Kisi-Kisi 10 Pertanyaan Kalau Kamu Dipanggil Wawancara Kerja di Facebook

5 menit
Pertanyaan wawancara kerja yang umumnya keluar di Facebook (Shutterstock)

Sesi wawancara menjadi salah satu momen paling vital dalam proses perekrutan karyawan. Semua kualitas calon kandidat akan diketahui melalui segudang pertanyaan. Sementara bagi pelamar, pertanyaan wawancara kerja bisa jadi hal yang menakutkan.

Bagaimana tidak, ketika ingin berangkat ke lokasi, kita pasti memikirkan pertanyaan apa yang bakal dilontarkan sambil membayangkan kira-kira bisa tidak menjawabnya.

Nah, untuk sedikit mengetahui gambaran umumnya, kita selalu membuka internet, dan mulai searching contoh-contoh pertanyaan wawancara kerja. Kalau beruntung, kita bisa mendapatkan pengalaman orang yang pernah wawancara di tempat sama dengan kita.

Tapi, pertanyaan wawancara kerja kadang suka berubah-ubah. Itu semua sih tergantung kewenangan si perusahaan.

Google terkenal banget memberikan pertanyaan yang aneh untuk calon karyawannya. Contohnya, “Berapa jumlah pemain piano di seluruh dunia?” atau “Kenapa penutup got berbentuk bulat?”.

Pertanyaan wawancara kerja seperti tadi tentu bakal bikin kita keteteran, tapi bagaimana dengan Facebook?

Facebook menjadi salah satu perusahaan yang paling diidamkan kaum milenial. Bekerja di sebuah platform media sosial terbesar di dunia ini gak mudah.

Tapi, pertanyaan wawancara kerjanya gak sesulit Google kok. Yuk kita lihat pertanyaan seperti apa yang biasa ditanyakan Facebook untuk calon karyawannya seperti dikutip dari Glassdoor:

1. Apa pengalaman kolaborasi terbaik kamu?

Facebook
Facebook

Bekerja sama dengan orang lain merupakan suatu keharusan di dalam dunia kerja. Sebuah perusahaan berhasil berkembang dan berjalan berkat kerja sama tim, termasuk Facebook.

Facebook ingin melihat apakah kamu orang yang benar-benar menghargai kerja sama, dan memiliki nilai plus dalam kerja tim.

Dari pertanyaan seperti ini, Facebook juga ingin melihat apakah kamu sesuai dengan budaya kerja mereka atau tidak.

Baca juga: Pengin Sukses Jawab Pertanyaan Saat Wawancara Kerja? Ini Triknya, Mudah Kok

2. Apa yang kamu lakukan untuk tetap termotivasi?

Facebook
Hal yang dilakukan agar tetap termotivasi

Facebook mencari kandidat orang-orang yang tangguh dan memiliki motivasi tinggi setiap harinya dalam menjalankan pekerjaan.

Kalau sudah tidak termotivasi, biasanya seorang karyawan akan menunjukkan sikap jenuh terhadap pekerjaan, dan tentunya ini harus segera diubah.

Kalau kamu terus-terusan merasa jenuh, otomatis pekerjaanmu gak bakal terselesaikan maksimal.

Kalau misalnya cara kamu memotivasi diri berhubungan dengan budaya dan nilai-nilai perusahaan, misalnya mengobrol dan bermain game dengan rekan kerja, kamu berarti orang yang cocok untuk kerja di Facebook.

Tapi kalau jawaban kamu adalah mengharapkan promosi, bonus, dan kenaikan gaji, wah siap-siap dicoret dari daftar kandidat calon karyawan.

Baca juga: Facebook Masih Berjaya, Kakak Mark Zuckerberg Pilih Hengkang dari Perusahaan Adiknya

3. Bagaimana kamu membangun sebuah hubungan?

Mark Zuckerberg pendiri Facebook
Mark Zuckerberg pendiri Facebook

Hubungan yang dimaksud adalah hubungan dengan rekan kerja. Facebook meyakini salah satu faktor terpenting untuk meraih kesuksesan perusahaan adalah dari hubungan kerja para karyawannya.

Mereka ingin melihat kemampuanmu dalam membnagun sebuah hubungan kerja. Mereka ingin mencari tahu apakah kamu layak untuk menjadi salah satu karyawan mereka atau tidak.

4. Apa yang akan kamu lakukan jika pewawancara tidak muncul?

Wawancara kerja
Wawancara kerja

Dari pertanyaan ini, Facebook ingin mengetahui bagaimana sikapmu ketika menghadapi sebuah masalah kerja.

Apakah kamu bakal mencoba untuk mencari pewawancara, bakal pergi begitu saja, atau mencoba mencari tahu kenapa pewawancara tidak muncul melalui orang lain?

Dari sini mereka bisa tahu watakmu seperti apa. Tapi belum ada informasi secara detail tentang jawaban ideal apa yang dibutuhkan oleh Facebook untuk pertanyaan wawancara kerja jenis ini.

5. Proyek apa yang kamu banggakan?

Wawancara kerja
Wawancara kerja

Nah inilah pertanyaan yang mempersilakan kamu untuk membanggakan diri kamu sendiri. Dari cerita-ceritamu ini, Facebook nanti bisa melihat apakah kamu sebagai orang yang individualis atau orang yang layak bekerja dalam tim.

Semua itu bisa dilihat sudut pandang kamu dalam bercerita nantinya. Jika kamu terlalu lebih banyak membanggakan diri dalam cerita tersebut mungkin kamu dicap sebagai individualis dan egois.

Tapi, ketika kamu sesekali melontarkan kontribusi-kontribusi yang dilakukan rekan setimmu dalam proyek, kamu akan dinilai sebagai pribadi yang bagus dalam kerja tim.

6. Mengapa kamu ingin bekerja di Facebook?

Facebook
Facebook

Keseriusan kamu untuk bekerja di Facebook bakal diketahui melalui pertanyaan ini. Facebook bisa mengetahui sedalam apa riset kamu tentang perusahan.

Tapi gak cuman itu, dari pertanyaan ini, Facebook ingin melihat visi misi kamu ke depannya baik demi perusahaan maupun pribadi kamu.

Jadi jangan hanya menjawab soal gaji besar dan bosan dengan kantor lama. Tapi cobalah untuk lebih menjelaskan apa yang ingin kamu kerjakan bersama Facebook ke depannya.

7. Apa pujian terbesar yang kamu terima selama bekerja saat ini?

Wawancara kerja
Wawancara kerja

Inilah cara Facebook untuk menggali tentang kelebihanmu. Jika biasanya pertanyaan wawancara kerja pada umumnya langsung bertanya “apa kelebihanmu?”, Facebook mencoba mengetahuinya dengan pertanyaan yang tak langsung.

8. Apa yang menjadi tantangan terbesar kamu dalam posisi ini?

Menjawab pertanyaan saat wawancara kerja
Menjawab pertanyaan saat wawancara kerja

Sama seperti pertanyaan sebelumnya, Facebook enggan menggali diri calon kandidatnya dengan pertanyaan-pertanyaan langsung. Lewat pertanyaan ini, kelemahan terbesarmu bakalan terungkap.

Tapi kamu dipersilakan untuk bercerita secara luas, tak hanya terpaku pada tantangan diri sendiri, tapi juga tantangan yang dihadapi dari luar diri.

9. Cara menyelesaikan masalah ketika berselisih dengan atasan?

Menjawab pertanyaan saat wawancara kerja
Menjawab pertanyaan saat wawancara kerja

Pertanyaan wawancara kerja ini untuk mencocokkan diri kamu dengan gaya manajemen di Facebook. Watakmu dalam menghadapi masalah dan berinteraksi dengan atasan juga bisa dilihat dari jawaban atas pertanyaan ini.

Facebook akan berusaha mencari kandidat yang sesuai dengan sikap jajaran manajer mereka.

10. Apa tantangan Facebook di tahun-tahun mendatang?

Facebook
Facebook

Pertanyaan ini memperlihatkan pemahaman kamu tentang Facebook, apakah dalam atau tidak. Kemudian cara kamu melakukan analisa terhadap perkembangan zaman dan juga teknologi, serta menghadapinya di masa depan seperti apa.

Itulah 10 pertanyaan wawancara kerja yang biasa diajukan Facebook untuk kandidat karyawan mereka.

Daftar pertanyaan seperti ini sebenarnya hampir sama saja dengan wawancara kerja yang ada di Indonesia, tapi mungkin mereka memiliki standar yang berbeda-beda. (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!