9 Perempuan Hebat dan Terkaya di Dunia yang Datang dari Industri Teknologi

5 menit
Laurene Powell Jobs merupakan perempuan terkaya di dunia versi majalah Forbes, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mendengar orang terkaya udah biasa tapi gimana dengan perempuan terkaya di dunia, udah pernah dengar? Jarang sekali ada perempuan yang menempati posisi top di sebuah perusahaan. Bahkan saking suksesnya duduk di posisi strategis di perusahaan top, gak heran kalau perempuanperempuan ini termasuk yang terkaya di dunia.

Kedudukan perempuan di perusahaan top  bahkan hampir gak seimbang dengan yang laki-laki. Tapi sekalinya mereka berada di puncak, total kekayaannya gak kira-kira. Contohnya sih udah banyak deretan perempuan terkaya di dunia yang menduduki posisi penting di perusahaan ternama.

Seperti Liliane Bettencourt yang beberapa kali menyabet gelar perempuan terkaya di dunia berkat perusahaannya L’Oreal. Ada juga Alice Walton yang mewarisi perusahaan Walmart dari sang ayah, hingga kini kekayaannya mencapai US$ 34,4 miliar atau sekitar Rp 474 triliun.

Selain itu perempuan perkasa penguasa perusahaan cokelat terbesar di dunia M&M Jacqueline Badger Mars yang memiliki kekayaan US$ 20 miliar atau sekitar Rp 279 triliunan. Meskipun rata-rata dari mereka mendapatkan kekayaan dari warisan, mereka juga tetap berusaha mengembangkannya.

Nah selanjutnya, kita beri rangkuman beberapa perempuan hebat dan terkaya di dunia tapi dari aspek perusahaan teknologi, siapa aja mereka? Yuk, intip deretan namanya beserta harta kekayaannya per Februari ini yang dikutip dari Forbes dan Businessinsider.

Baca juga: Cerita Orang Sukses: Yang Huiyan, Perempuan Terkaya di Cina

9. Sheryl Sandberg – US$ 1,6 miliar

Sheryl Sandberg memiliki kekayaan Rp 22 triliuan dan gak heran dirinya masuk salah satu perempuan terkaya di dunia, (Businessinsider).

Sheryl gak semudah itu mendapatkan kekayaannya. Ia adalah salah satu wanita karier juga berpindah-pindah tempat kerja. Perempuan berusia 49 tahun ini emang udah terkenal pintar secara akademis.

Sheryl mendapatkan gelar sarjana di Harvard University, dan gelar Master Business and Administration di almamater yang sama. Kariernya mulai moncer sejak menjabat sebagai wakil presiden penjualan di Google. Sejak 2008, dirinya pindah ke Facebook sebagai Chief Operating Officer dan dinilai sukses membawa Facebook menuju ke kejayaan.

Sheryl pun masuk ke urutan ke-1.477 orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai US$ 1,6 miliar atau sekitar Rp 22 triliunan

Baca juga: Crazy Rich Criminals! Ini Dia 10 Penjahat Terkaya di Dunia

8. Wang Laichun – US$ 2 miliar

Wang Laichun memiliki kekayaan mencapai Rp 27 triliunan, (Businessinsider).

Wang kini menjabat sebagai wakil chairman Luxshare Precicion Industry. Luxshare merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa produsen konektor buat perangkat elektronik.

Salah satu klien mereka yang terkenal adalah Apple. Wang juga pernah bekerja selama 10 tahun di perusahaan Foxconn Taiwan yang juga merupakan sebagai perusahaan perakit komponen Iphone dan Ipad.

Kekayaan wanita lulusan Tsinghua University, Beijing ini ditaksir mencapai US$ 2 miliar atau Rp 27 triliunan. Wang pun masuk ke deretan orang terkaya di dunia urutan ke-822 dan paling tajir di China urutan 124.

Baca juga: 10 Seleb Terkaya Sejagad Tahun 2019, Mana Idolamu?

7. Thai Lee – US$ 2,3 miliar

Thai Lee memiliki kekayaan yang bikin geleng kepala, (Businessinsider).

Lee harus berpindah-pindah buat menuju kesuksesannya. Ia lahir di Bangkok, kemudian sempat bersekolah di Korea Selatan, hingga akhirnya hijrah ke Amerika Serikat sejak SMA. Kepintarannya pun membawa ia sukses lulus mendapatkan gelar MBA di Harvard University.

Pundi-pundi Lee pun diraih dari perusahaan SHI International. Perusahaan yang berbasis di New Jersey, AS ini bergerak di bidang pemenuhan software maupun provider IT. Pelanggannya pun bukan main perusahaan top semua, di antaranya Boeing dan AT&T.

Jumlah hartanya menurut Forbes mencapai US$ 2,3 miliar atau Rp 32 triliunan. Bahkan masuk ke daftar 400 orang terkaya di dunia tahun 2018.

Baca juga: Selamat Hari Ibu! Ini Perempuan Sukses Zaman Now yang Cocok Jadi Panutan

6. Melissa Ma – US$ 2,6 miliar

Melissa Ma salah satu perempuan terkaya yang gak lain istri dari Baidu, (Baidu.com).

Melissa Ma, masuk ke jajaran orang terkaya berkat sang suami. Suaminya Robin Li adalah CEO sekaligus pendiri dari Baidu. Perusahaan search engine asal China yang didirikan sejak tahun 2000.

Melissa sempat hengkang dari perusahaan suaminya itu, namun ia kembali masuk pada tahun 2017 sebagai asisten suaminya. Kekayaannya kini mencapai US$ 2,6 miliar atau sekitar Rp 36 triliunan.

5. Zhou Qunfei – US$ 3,1 miliar

Zhou Qunfei salah satu perempuan terkaya yang datang dari industri teknologi dengan kekayaan mencapai Rp 43 triliunan, (Businessinsider).

Kalian pengguna ponsel  merek Samsung, LG, atau Microsoft? Nah kaca pelindung touchscreennya itu dibuat oleh Lens Technology, Zhou merupakan pendiri sekaligus CEO-nya. Gak cuma itu, ia juga sempat bekerja sama dengan Elon Musk buat pengadaan kaca panel layar di mobil Tesla

Padahal kariernya dimulai sejak tahun 1993, saat itu dirinya hanya seorang pengrajin kaca buat jam di apartemen kecil di Shenzhen. Kini kekayaannya mencapai US$ 3,1 miliar atau setara Rp 43 triliunan.

4. Meg Whitman – US$ 3,3 miliar

Meg Whitman salah satu perempuan yang masuk perempuan terkaya versi Forbes, (Businessinsider).

Meg Whitman merupakan salah satu CEO wanita tersukses di dunia. Wanita lulusan MBA Harvard University itu sejak lulus udah ditarik buat terjun ke industri hiburan milik Walt Disney.

Di sini kariernya meroket hingga akhirnya dinilai cocok buat menjadi CEO di beberapa perusahaan hiburan seperti industri film DreamWorks hingga industri mainan Hasbro.Sampai puncaknya ketika dirinya menjadi CEO eBay.

eBay semakin sukses di bawah kepemimpinan Meg Whitman. Jika sebelumnya keuntungannya sekitar US$ 4 juta per tahun, Meg berhasil meningkatkan keuntungan secara drastis menjadi US$ 8 miliar per tahun.

Kekayaan Meg kini ditaksir mencapai US$ 3,3 miliar atau sekitar Rp 46 triliunan. Menjadikannya orang terkaya di dunia peringkat ke-729 di tahun 2018.

3. Judy Faulkner – US$ 3,6 miliar

Judy Faulkner salah satu perempuan terkaya di dunia versi majalah Forbes, (Businessinsider).

Faulkner merupakan pendiri dan CEO dari Epic Systems. Perusahaan tersebut bergerak di pengadaan software untuk perangkat-perangkat rekam medis elektronik. Basicnya, Faulkner memang seorang programmer komputer. Sebagian besar rumah sakit di Amerika menggunakan softwarenya dengan lebih dari 230 juta pasien.

Di usianya yang ke-75 tahun, kekayaannya kini telah mencapai US$ 3,6 miliar atau sekitar Rp 75 triliunan, yang berarti berada di urutan ke-592 orang terkaya di dunia versi majalah Forbes.

2. Dagmar Dolby – US$ 4,1 miliar

Dagmar Dolby salah satu perempuan terkaya versi majalah Forbes, (businessinsider).

Kalian sering nonton bioskop atau DVD, pasti udah gak asing sama Dolby Digital. Nah inilah salah satu pendiri dan pemilik saham terbesar. Sang suaminya Ray Dolby yang mendirikan perusahaan pelopor teknologi surround sound ini pada tahun 1965 silam. Hingga saat ini, teknologi ini telah masuk ke perangkat telepon genggam.

Kekayaannya dikutip dari Forbes mencapai US$ 4,1 miliar atau sekitar Rp 57 triliunan. Menempatkannya di posisi ke-550 orang terkaya di dunia tahun 2018 silam.

1. Laurene Powell Jobs – US$ 18,5 miliar

Janda dari Steve Jobs ini termasuk perempuan terkaya di dunia, (businessinsider).

Dari namanya udah tahu dong dia siapa. Powell merupakan istri dari Steve Jobs si jenius pendiri Apple. Kini Powell pun diketahui memiliki US$ 20 miliar dari saham Apple dan Disney yang diwariskan dari sang suami yang telah meninggal.

Kini janda Steve Jobs ini semakin kerajinan buat berinvestasi, sebut saja tahun 2017 lalu ia mengambil saham mayoritas di Atlantic Magazine. Kekayaan istri Steve Jobs ini pun meencapai US$ 18,5 miliar atau sekitar Rp 258 triliunan. Menjadikannya sebagai orang terkaya di dunia di urutan ke-57.

Nah, itu tadi deretan 9 perempuan yang banyak uang di dunia dari industri teknologi. Jadi sekarang udah tahu kalau posisi penting di industri teknologi itu ternyata gak cuma dipegang oleh kaum pria, meskipun masih mendominasi. Tapi perempuan-perempuan hebat ini berhasil mendobrak anggapan tersebut dan terbukti menjadi yang sukses dan memiliki banyak uang. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan