Di Bawah Rp 100 Ribuan! Ini Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Miliki

5 menit
Perlengkapan Traveling (Shutterstock)
Jangan Sampai Ketinggalan! Perlengkapan Traveling di Bawah Rp 100 Ribuan Ini Wajib Kamu Punya

Sebelum kamu pelesiran, pastikan dulu gak ada perlengkapan traveling yang ketinggalan. Apalagi kalau sampai kamu belum memilikinya. Misalnya kamu ingin naik gunung, pastikan perlengkapan seperti tas, sepatu, sleeping bag dan sebagainya sudah disiapkan. Jangan sampai liburan yang harusnya menyenangkan jadi kurang berkesan akibat kecerobohanmu sendiri.

Kebutuhan traveler atau petualang yang wajib dibawa saat melakukan perjalanan pun kian berbeda dari masa ke masa. Kalau saja zaman dulu para petualang gak memerlukan gadget untuk bepergian, beda hal dengan saat ini. Sebagai wisatawan milenial yang hidup di era digital, gadget merupakan hal penting yang wajib dibawa. Bukan bicara pamer, tapi lebih ke mengenalkan keindahan suatu objek wisata ke dunia maya agar semua orang tertarik dan pergi kesana.

Menyiapkan perlengkapan sebelum bepergian itu menjadi hal penting. Pasalnya, kalau kamu menyiapkannya secara mendadak, pasti ada saja perlengkapan yang tertinggal bukan? Dan kamu bakalan bete di objek wisata karena meninggalkan perlengkapan tersebut.

Nah, supaya gak kelupaan, ada baiknya disiapkan sejak jauh-jauh hari. Biasanya apa aja sih perlengkapan traveling yang wajib kamu bawa sebelum pelesiran? Kita simak yuk ulasan berikut ini. Tenang, semuanya hampir di bawah Rp 100 ribuan kok.

Baca juga: Mulai dari Pantai Sampai Mata Air, Ini Deretan Objek Wisata di Malang yang Kekinian Banget

1. Tripod atau tongsis

Perlengkapan traveling
Tripod (Shutterstock).

Di era digital saat ini, turis seperti kalian juga pasti mengetahui fungsi dua alat tersebut. Tripod maupun tongsis sudah menjadi barang wajib yang dibawa ketika melancong.

Dengan alat ini kamu bisa mengambil gambar dengan angle yang tidak mengecewakan. Malah kamu juga bisa melakukan selfie dengan sudut pandang lebih luas. Jadi gak cuma sekedar foto wajah kamu aja, melainkan beberapa sudut di belakang mu juga bisa terabadikan dengan baik.

Sebagai wisatawan yang melek digital, dua item ini penting banget kamu miliki. Untuk memilikinya kamu hanya perlu datang ke toko aksesoris ponsel. Dibanderol harga paling mahal sebesar Rp 80 ribuan aja kok.

2. Casing tahan air

Perlengkapan traveling casing anti air
Casing anti air (Shutterstock).

Buat kamu yang akan bepergian menyusuri goa, atau sungai, ada baiknya mempersiapkan item ini. Pasalnya kamu pasti gak mau kan kalau gadget kesayangan nyemplung atau mati total ketika kena air.

Bahkan sekalipun kamu tidak melakukan aktivitas seperti itu, casing tahan air berfungsi untuk melindungi gadget dari hujan. Untuk dapat memilikinya kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 45 ribuan.

Baca juga: Sail Nias 2019 Dorong Sumut Jadi Gerbang Destinasi Wisata Bahari Kelas Dunia

3. Peralatan makan mini

Perlengkapan Traveling, peralatan makan mini
Perlengkapan makan plastik (Shutterstock).

Sekarang ini sudah banyak yang menjual peralatan mini seperti sendok dan garpu. Harganya juga cukup murah, kamu tinggal mengeluarkan uang sebesar Rp 40 ribuan untuk mendapatkannya.

Toko-toko aksesoris seperti Miniso sudah banyak menjual peralatan seperti ini. Mulai dari harga Rp 20 ribu hingga 40 ribuan. Fungsinya adalah kamu gak repot mencari-cari alat makan di saat-saat darurat. Karena kita gak akan pernah tahu kondisi tempat yang bakal dikunjungi kelak.

4. Powerbank mini

Perlengkapan traveling, powerbank
Powerbank mini (Shutterstock).

Barang ini juga gak mungkin bisa lepas dari kehidupanmu sehari-hari. Meskipun gak kamu gunakan, yakin di tas mu saat ini pasti ada powerbank mini. Fungsinya ya gak lain untuk menambah daya ponselmu saat keadaan darurat.

Begitupun ketika kamu bepergian ke tempat-tempat yang susah menemukan stopkontak. Powerbank datang dan siap menolong ponselmu yang kehabisan daya. Saat ini juga sudah cukup banyak powerbank mini yang dijual dengan harga cukup murah. Seharga Rp 95 ribuan kamu udah bisa mendapatkan powerbank mini yang bisa menemanimu selama pelesiran.

Baca juga: Menapaki Objek Wisata Yogyakarta yang Selalu Berhasil Bangkitkan Kenangan

5. Bantal portabel

Perlengkapan Traveling
Bantal portabel (Shutterstock).

Ini juga menjadi perlengkapan traveling yang wajib kamu bawa. Gak pengin kan selama di perjalanan, kamu kesulitan untuk memejamkan mata meski sejenak. Terlebih ketika menggunakan moda transportasi udara. Selama di pesawat, bantal portabel ini menjadi penolong.

Agar menghemat space, kamu bisa gunakan bantal angin saja. Ketika sudah berada di pesawat, kamu tinggal tiup dan kempeskan kembali jika sudah tidak digunakan. Cukup dengan uang Rp 60 ribuan kamu sudah bisa mendapatkan bantal mungil ini.

6. Botol minum lipat

Perlengkapan Traveling (Shutterstock)
Botol minum (Shutterstock)

Kehausan selama di perjalanan itu gak enak banget. Apalagi kalau kamu bepergian ke lokasi yang sulit ditemukan warung. Atau kamu bepergian ke luar negeri dimana satu botol air mineral saja dibanderol harga cukup mahal.

Sekarang ini sudah banyak seller yang menjual botol minum lipat seharga Rp 65 ribuan. Dengan membawa botol minum sendiri, kamu sudah melakukan penghematan sekaligus menjaga lingkungan.

7. Gembok kunci

Perlengkapan Traveling (Shutterstock)
Gembok kunci (Shutterstock).

Untuk keamanan, gembok kunci kode ini bisa kamu gunakan demi menjaga tasmu dari orang-orang jahat. Pasalnya kejadian pencurian turis di luar negeri cukup marak. Apalagi kalau kamu gak berhati-hati saat pelesiran seorang diri.

Kamu bisa mengatur angka atau kode rahasia pada gembok ini. Tanpa ribet harus membawa kuncinya sekalian kok. Harga kunci gembok kode ini dibanderol dengan harga Rp 20 ribuan aja.

8. Pouch

Perlengkapan Traveling (Shutterstock)
Pouch serbaguna (Shutterstock).

Biar bagaimanapun ketika melakukan perjalanan kamu diwajibkan untuk membawa minimal satu pouch. Bisa untuk meletakkan gadget beserta aksesorisnya, maupun perlengkapan traveling lain semisal kosmetik.

Biasanya, di dalam pouch ini sudah terdapat sekat-sekat yang berfungsi masing-masing. Kamu bisa menempatkan gadget, kabel charger, powerbank, paspor, uang receh bahkan botol berisi penyegar wajah.

Murah kok cukup dengan uang Rp 55 ribu kamu sudah mendapatkan pouch ini. Bahkan ada beberapa pouch yang dijual lebih dari satu pcs. Jadi dalam satu bundel kamu bisa mendapatkan 3-4 pouch.

Nah, itu tadi perlengkapan traveling yang wajib kamu miliki dan bawa ketika pelesiran. Selain harganya murah, perlengkapan tersebut bisa kamu gunakan berulang-ulang kali. Jadi, kamu gak bakalan beli lagi setiap akan pergi jalan-jalan. Happy Weekend! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan