Deretan Perangko Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Rp 141 Miliar!

3 menit
Deretan Perangko Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Rp 141 Miliar!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak cuma mobil mewah aja yang harganya menyentuh miliaran rupiah. Deretan perangko termahal di dunia ini juga memiliki nilai jual yang sangat tinggi, bahkan mencapai Rp 141 miliar lho. 

Perangko klasik atau tua ini diproduksi pada tahun 1800-an dan memiliki nilai historis yang sangat berkesan banget. Bagi kolektor yang menyukai pasti bakal merasa bangga banget nih bisa menyimpan koleksi-koleksi perangko termahal ini. 

Beberapa faktor yang membuat sebuah perangko menjadi barang mahal adalah karena sulitnya didapatkan dan diproduksi di era tertentu. Gak cuma itu perangko ini malah mengalami kecacatan dalam produksi dan dinilai sebagai barang termahal

Pengin tahu perangko-perangko yang dinyatakan sebagai barang termahal di dunia? Situs The Richest telah merangkum koleksi perangko yang harganya gak wajar itu. Yuk cek di bawah sini.

Baca juga: Bisa Untuk Beli Rumah dan Mobil Mewah, Ini 7 Barang Sehari-hari Termahal di Dunia

1. Inverted Jenny menjadi perangko termahal di dunia

perangko termahal
Perangko ini dibanderol miliaran rupiah, (therichestimages.com).

Nah ini nih salah satu perangko yang salah cetak tapi akhirnya menjadi perangko termahal di dunia. Kabarnya, perangko ini dijual lebih dari US$ 83 ribu atau Rp 1,1 miliar!

Perangko bergambar pesawat JN-4HM ini dicetak tahun 1918 di Amerika Serikat. Akibat salah cetak ini, gambar pesawatnya terbalik. 

Peristiwa ini ternyata cukup dikenang oleh para filateli (kolektor perangko) dan kabarnya Inverted Jenny ini cuma dicetak ratusan lembar saja. Pada tahun 2016, perangko ini pun dilelang dan harganya miliaran rupiah.

Baca juga: 7 Barang Termahal Peninggalan Tokoh PD II Bertotal Rp 160 M, Banyak yang Milik Hitler!

2. Baden 9 Kreuzer juga salah satu perangko termahal

perangko termahal
Nominalnya bikin geleng kepala kalau kamu pengin mengoleksi perangko ini, (therichestimages.com).

Sama seperti Inverted Jenny, kesalahanlah yang akhirnya membuat perangko ini menjadi luar biasa mahalnya. Baden 9 Kreuzer merupakan salah satu perangko termahal juga nih, kabarnya laris US$ 1,1 juta atau Rp 15 miliar.

Kesalahan yang ada di perangko ini adalah terdapat di bagian warnanya. Berhubung cuma ada empat lembar aja yang dijual, maka perangko ini dijual sangat mahal.

Baca juga: Bisa Untuk Beli Rumah dan Mobil Mewah, Ini 7 Barang Sehari-hari Termahal di Dunia

3. The First Two Mauritius

perangko termahal
Perangko ini dihargai Rp 15 miliar lho kalau kamu pengin memilikinya, (therichestimages.com).

Perangko ini rilis di tahun 1847 dan memiliki dua model. Harga perangko bergambar Ratu Victoria ini pun mencapai US$ 1,1 juta atau Rp 15 miliar.

Bisa dibilang perangko termahal ini memang jumlahnya gak banyak. Di tahun 1981, perangko ini cuma beredar 27 lembar aja di pasaran lho dan sayangnya benda ini juga seringkali dipalsukan.

4. The Treskilling Yellow

Perangko termahal
The Treskilling Yellow termasuk salah satu perangko yang memiliki nilai jual sangay tinggi, (therichestimages.com).

Sama seperti Baden 9, perangko ini diproduksi dengan warna yang salah. Kecacatan produksi ini juga baru diketahui oleh kolektor pada tahun 1886. Salah satu perangko ini pun laris dilelang US$ 2,3 juta atau Rp 32 miliar.

5. The British Guiana 1 C Magenta

perangko termahal
The British Guiana 1 C Magenta salah satu perangko di dunia yang dijual seharga Rp 141 miliar, (therichestimages.com).

Bagi kolektor perangko, benda yang satu ini ibarat sebuah Holy Grail. Wajar aja, harganya sampai US$ 10 juta Rp 141 miliar saat dilelang lho. Perangko ini sempat jadi perbincangan usai muncul beberapa versi palsunya di pasaran.

Harganya mahal karena diproduksi pada tahun 1856 dan sampai detik ini, kolektor cukup meyakini bahwa cuma ada satu perangko The British Guiana 1C Magenta. 

Itulah deretan perangko termahal di dunia yang harganya miliaran rupiah. Buat kamu yang suka koleksi perangko dan pengin memiliki salah satunya mau gak mau mesti mengumpulkan uang sangat banyak. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.