Kemenpar Dukung BRI Online Travel Fair Dorong Pertumbuhan Pariwisata Indonesia

2 menit
Peluncuran BRI Travel Fair 2019 demi kemajuan pertumbuhan pariwisata Indonesia (Dok: Puskomblik Kemenpar).

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung program BRI Online Travel Fair ke-22. Kegiatan yang diinisiasi oleh online travel agen terkemuka Traveloka dengan Bank BRI bertujuan untuk mendorong pertumbuhan pariwisata di Tanah Air.

Melalui BRI Online Travel Fair, para pengguna dan nasabah kartu kredit BRI diberikan penawaran beragam promo, diskon, dan cashback. Tujuannya untuk berwisata di berbagai destinasi di Tanah Air.

Baca juga: Membangun Daihatsu Ayla Turbo, Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan?

Peluncuran BRI Travel Fair 2019 dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Rizky Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI, Handayani, Kepala Divisi Kartu Kredit BRI, Wibawan Prasetyawan, dan Head of Global Partnership Traveloka, Yadi Guitana. Acara tersebut diadakan di Gedung BRI Innovation Center, Jakarta, Rabu (13/3).

Pada kesempatan tersebut, Rizky mengungkap bahwa harga promo dan diskon yang dihadirkan melalui BRI Online Travel Fair bisa menjadi upaya untuk menstabilkan pertumbuhan pariwisata Indonesia.

Terlebih belakangan ini, kenaikan harga tiket pesawat yang terjadi berdampak pada sektor pariwisata.

Diharapkan dengan inovasi seperti ini, dapat membantu masyarakat mendapatkan akomodasi yang murah. Apalagi harga tiket promo yang diberikan pada Maret 2019, dimana biasanya banyak orang yang mencari tiket murah untuk keperluan mudik lebaran.

Lebih lanjut, menghadapi harga tiket pesawat yang tinggi, Kemenpar mengimbau agar maskapai yang menaikan harga tiket, melakukannya secara bertahap dan memberikan notifikasi kepada pelanggan jauh hari sebelumnya.

“Kalau mau naik jangan tiba-tiba, karena kenaikan satu harga tidak hanya berdampak pada minat travel masyarakat, tapi juga pada sektor lain seperti hotel dan moda transportasi,” tambahnya.

BRI optimis raih keuntungan besar

Bank BRI

Sementara itu, Vice President Kartu Kredit BRI, Wibawa Prasetyawan, menyampaikan bahwa pihaknya optimistis dapat meraih keuntungan sekitar Rp 5 miliar dari 800 ribu orang nasabah yang bertransaksi.

Baca juga: Pemerintah Fokus Dongkrak Investasi Pariwisata dan Ekonomi Digital pada 2019

Dia menambahkan, sektor leisure juga berpengaruh besar terhadap transaksi kartu kredit BRI.

Tahun lalu, pertumbuhan kartu kredit di sektor ini naik 124 persen. Ditargetkan, tahun ini pertumbuhan akan lebih kecil, yaitu sekitar 90 persen.

“Kerja sama dengan Traveloka membawa dampak baik bagi BRI. Sekitar 45 persen transaksi di sektor pariwisata berasal dari penggunaan Traveloka,” imbuhnya lagi.

Direktur Konsumer Bank BRI, Handayani mengatakan, kerja sama ini merupakan upaya Bank BRI untuk memberikan harga tiket yang lebih murah. Terutama bagi masyarakat yang hendak mudik atau berlibur saat musim Lebaran nanti.

Baca juga: Setara dengan Harga Mini Cooper, Segini Lho Total Biaya Kuliah Selama 4 Tahun di Jakarta

Selain “BRI Online Travel Fair” BRI juga memiliki program reguler “Weekly Deals” berupa diskon hingga 25 persen untuk pemesanan tiket transportasi seperti bus, kereta, dan pesawat. Program reguler “Weekly Deals” dapat dinikmati nasabah Kartu Kredit BRI sampai 31 Desember 2019.

Harapannya, program “Weekly Deals” dari BRI ini akan meningkatkan keinginan masyarakat untuk berlibur ke destinasi-destinasi wisata domestik di Indonesia.

Dalam hal promosi pariwisata, BRI dan Kementerian Pariwisata juga telah bekerjasama melalui Co Branding. Itu diwujudkan dengan menerbitkan kartu “Wonderful Indonesia” yang diharapkan dapat mendukung sektor pariwisata dalam negeri. Hal itu demi meningkatkan pertumbuhan pariwisata di Indonesia. (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be