Kuasai Banyak Media, Ini Lho Perusahaan-Perusahaan yang Dibeli Erick Thohir

4 menit
perusahaan erick thohir
Erick Thohir. (Instagram/@erickthohir)

Gara-gara Jokowi – Ma’ruf menang Pilpres 2019 versi Quick Count, harga saham perusahaan Erick Thohir yang melantai di bursa melonjak seketika begitu perdagangan dibuka pada 18 April 2019. Momen ini tentu menjadi momen yang menggembirakan bagi para pemegang saham.

Seperti yang kamu tahu, Erick Thohir yang menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Ma’ruf dikenal sebagai sosok pengusaha. Saudara kandung pengusaha Garibaldi Thohir ini merupakan pemilik saham mayoritas Mahaka Media, Tbk (ABBA).

Erick Thohir memiliki saham Mahaka Media, Tbk. sebesar 51,85 persen atau 1.428.831.618 lembar melalui PT Beyond Media. Nah, PT Beyond Media ini perusahaan Erick Thohir yang dimilikinya 100 persen.

Dengan menjadi pemilik mayoritas Mahaka Media, Tbk., Erick Thohir juga turut menguasai anak-anak perusahaan grup bisnis media ini. Udah gitu sosok yang pernah bikin gempar karena membeli saham Inter Milan ini mendapat posisi Komisaris Utama di Mahaka Media, Tbk.

Pengin tahu gak, perusahaan-perusahaan media mana aja yang kini dimiliki Erick Thohir? Cari tahu yuk dalam ulasan berikut ini.

Baca juga: Dijamin Paham, Ini 6 Cara Bermain Saham yang Pas Banget buat Kamu yang Masih Pemula

1. PT Avabanindo Perkasa (Mahaka Advertising)

perusahaan erick thohir
Erick Thohir dan karyawan Mahaka Advertising. (Instagram/@mahaka.adv)

Perusahaan Erick Thohir ini lebih dikenal dengan nama Mahaka Advertising. Dari namanya aja udah jelas, PT Avabanindo Perkasa bergerak di bidang jasa media, lebih tepatnya media luar ruang.

Bisa dibilang Mahaka Advertising memberi layanan jasa periklanan yang dipasang di media-media, seperti billboard, jembatan penyeberangan orang atau JPO, bando jalan, dan neon box. Selain itu, Mahaka Advertising juga menggunakan baliho dan umbul-umbul.

Kabar terbaru menyebutkan perusahaan yang berdiri tahun 1994 ini resmi dinyatakan sebagai mitra periklanan di stasiun-stasiun MRT Jakarta. Dengan kerja sama tersebut, PT Avabanindo Perkasa bakal menjadi pengelola iklan selama 20 tahun.

Baca juga: Apa Benar Kalau Jokowi-Ma’ruf Amin Menang, Saham-Saham Ini Bakal Naik?

2. PT Republika Media Mandiri (Harian Republika dan Republika Online)

perusahaan erick thohir
Tampilan laman Republika online di tablet. (Instagram/@mahakamedia)

Perusahaan yang berdiri tahun 1992 ini diketahui bergerak di bidang penerbitan dan jurnalistik. Media-media yang berada di bawah perusahaan Erick Thohir ini yaitu Harian Republika dan Republika Online.

Sejarahnya nih, Harian Republika yang didirikan pada 4 Januari 1993 ini ditujukan sebagai surat kabar dengan sasaran komunitas muslim di Indonesia.

Saat ini Republika telah berubah menjadi media multiplatform dalam bentuk koran, portal berita, newsroom, koran elektronik, majalah digital, media sosial, dan aplikasi digital.

Baca juga: Kalau Prabowo-Sandi yang Menang Pilpres, Benarkah Saham-Saham Ini Bakal Naik?

3. PT Danapati Abinaya Investama (Jak TV)

perusahaan erick thohir
Ucapan selamat JakTV buat Erick Thohir. (Instagram/@jaktvofficial)

Hadir sejak tahun 2005 sebagai salah satu televisi swasta di Indonesia, Jak TV menjadi anak usaha Mahaka Media, Tbk. Perusahaan televisi ini awalnya dimiliki Jawa Pos Group.

Pada 2010, PT Danapati Abinaya Investama diakuisisi perusahaan Erick Thohir. Nilai akuisisinya dilaporkan mencapai Rp 55,5 miliar atau 50 persen saham.

4. PT Kalyanamitra Adhara Mahardhika (Alive! Indonesia)

perusahaan erick thohir
Laman website Alive! (alive-indonesia.co.id)

Perusahan Erick Thohir yang satu ini menyediakan layanan brand activation, creative agency, hingga event organizer. PT Kalyanamitra Adhara Mahardhika atau Alive! Indonesia didirikan pada tahun 2007.

Berbagai event besar telah ditangani Alive! Indonesia. Mulai dari New Honda Vario Launching Exhibition, BRI Exhibition, XL Exhibition, hingga Launching Honda New CBR. Mahaka Media, Tbk. mengakuisisi 80 persen saham Alive! Indonesia senilai Rp 3,7 miliar.

5. PT Media Golfindo (Golf Digest Indonesia)

perusahaan erick thohir
Majalah Golf Digest. (Instagram/@mahakamedia)

Selain Republika, Erick Thohir juga punya perusahaan penerbitan lainnya, yaitu PT Media Golfindo. Perusahaan ini diketahui menjadi penerbit dari majalah Golf Digest Indonesia.

Sebagaimana namanya, Golf Digest Indonesia menjadi media yang menyajikan informasi-informasi seputar golf sekaligus mengedukasi para pegolf Indonesia. Gak cuma sebagai media, PT Media Golfindo juga menjadi penyelenggara event organizer golf.

6. PT Mahaka Radio Integra, Tbk. perusahaan Erick Thohir yang naungi Gen FM dan Jak FM

perusahaan erick thohir
Microphone di studio GenFM. (Instagram/@mahakamedia)

Erick Thohir juga diketahui memiliki perusahaan radio lho. Tercatat, melalui PT Mahaka Radio, Tbk. (MARI), Ketua Inasgoc Asian Games 2018 ini memiliki PT Radio Attahiriyah (Gen 98.7 FM Jakarta), PT Radio Camar (Gen 103.1 FM Surabaya), dan PT Suara Irama Indah (Jak 101 FM).

Sebagai informasi, PT Mahaka Radio Integra, Tbk. adalah perusahaan Erick Thohir lainnya yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak 11 Februari 2016 dengan kode emiten MARI.

Thohir menguasai saham perusahaan ini lewat PT Beyond Media sebanyak 2.379.795.000 lembar atau 45,31 persen dan PT Mahaka Media, Tbk. sebanyak 530.883.062 lembar atau 10,11 persen.

Nah, itu tadi beberapa perusahaan Erick Thohir di bawah naungan Mahaka Media ataupun Mahaka Radio Integra. Sekilas info tentang saham perusahaan Thohir, pada 18 April lalu, harga saham ABBA ditutup pada angka Rp 163 per lembar, sedangkan saham MARI pada angka Rp 248.

Pencapaian harga saham ABBA cukup bagus tahun ini. Pasalnya, harganya dari 2015 – 2018 berada di angka Rp 52 per lembar. Saham MARI pun juga demikian. Harganya cenderung naik dari harga Rp 75 tahun 2016 menjadi Rp 248 per lembar pada penutupan 18 April 2019.

Gimana menurutmu? Apakah saham-saham perusahaan Erick Thohir layak masuk portofolio investasimu? (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!