Perang Harga Fashion Jokowi dan Prabowo, Siapa yang Menang?

4 menit
Duel fashion Jokowi vs Prabowo., foto: Jokowi dan Prabowo. (Instagram)
Duel fashion Jokowi vs Prabowo., foto: Jokowi dan Prabowo. (Instagram)

Komisi Pemilihan Umum sudah menerima pendaftaran dua pasangan capres dan cawapres yang bakal bersaing di Pilpres 2019. Tapi, badan penyelenggara pemilu itu belum membuat jadwal debat Jokowi vs Prabowo.

Daripada gak sabar nungguin kedua pasangan tersebut beradu argumen di depan publik, gimana kalau kita simak terlebih dulu perang harga pakaian dan aksesoris Presiden Jokowi vs Prabowo. Kalau dibandingkan, kira-kira siapa yang bakal menang ya?

Eits.. tunggu dulu. Menangnya dalam kategori apa dulu ya? Lebih mahal atau lebih murah?

Tentunya, siapa yang menang nantinya akan bergantung dari penilaianmu sendiri. Apakah yang paling keren dan modis, atau yang paling murah.

Yuk kita simak terlebih dulu deretan pakaian dan aksesoris yang sering dipakai Presiden Jokowi. Setelah itu baru kita susul dengan sang penantang, Prabowo Subianto.

Outfit Presiden Jokowi

1. Kemeja putih

Berada di perbukitan Watang Pulu, sore tadi, saya merasa seperti tengah di negeri Belanda. Seperti di Eropa. Padahal Watang Pulu ini di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan — sekitar 200 kilometer dari Makassar. Dan perasaan saya ini timbul karena di hadapan saya adalah kincir-kincir angin raksasa yang baling-balingnya berputar dihembus angin. Ya, inilah Pembangkit Listrik Tenaga Bayu Sidrap, pembangkit listrik bertenaga angin, yang saya resmikan hari ini. Dibangun sejak Agustus 2015, PLTB ini berupa jajaran 30 menara kincir angin raksasa setinggi 80 meter, dengan baling-baling sepanjang 57 meter. Turbin-turbin menara ini bisa menghasilkan total 75 megawatt, yang dapat digunakan untuk mengaliri lebih dari 70.000 pelanggan listrik dengan daya 900 VA. Dengan beroperasinya PLTB Sidrap ini, rasio elektrifikasi di Provinsi Sulawesi Selatan telah mencapai lebih dari 99 persen, sedikit di atas rasio elektrifikasi nasional saat ini yakni kurang lebih 96 persen. Keindahan alam Watang Pulu dan kincir-kincir angin raksasa PLTB ini pun adalah potensi pariwisata.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Presiden Jokowi memang memiliki kurang lebih 10 kemeja putih yang sering digunakan saat blusukan atau kerja. Konon kabarnya kemeja itu sengaja dipilih Jokowi karena murah.

Kemeja itu dibuat oleh penjahit langganannya, Arjuna Tailor, di Solo dan harganya berkisar antara Rp 125 ribu saja per potongnya.

2. Batik

Gak cuma kemeja, untuk batik pun Jokowi punya penjahit langganan di Solo. Untuk batik, harga batik favorit Jokowi tampaknya agak mahal yaitu Rp 1,5 juta.

Mengapa demikian? Karena batiknya adalah batik tulis bukan cap. Pengerjaannya juga terbilang cukup lama, bisa sampai sebulan.

3. Celana hitam

Sama seperti kemeja putih, Jokowi juga punya 10 celana hitam yang dibuat di Arjuna Tailor. Harga celana itu juga sangat merakyat kok yaitu Rp 150 ribu saja.

4. Jas hitam dan abu-abu

Jokowi juga memiliki langganan membuat jas dari Feng Shin Tailor yang juga merupakan langganan Basuki Tjahaja Purnama. Pengrajin jas di Senen, Jakarta Pusat, itu hanya memiliki toko kecil berukuran 3×3 meter.

Konon kabarnya, Jokowi dapat harga spesial tapi sayangnya pemilik Feng Shin Tailor enggan menyebutkan nominal harganya. Yang dia katakan hanya, “kalau orang biasa yang pesan bisa jutaan.” Apakah itu artinya setelan jas Jokowi di bawah Rp 1 juta? Bisa jadi sih.

5. Jaket denim

Semua tentu tahu bahwa Presiden Jokowi sempat mengenakan jaket denim saat touring motor ke Sukabumi. Jaket ini merupakan hasil karya anak bangsa yang dibuat secara custom, tidak diproduksi massal.

Menurut Bernhard Suryaningrat yang merupakan pembuat jaket denim Jokowi, jaket jeans Kepala Negara itu dibanderol Rp 4 juta. Wajar sih kalau mahal, kan gak diproduksi massal. Waktu pengerjaannya juga memakan waktu satu minggu.

6. Jaket bomber

Jaket bomber Jokowi juga sempat jadi perbincangan netizen. Ada yang bilang jaket itu merek Zara atau Adams. Tapi yang jelas sih, kamu bisa dapatkan jaket itu di online shop dengan harga Rp 250 ribu aja.

7. Sepatu

Nah ini dia nih yang juga sering jadi pusat perhatian netizen. Jokowi emang sering gonta-ganti sepatu sneakers.

Baru-baru ini, dia pernah terlihat mengenakan sneakers dari brand lokal NAH Project berwarna merah seharga Rp 451 ribu. Selain itu, dia juga punya sneakers warna carbon black dan oreo gray. Selain Nah Project dia juga memiliki sepatu bikinan produsen sepatu Bandung yaitu Grutty yang harganya Rp 400 ribu.

Tapi jangan salah, Jokowi juga punya dua sepatu mahal. Dia pernah tertangkap kamera memakai Nike LunarEpic Low Flyknit 2 yang harganya Rp 2,3 juta. Dan kabarnya dia juga punya Adidas Yeezy Boost 350 V2 seharga Rp 7 juta.

Outfit Prabowo Subianto

1. Kemeja putih berkantong

Dalam duel outfit Jokowi vs Prabowo, Prabowo ternyata juga sering mengenakan kemeja putih. Namun kemeja putihnya berbeda karena kantongnya ada empat.

Menurut laporan dari media, kemeja itu dijahit khusus di toko yang terletak di Mayestik, Jakarta Selatan. Selain itu, Prabowo juga sempat menyebut nama toko tempat dia membuat pakaian yaitu Kwong Tung. Harganya gak terlalu mahal, cuma Rp 150 ribu.

2. Batik

Menerima kunjungan Presiden RI ke 6 Bapak SBY.

A post shared by Prabowo Subianto (@prabowo) on

Batik Prabowo memang sempat jadi sorotan media, lebih tepatnya saat Prabowo bertemu dengan Soesilo Bambang Yudhoyono. Akan tetapi gak ada informasi lebih lanjut soal harga batik bermotif burung itu.

Yang jelas, kalau diterawang sih ya batik itu bukan batik murah. Sepertinya merupakan batik tulis yang harganya sudah menyentuh jutaan.

3. Celana

Ketika mengenakan kemeja putih, Prabowo seringkali terlihat mengenakan celana cokelat muda. Namun sayangnya gak ada juga informasi mengenai merek celana beliau. Bisa jadi sih harganya juga gak mahal-mahal amat, toh cuma celana bahan paling dibanderol Rp 200 ribuan.

4. Jas double breasted

Untuk jas, Ketua Umum Partai Gerindra ini memang sering terlihat mengenakan jas tipe double breasted klasik. Lagi-lagi, gak ada informasi soal di mana Prabowo bikin jas.

With the Mayor of Florence, Dario Nardella.

A post shared by Prabowo Subianto (@prabowo) on

Jas seperti itu, harganya cukup bervariasi tergantung dari bahannya. Tapi sepertinya, harga jas Prabowo juga gak mahal-mahal banget.

5. Sepatu pantofel

Soal sepatu, Prabowo memang berbeda dari Jokowi. Prabowo memang masih menunjukkan dirinya sebagai seorang pejuang dan nasionalis. Oleh karena itulah gaya fashionnya, termasuk sepatunya juga tergolong formal.

Juru bicara atau orang-orang terdekat Prabowo memang gak pernah menyebut apa merek sepatu yang sering dikenakan Prabowo. Yang jelas cuma pantofel, bisa jadi mereknya Bata, atau apalah kita gak tahu.

6. Songkok Awing

Prabowo juga sering terlihat mengenakan songkok atau peci merek Awing. Songkok yang digunakan Prabowo umumnya adalah yang tipe AC full dan polos, harganya Rp 174 ribu.

Demikianlah duel fashion Jokowi vs Prabowo pada hari ini. Dari duel tersebut bisa disimpulkan bahwa, outfit Jokowi memang sangat beragam dan beberapa di antaranya memang mahal.

Sementara itu, outfit Prabowo memang terlihat sederhana tapi sangat formal dan “kurang millenial.” Prabowo sendiri pernah bilang bahwa, dia memang mencintai pakaian yang sering dia pakai karena praktis. Dia juga mengatakan, di perusahaan miliknya, para pegawai mengenakan pakaian seperti yang dia kenakan. Intinya seragam deh.

Intinya, semahal apapun pakaian mereka, tentu buat dua orang ini sih pakaian-pakaian tersebut murah. Ya jelas murahlah, wong harta mereka saja sudah miliaran Rupiah. Apa artinya jaket Rp 4 juta atau sneakers Rp 7 juta?

Dua-duanya pun sama-sama mengedepankan kesederhanaan dalam berpakaian. Coba deh, apa pernah kalian melihat salah satu di antara mereka memakai jam mahal seharga rumah? Pasti gak pernah kan.

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan