Gara-Gara Skor Kredit Buruk Jadi Susah Dapat Pinjaman? Perbaiki dengan Cara Ini

3 menit
Skor kredit yang buruk menjadi kendala yang sering dihadapi orang-orang buat dapatkan pinjaman (Shutterstock).

Skor kredit menjadi ukuran diterima atau ditolaknya pengajuan pinjaman. Kalau skornya bagus, aplikasi pengajuan berpeluang disetujui. Sementara kalau buruk, peluang buat pengajuan disetujui itu kecil.

Persoalannya adalah gimana seandainya skor kredit berpredikat buruk. Apakah skor tersebut bisa diperbaiki agar aplikasi pengajuan lolos? Kemudian gimana caranya kalau skor tersebut bisa diperbaiki?

Pertanyaan-pertanyaan itulah yang terlontar dari orang-orang yang pengajuan pinjamannya ditolak. Mereka bingung harus berbuat apa ketika mengetahui pengajuannya ditolak karena skor kredit yang buruk.

Nah, buat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Moneysmart udah bikin ulasannya nih. Bersumber dari GetCreditScore, inilah cara-cara memperbaiki skor kredit yang cepat membuahkan hasil.

Baca juga: Pengin Jadi Generasi Milenial yang Kaya Raya, Yuk Ikuti Tips Mengelola Gaji Ini

1. Jangan pernah telat bayar cicilan

Pinjaman tunai
ingat, besaran cicilan itu 30 persen dari gaji yang diterima (cubux)

Udah menjadi kewajiban setiap debitur agar jangan telat dalam membayar cicilan. Selain terhindar dari denda keterlambatan, disiplin bayar cicilan baik buat skor kredit.

Hal ini bisa dilihat dalam iDeb SLIK OJK. Perhatikan aja bedanya skor yang kamu peroleh dengan gak pernah telat bayar cicilan dan skor yang didapat akibat telat bayar.

Debitur yang disiplin bayar cicilan biasanya dapat skor 1 yang berarti lancar. Sementara debitur yang terlambat bayar cicilan dikasih skor 2 yang berarti dalam perhatian khusus karena pembayarannya tersendat. Inilah kenapa debitur selalu diimbau agar gak telat bayar cicilan.

Gak telat bayar cicilan juga menjadi cara yang bisa digunakan buat perbaiki skor kredit. Namun, prosesnya cukup lama, yaitu satu tahun kalau pengin benar-benar bersih.

Misalnya aja kamu telat bayar di bulan ketiga. Di bulan berikutnya hingga 12 bulan ke depan, kamu harus bayar cicilan kurang atau tepat pada waktunya. Syukur kalau tenor cicilannya 2 tahun. Kalau kurang dari itu, mau gak mau harus ambil cicilan lagi agar bisa perbaikinya.

Baca juga: 8 Destinasi Wisata Gratis di Singapura Ini Bikin Pelesiranmu Makin Seru Lho!

2. Manfaatkan kartu kredit

Pakai kartu kredit, pertimbangkan hal-hal ini
Pakai kartu kredit, pertimbangkan hal-hal ini

Beruntunglah kalau kamu punya kartu kredit. Sebab kamu bisa memanfaatkannya buat perbaiki skor kredit.

Asal tahu aja nih, menggunakan kartu kredit itu gak selamanya buruk seperti yang dianggap sekelompok orang. Rutin transaksi dengan kartu kredit tiap bulannya bisa menjaga skor tetap bagus. Bahkan, dapat mendorong skor yang buruk hilan dalam daftar iDeb SLIK OJK milikmu.

Tadi udah disampaikan di atas, butuh waktu sekitar 12 bulan atau setahun supaya iDeb SLIK benar-benar bersih dari skor yang buruk. Caranya adalah dengan bayar cicilan tepat waktu hingga 12 bulan ke depan.

Paling masuk di akal agar terus bayar cicilan hingga 12 bulan ke depan adalah dengan selalu transaksi pakai kartu kredit tiap bulan. Selama tagihannya selalu dibayarkan sebelum atau pas jatuh tempo, niscaya skor yang buruk bakal hilang dengan sendirinya.

Baca juga: Gak Usah Takut Apalagi Ragu, Begini Tips Membeli Saham Bagi Wanita Pemula

3. Pastikan gak ada lagi cicilan yang belum terbayar

ringankan cicilan per bulan
Cicilan (Shutterstock).

Kadang-kadang ada kejadian yang mana skor kredit masih aja buruk, padahal pembayaran cicilan selalu dilakukan secara disiplin. Hal ini bisa terjadi karena adanya cicilan yang gak terbayar karena mungkin lupa atau muncul tanpa sepengetahuan.

Kalau hal ini kamu alami, ingat-ingat deh apa lagi cicilan yang harus kamu bayar hingga lunas. Lebih gampang melihatnya di iDeb SLIK OJK. Kamu bisa mengaksesnya dengan melakukan permohonan di Kantor OJK.

Di iDeb SLIK OJK, kamu bisa lihat apa aja cicilan yang menjadi tanggunganmu. Seandainya ditemukan cicilan yang gak pernah kamu lakukan semisal transaksi kartu kredit, segera laporkan hal tersebut ke bank yang bersangkutan agar diproses sehingga skor kredit bisa dipulihkan.

4. Terus bayar cicilan hingga skor kredit benar-benar bersih

Pastikan gak ada lagi cicilan yang belum terbayar (Shutterstock).

Karena butuh waktu setahun agar iDeb SLIK betul-betul bersih dari skor yang buruk, mau gak mau kamu harus terus bayar cicilan selama satu tahun. Ada dua opsi yang bisa dilakukan, yaitu ambil kredit baru atau transaksi dengan kartu kredit.

Supaya kejadian telat bayar atau nunggak pembayaran gak sampai terjadi, pastikan pembayaran tagihan gak lebih dari 30 persen penghasilan. Hal ini bertujuan supaya kamu gak merasa berat dalam bayar cicilan yang ada. Jadinya skor kredit tetap aman dan skor yang buruk bisa hilang.

Nah, seperti itulah cara-cara memperbaiki skor kredit. Poinnya adalah cara-cara tersebut membuahkan hasil yang sukses asalkan sungguh-sungguh dilakukan. Selamat mencoba! (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan