Ini 4 Negara Muslim yang Merayakan Tahun Baru dengan Meriah

4 menit
Ini 4 Negara Muslim yang Merayakan Tahun Baru dengan Meriah, (Ilustrasi/Shutterstock).

Perayaan tahun baru 2019 emang terlaksana di seluruh belahan dunia. Gak menutup kemungkinan nih, negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam juga meramaikan perayaan tahun baru.

Gimana dengan perayaan tahun baru kamu semalam? Pasti meriah banget ya dan berkesan pastinya. Ya, gimana gak kamu berkumpul dengan teman, sahabat, sanak saudara bahkan keluarga ya buat meramaikan pergantian tahun 2018 ke tahun 2019.

Hingar bingar dan pesta kembang api pastinya kamu lakukan saat meramaikan pergantian tahun semalam. Gak cuma itu makan-makanan yang enak juga tersajikan di meja makan rumah kamu.

Di Indonesia sendiri masyarakatnya gak mau ketinggalan buat meramaikan perayaan tahun baru di berbagai pelosok di Tanah Air. Bahkan yang di ibu kota juga melakukan pesta pergantian tahun dan pastinya bikin jalanan macet banget nih.

Seperti dikutip dari Okezone.com, Selasa, (1/1/2019), negara-negara Muslim juga merayakan tahun baru sama seperti negara lainnya. Tradisi menyambut pergantian tahun baru emang gak pernah bakal ditinggalkan nih sejak dulu.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Seru untuk Rayakan Malam Tahun Baru di Jakarta

Meskipun penduduknya mayoritas adalah Muslim, negara-negara ini juga gak mau ketinggalan lho dalam merayakan pergantian tahun. Gimana gak merayakan, negara ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara yang pengin melihat meriahnya pergantian tahun di beberapa tempat wisata.

Mau tahu negara Muslim mana aja sih yang meramaikan perayaan tahun baru? Yuk, kita lihat sama-sama di bawah ini.

1. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab jadi tempat liburan buat merayakan tahun baru, (Ilustrasi/Pexels).

Negara Uni Emirat Arab yang memiliki tagline sebagai negara “One Thousand and One Nights” alias Negeri Seribu Satu Malam, negara ini ternyata memiliki aura yang bagus nih buat bermalam dan merayakan perayaan tahun baru. Meskipun warganya mayoritas Muslim, Uni Emirat Arab rasanya menjadi tempat yang pas nih buat melakukan perayaan tahun baru.

Buat meluncur ke Uni Emirat Arab, kamu mesti mengeluarkan uang sekitar Rp 4,7 juta lho buat tiket pesawat sekali pergi aja nih. Menggunakan maskapai Emirates dengan harga segitu dijamin sih kamu bakal nyaman banget.

Baca juga: Pengin Rayakan Keseruan Malam Tahun Baru di Hotel, Ini Pilihannya

Selain itu, kalau kamu pengin pergi dengan maskapai penerbangan Etihad uang yang perlu dikeluarkan itu sekitar Rp 5 jutaan. Harga tiket pesawat ini bisa kamu cek melalui berbagai paltform travel online.

2. Malaysia

Malaysia salah satu negara yang penduduknya mayoritas Muslim juga meramaikan pergantian tahun, (Ilustrasi/Pixabay).

Negara Muslim lainnya yang juga meriahkan perayaan tahun baru adalah Malaysia. Malaysia emang gak jauh berbeda dengan Indonesia ya, mulai dari makananannya dan tradisinya hampir sama lho.

Di Malaysia biasanya dilakukan penutupan jalan juga nih sama seperti yang terjadi di jalan protokol Indonesia. Malaysia juga merupakan negara yang penduduknya mayoritas Muslim. Nah, di sini kamu bisa menikmati indahnya pemandangan kembang api yang ada di kawasan Menara Petronas.

Baca juga: Sambut Tahun Baru 2019, Indonesia Cari Utangan Rp 30 Triliun

Kawasan Putrajaya dan Precinct 3 juga ramai lho oleh warganya yang mayoritas Muslim melakukan perayaan tahun baru. Buat melakukan penerbangan ke Malaysia emang gak susah kok. Kamu cukup mengeluarkan uang buat tiket sekitar Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta aja.

3. Turki

Turki juga salah satu negara yang meramaikan perayaan pergantian tahun baru, (Ilustrasi/Shutterstock).

Negara Muslim lainnya yang juga merayakan tahun baru 2019 adalah Turki. Gimana gak merayakan tahun baru 2019, negara Turki emang udah jadi incaran wisawatan luar negeri buat menikmati pergantian tahun 2019.

Makan malam dengan menu daging kalkun panggang emang jadi tradisi warga Muslim Turki lho. Hotel-hotel, restoran bakal memberikan penawaran menarik lho buat wisawatan yang pengin merayakan pergantian tahun baru.

Tiket penerbangan ke Turki kamu perlu mengocek uang kisaran Rp 8 jutaan buat maskapai Oman Air. Lain lagi dengan Turkish Airlines, kamu perlu mengeluarkan kocek sekitar Rp 10 jutaan.

4. Mesir

Perayaan pergantian tahun di Mesir juga gak kalah meriahnya dengan negara Muslim lainnya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, pesona negara Mesir yang mayoritas penduduknya Muslim juga gak luput dari perayaan tahun baru lho. Negara yang emang indah banget ini banyak jadi incaran wisatawan buat liburan apalagi di akhir tahun begini.

Pemandangan gurun pasir dengan latar belakang Piramid dan Patung Sphinx banyak warga Mesir melakukan perayaan tahun baru. Tapi di sini kamu jangan harap bisa minum-minuman beralkohol ya, mengingat warganya mayoritas Muslim.

Untuk terbang ke Mesir ini kamu perlu membeli tiket penerbangan sekitar Rp 8,5 juta lho buat Oman Air. Lain lagi dengan maskapai Saudia, kamu mesti mengeluarkan uang sekitar Rp 9,4 juta ya.

Jalan-jalan ke luar negeri boleh aja asalkan kamu udah mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari biaya penerbangan hingga biaya hidup buat di sana. Ya, meskipun tahun ini kamu gak bisa ke negara-negara di atas, mungkin tahun depan bisa kamu realisasikan ya. (Editor: Mahardian Prawira). 

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi yang mulai menyukai seputar dunia investasi, ekonomi dan bisnis. Lebih menyukai dan menghargai sebuah proses dalam mencapai sesuatu! Xoxo...