Banyak yang Keliru, Ini Perbedaan Rekening Tabungan dan Simpanan Serta Manfaatnya

3 menit
Rekening Tabungan (Shutterstock).
Rekening Tabungan (Shutterstock).

Tak sedikit orang yang masih belum bisa membedakan antara rekening tabungan dan juga rekening simpanan. Meski tampak sama, nyatanya kedua jenis rekening tersebut memiliki fungsi yang berbeda lho.

Hal itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa masih banyak segelintiran orang yang kerap gagal mengumpulkan uang alias menabung.

Padahal, memiliki uang simpanan itu penting banget lho untuk menjamin kehidupan yang lebih baik. Bayangkan aja, kalau tiba-tiba kamu ada urusan mendadak yang memerlukan dana cepat tapi gak punya simpanan uang. Pasti pusing kan karena harus cari pinjaman kesana-kemari.

Karena itulah, kamu harus menyisihkan uangmu setiap bulannya untuk di tabung. Ya, untuk jaga-jaga aja kalau butuh dana cepat.

Kalau masih bingung, kamu bisa mengikuti teori 50/20/30 yang dipopulerkan oleh pakar keuangan sekaligus profesi Harvard yaitu Elizabeth Warren. Berikut rinciannya:

  • 50 persen untuk kebutuhan pokok, seperti membayar cicilan rumah, kendaraan hingga listrik dan air.
  • 20 persen untuk tujuan finansial yaitu untuk investasi, asuransi serta menabung.
  • 30 persen untuk gaya hidup yaitu untuk belanja, nongkrong di kafe dan lainnya.

Jadi, setiap bulannya kamu mesti kudu wajib menabung sekitar 20 persen dari penghasilanmu. Kalau gaji kamu Rp 10 juta, maka Rp 2 juta sudah harus masuk ke rekening tabungan.

Perbedaan rekening tabungan dan rekening simpanan

Rekening Tabungan
Buka rekening (Shutterstock).

Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau masih banyak sekali orang yang masih keliru memaknai antara rekening tabungan dan simpanan. Berikut perbedaannya:

 

  • Rekening tabungan

 

Rekening tabungan lebih ke arah sebagai tempat menyimpan uang atau penampung dana yang memang kamu sisihkan untuk berbagai macam tujuan, seperti dana darurat dan lainnya.

 

  • Rekening simpanan

 

Rekening simpanan itu lebih mengarah ke payroll dari penghasilan bulanan yang kamu dapatkan, istilah simpelnya itu rekening yang kamu pakai untuk menerima gaji setiap bulan. Rekening simpanan juga lebih condong digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Jadi, perbedaan antara kedua rekening itu lebih mengarah ke cara kamu mengelola keuangan dan fungsinya sih. Karena itu, banyak pakar yang menyarankan agar kamu memiliki rekening berbeda untuk menjadi tabungan.

Manfaat rekening tabungan

Rekening Tabungan
Rekening (Shutterstock).

Lalu, apa saja sih manfaat dari rekening tabungan itu? Berikut tiga di antaranya:

1. Persiapan untuk dana darurat

Salah satu manfaat rekening tabungan adalah agar gak pusing kalau tiba-tiba ada kebutuhan mendadak yang mengharuskan kamu menggelontorkan uang dalam waktu cepat.

Karena itu, sebaiknya pilihlah rekening tabungan yang memiliki akses mudah agar kalau sewaktu-waktu butuh, bisa dicairkan dengan cepat.

2. Mencapai tujuan

Menggelontorkan dana dalam jumlah besar sekaligus untuk membeli atau pergi ke suatu tempat tentu bukan hal yang mudah, apalagi kalau gaji kamu pas-pasan.

Nah, manfaat rekening tabungan adalah agar kamu bisa mencapai tujuanmu. Misalnya aja nih ingin berangkat umroh atau membeli kendaraan.

3. Keuangan lebih sehat

Secara tidak sadar, memiliki rekening tabungan akan membuat manajemen keuangan kamu jauh lebih sehat lho. Kamu bisa terhindar dari kebiasaan buruk menghambur-hamburkan uang seperti membeli barang yang gak dibutuhkan.

Saat punya rekening tabungan, maka kamu bisa lebih berhemat dan mempunyai pos-pos tabungan yang memang ditujukan untuk keperluan yang lebih penting.

Nah, itu dia perbedaan rekening tabungan dan rekening simpanan yang harus kamu ketahui serta manfaat memiliki rekening tabungan. Gimana, udah gak bingung lagi kan mengelola keuangan? (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.