percakapan yang dilakukan oleh musuh, sehingga para pasukan Jerman tahu apa yang direncanakan sekutu.

Karena itu, mesin Enigma bisa terjual harganya hingga mencapai Rp 3 miliaran. Cukup fantastis, bukan?

5.  Pistol Luger, Adolf Hitler – Rp 2 miliaran

Perang Dunia II
Pistol Luger, Adolf Hitler peninggalan Perang Dunia II termahal kelima (Shutterstock)

Ketika Perang Dunia II berlangsung, kita mengenal Adolf Hitler sebagai seorang yang kejam. Dia menyuruh pasukannya untuk membunuh menggunakan senjata yang dimiliki Jerman saat itu.

Salah satu yang paling terkenal adalah Pistol Luger yang sering dibawa oleh Adolf Hitler ke mana-mana untuk mempersenjatai dirinya sendiri.

6.   Medali Order of Courage, Benito Mussolini – Rp 1,6 miliaran

Perang Dunia II
Medali Order of Courage, Benito Mussolini peninggalan Perang Dunia II termahal keenam (Shutterstock)

Benito Musolini merupakan seorang diktator Italia pada saat Perang Dunia II berlangsung. Dia terkenal kejam dan gak segan membunuh orang yang gak disukai.

Ketika takhtanya berhasil dilucuti pada tahun 1943, salah satu barang yang diambil adalah medali Order of Courage.

Di tahun 2012, balai lelang La Galerie Numismatique berhasil menjual medali ini seharga Rp 1,7 miliaran.

7.   Transkrip Tulisan, Winston Churchill – Rp 400 jutaan

Perang Dunia II
Transkrip Tulisan, Winston Churchill barang peninggalan Perang Dunia II (s.financesonline.com)

Winston Churchill merupakan salah satu Perdana Menteri Inggris paling fenomenal dari tahun 1940 sampai tahun 1945. Sikapnya yang berwibawa dan tegas menjadi panutan banyak orang saat itu.

Salah satu yang menjadi peninggalannya adalah, transkrip tulisan tentang invasinya ke pulau Sisilia di Italia. Tulisan ini berhasil dijual oleh balai lelang Sotheby pada tahun 2003 senilai Rp 500 jutaan.

Itulah daftar 7 barang termahal peninggalan tokoh Perang Dunia II bertotal Rp 160 M! Yang namanya barang bersejarah itu memang gak ternilai harganya, namun tidak untuk ketujuh barang di atas tersebut.

Kamu pengin mengoleksi yang mana? Nabung dulu ya sebelum membelinya! (Editor: Chaerunnisa)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!